Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Agar Puasa Tidak Lemas

Bulan Ramadhan hanya tinggal hitungan hari saja, kurang lebih dua minggu lagi kaum Muslim akan bertemu kembali dengan bulan suci yang akan melipatgandakan semua amal ibadah. Akan tetapi bulan puasa tak akan terasa menyenangkan jika kondisi badan kurang fit, apalagi jika misalnya anda tak bisa memanage pola makan anda saat bulan puasa tiba. Berpuasa tak hanya berhubungan dengan menahan haus dan juga menahan lapar, akan tetapi juga berhubungan dengan menahan emosi dan hawa nafsu lainnya. Namun sayangnya, perut yang kosong dan kerongkongan yang haus tak akan mendukung kesabaran anda dalam menahan emosi. 

Karena itulah anda harus memiliki rahasia khusus di bulan Ramadhan agar tetap merasa segar dan bugar, pikiran tenang dan bisa memanage badan dan pikiran serta emosi tetap stabil. Apabila anda bisa tetap menjaga ketiga unsur tersebut dengan baik dan stabil, maka dijamin puasa anda akan aman lancar sehingga anda bisa beribadah dengan tenang. 

Cobalah beberapa tips mudah di bawah ini, agar anda tetap bisa berenergi saat anda berpuasa :


1. Mengonsumsi makanan tinggi serat

Saat sahur adalah masa dimana anda bisa memasukkan aneka macam vitamin dan berbagai macam kebutuhan tubuh lainnya, untuk makan sahur libatkan makanan-makanan berserat untuk disantap. Memang saat sahur seringkali malas untuk makan, apalagi  makan makanan yang berserat atu yang berat-berat. Maka anda bisa mengkombinasikan antara nasi dan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan, menjadi satu menu yang rasanya gurih dan kaya bumbu, misalnya pecel atau sejenisnya. Anda bisa menggunakan bumbu instan jika anda tak ingin repot menguleknya. Mengapa harus makan makanan yang berserat? karena makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga anda tidak akan mudah lapar. Hal itu akan sangat membantu jalannya puasa anda pada siang harinya.

2. Mengonsumsi makanan berprotein

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, mengonsumsi makanan berprotein seperti ikan, olahan ayam, telur, dan tahu juga sangat penting untuk tubuh anda, dengan memasukkan asupan protein ke dalam tubuh anda, ini akan membuat tubuh jadi lebih berenergi. Oleh sebab itu kurangnya asupan protein dapat membuat tubuh cepat lemas dan lesu, sehingga jangan lupakan makanan yang mengandung protein jangan sampai dilewatkan jika anda tak ingin aktifitas anda di siang hari terganggu karena lemas.



3. Mengonsumsi lemak baik

Mengkonsumsi makanan berlemak saat sahur juga memiliki fungsu yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan lemak baik bisa didapatkan dari ikan, bisa juga didapatkan dari aneka jenis kacang-kacangan, terdapat pula pada minyak kelapa murni, serta beberapa jenis buah seperti alpukat. Kandungan lemak terutama lemak baik  (HDL) juga diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi. Mengapa harus mengkonsumsi makanan berlemak saat sahur? hal itu dikarenakan lemak baik berperan penting dalam menyediakan energi bagi tubuh.

4. Batasi garam

Makan tanpa garam atau kurang garam memang tak akan enak rasanya, akan tetapi anda harus membatasi konsumsi garam saat sahur. Hal ini bisa dilakukan dengan membatasi konsumsi makanan yang asin ketika sahur. Mengapa anda harus mengurangi konsumsi garam atau konsumsi makanan asin saat sahur? Karena mengonsumsi makanan yang tinggi garam akan membuat tubuh anda cepat lapar dan dehidrasi.

5. Jangan memasak makanan terlalu lembek

Jika anda ingin tetap segar dan fit saat berpuasa, cara-cara yang dilakukan memang tak sulit, Salah satu cara lain untuk menjaga tubuh tetap berenergi selama berpuasa adalah dengan tidak memasak makanan yang terlalu lembek. Karena makanan yang lembek dapat membuat tubuh menjadi cepat lemas karena makanan terlalu cepat diolah tubuh.

6. Penuhi kebutuhan cairan

Bagaimanapun tubuh itu dalam satu hari membutuhkan pasokan air kurang lebih dua liter atau jika diakumulasikan pada ukuran gelas adalah sekitar delapan gelas. Sekalipun anda berpuasa, namun jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari (ini adalah jumlah akumulasi ketika sahur dan berbuka).

7. Olahraga

Walaupun anda berpuasa, namun sempatkan pula waktu untuk beraktivitas fisik. Melakukan olahraga dapat membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari, dengan membiasakan tubuh bergerak walau puasa maka tubuh anda tidak mudah lemas. Namun pilihlah olahraga yang menurut anda ringan karena jika anda melakukan olahraga yang berat dan mengeluarkan banyak tenaga bisa-bisa anda batal puasa.

Demikian adalah tips-tips berpuasa agar anda tetap merasa segar dan bugar saat bulan suci itu tiba. Dengan melakukan tips-tips di atas dengan baik, maka anda tak perlu khawatir menghabiskan bulan puasa dengan tiduran saja menunggu waktu berbuka karena merasa lemas, anda tetap bisa aktif melakukan pekerjaan anda di siang hari, sekaligus tetap beribadah tanpa rasa risau.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Agar Puasa Tidak Lemas

0 comments:

Post a Comment