Cara Menurunkan Berat Badan

Waspada Beras Plastik Penyebab Mandul!

Akhir-akhir ini beredar berita yang sangat menggemparkan dan juga sangat meresahkan, yakni beredarnya beras plastik. Yang mengkhawatirkannya adalah karena sulit sekali membedakan yang mana beras asli dan yang mana beras plastik. Memang beras plastik sudah lebih dahulu diketahui keberadaannya di pasaran, dan pihak yang berwenang pun sudah mengambil langkah cepat dengan menarik beras-beras bermasalah itu dari pasaran. Sekalipun sudah dikatakan tak ada lagi beras plastik di pasaran, akan tetapi tak ada salahnya jika anda tetap mengetahui serba-serbi beras plastik dan juga mengetahui aneka macam cara untuk membedakan yang mana beras plastik dan yang mana beras asli. Berikut adalah beberapa cara membedakan beras palsu :

1. Test dengan direndam

Merendam beras adalah satu cara yang paling mudah dan juga yang paling cepat untuk membedakan mana beras asli maupun beras palsu, apabila ia terbuat dari plastik maka pasti berasnya akan mengambang sebagaimana sifat plastik yang lebih ringan dari massa air. Apabila misalnya memang dicampurkan dengan yang beras sungguhan maka yang terbuat dari bahan sintetis akan mengapung dengan sendirinya, tak perlu khawatir karena ini bisa dilihat saat kita mencuci beras yang akan dimasak.

2.  Lakukan pengujian dengan menumbuk

Cobalah menumbuk segenggam beras, karena dengan menumbuk beras maka akan terlihat dengan jelas kalau butirannya akan berubah menjadi bubuk seperti tepung disebabkan karena adanya kandungan karbohidrat di dalamnya. Akan tetapi bila ia dari bahan sintetis maka sudah pasti tidak akan mengalami keadaan yang sama melainkan hanya akan penyok atau pun patah. Cukup berbekal ulekan saja anda bisa mendapatkan kepastian mengenai beras yang anda miliki.

3.  Buktikan dengan dibakar

Dibakar adalah cara yang disarankan oleh televisi. Apabila berasnya berubah menjadi abu maka itu bisa dipastikan sebagai beras betulan, akan tetapi jika ia terlihat meleleh, atau menggumpal dan menyatu layaknya jika kita membakar plastik maka sudah pasti ia adalah beras plastik dan sudah tentu harus segera dihentikan untuk dikomsumsi. Selain itu apabila memang betul dari plastik maka ia akan mudah dan lebih lama terbakar dan akan terlihat menghitam. Jangan memaksa mengkonsumsi beras itu ya!
 


4.  Bedakan dengan digigit

Membuktikan apakah beras ini asli atau palsu dengan digigit tak perlu sampai membeli sampel berasnya terlebih dahulu, karena anda bisa melakukannya langsung di toko sehingga mengurangi resiko kerugian. Apabila setelah digigit dan tidak hancur menjadi tepung, melainkan misalnya malah penyok atau susah rusak maka itu bisa jadi penilainan awal anda bahwa ia adalah beras plastik, sayangnya cara ini tak bisa menentukan apakah dalam satu karung itu apakah beras plastik semua, karena bisa jadi juga karena dalam satu karung beras tidak semua dari plastik.

Yang paling penting yang harus anda ketahui dari bahaya beras plastik adalah kandungan Phtalat. Zat yang satu ini bisa merusak sistem reproduksi pria karena zat itu akan dikenali salah oleh tubuh sebagai hormon, sehingga akhirnya bisa merusak sistem reproduksi. Komponen plastik bukan sesuatu yang bisa dikonsumsi. Lagipula sistem pencernaan tidak akan mencerna makanan yang mengandung plastik dengan sempurna. Apabila Phtalat sudah  masuk ke sistem reproduksi maka akan menyebabkan kemandulan terutama pada pria. Untuk perempuan maka akan  menyebabkan masalah menstruasi. Zat phtalat bisa menembus plasenta sehingga akan berbahaya pada janin jika dikonsumsi oleh perempuan hamil.

Tak perlu menunggu lama untuk efek buruk dari beras palsu ini, karena beras plastik dapat menyebabkan gangguan langsung pada pencernaan. Makanan apapun itu yang mengandung plastik akan butuh lama berada di dalam lambung. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan rasa begah, merasa penuh dan cepat kenyang. Gangguan-gangguan itu akan menimbulkan rasa mual dan juga ingin muntah. Selain itu, juga bisa mengakibatkan iritasi pada sistem pencernaan. Bisa saja anda diare dan juga sembelit.

Demikian adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan saat membeli beras di pasar, gunakanlah cara-cara tersebut jika anda merasa curiga dengan beras yang akan anda beli.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Waspada Beras Plastik Penyebab Mandul!

0 comments:

Post a Comment