Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Agar Bekas Luka Caesar Cepat Kering

Cara Agar Bekas Luka Caesar Cepat Kering - Melahirkan adalah salah satu cara untuk menyempurnakan peran kita sebagai perempuan. Maka dari itu kita pasti akan melakukan segala macam hal agar bisa melahirkan dengan normal. Namun ada juga yang terpaksa melakukan operasi caesar, bedah sesar (berasal dari bahasa Inggris: caesarean section atau cesarean section dalam Inggris-Amerika), biasa disebut juga dengan seksio sesarea (disingkat dengan sc) adalah proses persalinan dengan melalui pembedahan dimana irisan dilakukan di perut ibu (laparatomi) dan rahim (histerotomi) untuk mengeluarkan bayi. Dilakukannya bedah caesar umumnya dilakukan ketika proses persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan karena berisiko kepada komplikasi medis lainnya. Ini adalah sebuah prosedur persalinan dengan pembedahan umumnya dilakukan oleh tim dokter yang beranggotakan spesialis kandungan, anak, anastesi serta bidan.

Selama 21 hari atau lebih seorang ibu harus menjaga dan merawat luka pasca operasi caesar agar terhindar dari infeksi, itu dikarenakan luka seperti ini rawan sekali terjadi infeksi. Dalam masa 21 hari itu bisa bertambah apabila luka tersebut benar-benar terjadi infeksi. Sangat diperlukan kesabaran, serta ketelatenan, dan juga tentu saja usaha yang besar untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar.
Namun ternyata proses pemulihan pasca operasi caesar bisa di katakan susah-susah gampang, dikarenakan jika salah perlakuan bisa-bisa luka operasi harus di jahit ulang dan proses penyembuhan luka kembali lagi ke awal.

Berikut adalah cara-cara agar luka bekas operasi caesar cepat sembuh :
1. Yang paling penting adalah jangan membawa beban berat. Karena kondisi ibu pasca operasi caesar biasanya masih lemah, apalagi rasa nyeri pasca operasi masih terasa. Kemudian setelah 1 bulan, maka kondisi ibu biasanya akan membaik jika diikuti dengan istirahat dan makan yang baik.

2. Jangan panik. Hadapi masa nifas dengan tenang dan nyaman. Apakah masa nifas? masa nifas adalah masa setelah melahirkan hingga 6 minggu. Akan tetapi, para ibu baru akan pulih sempurna seperti sebelum hamil setelah tiga bulan. Jika ingin mememulihkan keadaan fisik dan psikis hingga keadaan normal, harus diimbangi dengan makan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup.

3. Perhatikan untuk jangan berhubungan seks terlebih dulu. Karena tubuh si ibu butuh waktu untuk pulih, dan begitu pula organ seksual. Sebaiknya, lebih baik tunggu dulu hingga 4-6 minggu pasca melahirkan.

4. Jangan banyak bergerak setelah memungkinkan. Lakukan hal ini secara bertahap dan ini akan membantu mempercepat proses pemulihan.

5. Minta bantuan untuk menjaga si kecil.

6. Minum teh peppermint hangat untuk mengatasi perut kembung

7. Istirahat cukup, setidaknya ibu harus tidur 8 jam sehari untuk memulihkan kondisi.

8. Minumlah yang cukup, agar anda tidak sembelit pasca melahirkan.

9. Minta saran dari bidan atau perawat untuk posisi menyusui yang nyaman.

10. Jangan panik jika keringat berlebih karena menyusui akan merangsang pengeluaran hormon oksitosin untuk konstraksi otot rahim agar mengecil. Hal ini mengakibatkan otot jantung memompa lebih kuat seperti olahraga hingga berkeringat.

11. Juga harus memulai berlatih otot panggul bawah segera setelah memungkinkan. Selain itu jangan lupa untuk meminta izin dan petunjuk dokter.

12.  Mungkin saja suasana hati si ibu akan mudah berubahHal ini wajar, kehamilan dan persalinan menyebabkan perubahan fisik dan psikologis si ibu. Dan bagi beberapa wanita, kehamilan bahkan bisa menimbulkan trauma psikologis hebat, sehingga menimbulkan masalah kejiwaan. Agar ibu cepat pulih setelah operasi caesar dibutuhkan obat-obatan dan terapi psikologis untuk menyembuhkannya. Jadi apabila si ibu mulai menangis, merasa sangat lelah, atau ada perasaan lain yang mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.

13. Selalu rawat bekas luka jahitan dengan selalu menjaga kebersihan luka dengan memberinya cairan antiseptik. Juga mandi teratur dan bersihkan daerah kemaluan setelah buang air besar dan buang air kecil dengan baik. Karena, jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan infeksi pada bekas luka.

14. Juga jangan cemas jika bekas luka terasa kencang dan gatal. Karena proses penyembuhan luka mengakibatkan luka terasa kencang dan gatal. Agar ibu cepat pulih setelah operasi caesar, terutama saat proses penyembuhan luka, maka lebih baik luka cukup dibersihkan saja. 

Demikian adalah Cara Agar Bekas Luka Caesar Cepat Kering, jangan lupa untuk menyimak artikel Kenapa Gigi Anak Berlubang? di blog ini, terima kasih.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Agar Bekas Luka Caesar Cepat Kering

0 comments:

Post a Comment