Cara Menurunkan Berat Badan

Pantangan Agar Tak Cepat Haus Saat Puasa

Saat berpuasa di siang hari pasti anda akan merasa sangat haus, tahukah anda bahwa tak hanya karena siang hari sangat terik dan panas, cairan dalam tubuh menyusut drastis dan membuat anda kehausan Akan tetapi ada juga penyebab lain yang membuat anda menjadi kehausan di siang hari saat berpuasa. Salah satunya adalah karena pola makan yang salah saat makan sahur, Anda diwajibkan untuk menyusun menu khusus yang mengandung banyak air dan dicerna secara bertahap oleh tubuh anda. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung air yang dicerna bertahap, maka kehausan di siang hari bisa anda hindari. Perbanyak pula makan sahur dengan sayuran dan menu sahur sehat. Menu sahur sehat yang dimaksud adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah. Lantas contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Kemudian protein bisa diperoleh dari ikan, daging ayam, dan putih telur. Jangan pernah lupa mengonsumsi sayur dan buah yang juga mengandung serat tinggi.

Selain itu, anda juga wajin mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih tiga hingga empat gelas saat sahur. para dokter menekankan untuk tidak mengonsumsi minuman manis terlalu banyak, karena bisa menyebabkan ‘kecelakaan energi’, yakni gula darah naik dengan cepat dan turun dengan cepat pula, itulah yang menyebabkan orang mengantuk dan lemas di siang hari. Dan hal itu pula yang membuat anda menjadi lebih haus di siang hari.


Apabila ingin waktu berpuasa dengan keadaan tubuh yang tak mudah haus, maka anda bisa menjaga kebugaran tubuh anda dari menu berbuka saat Maghrib. Berikut adalah cara untuk membuat tubuh anda tetap bugar dan fit sehingga pada waktu puasa nanti anda tak cepat haus :




1. Buka puasa tanpa manis

Berbukalah dengan yang manis, anda sering mendengar jargon tersebut bukan? Banyak orang mengira bahwa berbuka dengan yang manis adalah yang utama. Padahal sesungguhnya baik secara medis bahkan agama pun sebenarnya tidak menganjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis loh. Maka dari itu selama ini, adanya anggapan berbuka dengan yang manis itu ternyata disalah-artikan oleh banyak orang. Apabila  Rosul menganjurkan untuk berbuka dengan kurma terlebih dahulu lalu diartikan dengan makanan atau minuman manis, sesungguhnya itu salah kaprah. Itu dikarenakan bisa jadi makanan dan minuman atau bahkan kurma yang dikonsumsi oleh banyak orang telah mengandung pemanis buatan yang justru membahayakan bagi tubuh, sungguh berbeda dengan kurma di zaman nabi.

Menurut pihak medis, kandungan gula darah saat puasa adalah normal. Maka ketika tiba saat berbuka diberikan makanan atau minuman manis, maka hal tersebut akan membuat gula darah melonjak secara drastis dan berbahaya bagi penderita diabetes. Sehingga jangan mengkonsumsi makanan atau minuman manis langsung saat berbuka ya!

2. Hindari soda dan makanan cepat saji

Tidak hanya saat puasa, pada sehari-harinya, dengan mengkonsumsi makanan cepat saji dan soda berbahaya bagi kesehatan tubuh, terlebih lagi saat puasa dimana tubuh tidak mendapatkan asupan selama 13 jam. Dengan mengkonsumsi makanan cepat saji dan soda akan menyebabkan perut kembung dan dapat berakibat pada muntah-muntah jika tubuh melawan masuknya makanan tersebut.

3. Hindari minum es

Ingat, buka memang sangat haus akan tetapi saat berbuka puasa, jauh lebih baik untuk menghindari mengkonsumsi es. Hal ini memudahkan tubuh menyerap sari-sari makanan yang telah dicerna lambung. Selain itu, zat es juga dapat memberikan efek kenyang berlebih, akibatnya adalah tubuh malas untuk makan makanan yang bergizi.

4. Jangan makan besar

Ketika tiba saat buka puasa, maka sebaiknya Anda jangan langsung menyantap makanan berat seperti nasi dan lauk. Ini akan menyebabkan tubuh mengalami kekenyangan dan berakibat malas saat tarawih. Alangkah lebih baiknya anda memulai menyusun menu makan selepas berbuka mulai saat ini. Caranya adalah dengan hanya menyantap sebiji hingga tiga biji kurma dan teh hangat saat berbuka, kemudian laksanakan shalat Maghrib terlebih dahulu, baik itu shalat sendirian maupun berjamaah. Nah, setelah shalat baru anda mengambil makanan berat dan mengenyangkan perut yang seharian menahan lapar. Tapi ada yang tetap harus diingat juga, yakni harus menjaga porsinya, jangan terlalu banyak apabila tak ingin saat taraweh anda malah mengantuk 

5. Sahur tanpa lemak

Saat makan sahur, maka sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman bersoda, atau makanan cepat saji, gorengan, cokelat, dan keju. Sekalipun banyak pantangan makanan, pada dasarnya tubuh kita tidak responsif terhadap jenis makanan-makanan tersebut saat sahur loh, jadi kadang kita tidak menyadari bahwa tubuh tak cocok dengan makanan tersebut.

Maka dari itu, selalu biasakan gaya hidup sehat agar kita bisa tetap merasa tubuh selalu bugar dan sehat saat berpuasa. Bisa menghindari rasa haus berlebihan saat di siang hari, serta bisa membuat tubuh selalu fit untuk melakukan berbagai macam kegiatan keseharian anda. Bagi anda yang memiliki kegiatan super padat di siang hari, walau puasa sekalipun, jangan lupa untuk menambah asupan nutrisi dengan mengkonsumi aneka multivitamin yang halal tentunya.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pantangan Agar Tak Cepat Haus Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment