Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengobati Perut Begah

Tips kesehatan - Saat hari raya Idul Fitri perut malah begah? Perut terasa penuh dan sesak atau juga dikenal dengan istilah begah memang tidak nyaman apalagi jika harus beraktivitas. Apalagi jika anda tengah berada di dalam acara halal bi halal keluarga besar dengan aneka macam makanan yang menggoda, dengan perut yang begah anda tak akan bisa menikmati santapan lezat tersebut. Beberapa referensi menyatakan perut kembung merupakan sebagai efek 'masuk angin’. Sekalipun istilah masuk angin sendiri masih menjadi sebuah kontroversi di dunia medis. Lantas, apa saja sih yang menyebabkan seseorang mengalami perut kembung? silahkan disimak di bawah ini :

1. Konstipasi
Hal ini yang memegang peranan paling penting dalam begah. Konstipasi/sembelit atau susah buang air besar bisa juga menyebabkan seseorang mengalami perut begah/penuh atau perut kembung karena banyaknya sisa/kotoran makanan (feses) yang tidak bisa dikeluarkan secara normal melalui anus.

2. Cuaca atau lingkungan dingin

Perut yang begah berisi gas dan udara yang membuat anda tak nyaman dan dipengatuhi kondisi lingkungan. Dengan kondisi lingkungan yang dingin termasuk juga saat perjalanan atau diam di suatu tempat tertentu yang bersuhu lebih rendah dari kondisi cuaca normal dimana seseorang yang bersangkutan hidup. Hal itu dikarenakan cuaca yang dingin mampu membuat perlambatan gerak mekanis yang ada pada usus sehingga menjadikan gas terkonsentrasi pada saluran pencernaan (lambung).

3. Faktor makanan

Ada banyak sekali penyebab perut yang terasa begah, salah satunya adalah makanan. Makanan bisa saja menjadi sebab seseorang mengalami perut kembung mengingat terdapat beberapa daftar makanan yang dapat menghasilkan gas. Apalagi jika makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan dan makan secara tergesa-gesa atau tanpa mengunyahnya terlebih dahulu.

4. Efek obat-obatan

Sekalipun anda tengah mengkonsumsi aneka macam obat-obatan, namun seseorang yang sedang dalam terapi penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat mengalami keluhan perut kembung, lebih-lebih jika obat-obatan tersebut langsung bereaksi dengan organ lambung. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani anda terkait efek samping obat yang diminum.

Makanan yang memicu Perut Kembung

Apakah anda penasaran dengan aneka macam jenis makanan yang bisa mengakibatkan perut kembung atau begah? Berikut beberapa daftar makanan yang menjadikan perut begah atau terasa penuh jika dikonsumsi secara berlebihan dan juga dikonsumsi saat panas ataupun tergesa-gesa, atau tanpa dikunyah. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut dapat menghasilkan gas yang akhirnya bisa membuat anda mendapatkan perut begah yang sangat menyiksa.

Makanan-makanan tersebut antara lain :

1. Brokoli
2. Kembang Kol
3. Asparagus
4. Mentimun
5. Kacang Polong
6. Bawang
7. Lobak
8. Buncis
9. Kacang-kacangan




Yang perlu anda ingat adalah, sesungguhnya tak ada yang salah dengan makanan-makanan tersebut, hanya saja dalam mengkonsumsinya perlu diperhatikan batasannya, makanlah secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Mengatasi Perut Kembung
Apabila anda mengacu pada faktor penyebab diatas, sudah barang tentu keluhan perut kembung salah satunya dapat diatasi dan diobati dengan cara-cara sebagaimana berikut ini :

1. Pengobatan Luar

Untuk mengobati perut yang kembung bisa dilakukan pengobatan luar. Apakah pengobatan luar? Pengobatan luar yang dimaksud adalah dengan mengoleskan obat atau minyak yang dapat memberikan efek hangat pada bagian perut atau lambung seperti minyak kayu putih, bisa juga minyak tawon, balsem dan sejenisnya.

2. Mengkonsumsi obat alami

Yakni upaya yang dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dan/atau minuman herbal yang berfungsi sebagai obat tradisional. Dimana fungsi dari herbal tersebut untuk merangsang keluarnya gas dari saluran cerna.

Obat Tradisional Perut Kembung

Jika anda telah mengetahui beraneka macam penyebab terjadinya perut kembung, maka berikut ini beberapa referensi obat tradisional yang diyakini dan telah digunakan secara turun temurun untuk mengatasi keluhan perut begah, antara lain adalah :

1. Minuman Jahe
2. Kayu Manis
3. Temu Putih
4. Kembang Merak
5. Adas Sowa
6. Pacar Cina
7. Kapulaga

Demikian adalah Cara Mengobati Perut Begah, jangan lupa untuk menyimak Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengobatinya di blog ini.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengobati Perut Begah

0 comments:

Post a Comment