Cara Menurunkan Berat Badan

Olahraga Yang Dilakukan Saat Puasa



Siapa bilang saat anda berpuasa anda tak bisa berolahraga? Anda tetap bisa melakukan kegiatan olahraga saat anda tengah berpuasa. Berpuasa tak akan menjadi penghalang bagi anda untuk menjadi sosok yang tetap aktif dan produktif. Anda bisa tetap melakukan kegiatan apapun yang biasa anda lakukan di hari-hari biasa sekalipun saat anda berpuasa, namun tentu saja dengan beberapa syarat yang harus anda penuhi demi keseimbangan tubuh anda.

Namanya berpuasa, anda tak akan makan apapun saat siang hari. Sekalipun istilahnya anda makan banyak saat sahur dan berbuka, namun tetap saja anda tak akan mendapatkan nutrisi dan energi sebanyak yang biasa anda dapatkan saat anda makan siang hari. Maka dari itu, tenaga yang anda dapatkan dari sahur dan berbuka harus dimanfaatkan dengan sangat baik, dan manfaatkan tenaga itu untuk beraktifitas dengan tetap aktif dan maksimal. Lantas bagaimana caranya anda tetap bisa beraktifitas secara aktif dan maksimal tanpa perlu khawatir kehabisan tenaga? Caranya adalah dengan melakukan olahraga rutin untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar.  Dengan tubuh yang bugar, secara otomatis anda juga akan merasa sangat bersemangat untuk melakukan pekerjaan apapun, untuk mengerjakan tugas harian anda juga tentunya tak akan terasa berat. Karena  yang membuat anda merasa letih dan akhirnya kehabisan tenaga saat berolahraga adalah rasa malas dan kurang semangat.  Jadi pekerjaan apapun, seringan apapun pekerjaan yang akan dilakukan akan membuat anda menghabiskan banyak tenaga untuk memulainya.



Maka dari itu, ayo tingkatkan semangat anda saat berpuasa dengan berolahraga. Tentu saja bukan olahraga yang boros tenaga karena olahraga yang cocok dilakukan saat anda berpuasa adalah beberapa modifikasi dari olahraga yang umum dilakukan. Maka jenis olahraga apa saja yang cocok untuk dilakukan saat anda berpuasa? Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan saat anda berpuasa, silahkan disimak :

  1. Jogging
Pada pagi hari, setelah shalat subuh anda bisa melakukan olahraga jogging. Jogging adalah kegiatan berlari-lari kecil di sekitar rumah anda. Baik itu dilakukan seorang diri, atau juga bersama dengan pasangan anda. Tak perlu mengambil rute yang jauh, cukup lakukan jogging mengelilingi komplek rumah, atau berlari-lari kecil di halaman rumah pun cukup. Yang penting saat itu anda membuat tubuh anda hangat dan mengeluarkan keringat, yang paling penting di atas semuanya adalah anda akan terbawa semangat untuk melakukan aktifitas berikutnya pada siang nanti.
  1. Push up dan Sit Up
Tak perlu melakukan push up dan sit up yang berlebihan atau dengan menggunakan bantuan beban, cukup lakukan push up dan sit up masing-masing dua puluh kali di pagi hari. Tak usah sampai mengeluarkan keringat banyak-banyak dan membuat otot terasa pegal, karena fungsi dari melakukan olahraga saat berpuasa ini hanya untuk melemaskan otot dan membuat anda merasa lebih semangat setelah sekujur tubuh terasa hangat. Jika sekujur otot tubuh sudah terasa hangat dan lemas, maka secara otomatis anda  juga akan merasa santai sehingga semangat bekerja akan muncul sendirinya.
  1. Bersepeda
Ini adalah olahraga yang paling menyenangkan yang bisa anda lakukan saat berpuasa. Anda bisa bersepeda santai pada pagi hari, atau bisa juga anda lakukan pada sore hari sambil menunggu waktu untuk berbuka. Dengan bersepeda bersama keluarga atau berdua dengan pasangan anda tentunya akan membuat anda menjadi lebih segar, anda bisa melemaskan otot, mencari keringat sekaligus bisa mencuci mata dengan melihat-lihat lingkungan sekitar anda. Bersepeda di sore hari selain menyehatkan juga bisa anda gunakan mencari takjil untuk berbuka.

Demikian adalah jenis-jenis olahraga ringan yang bisa anda lakukan saat anda berpuasa, memang bukan jenis olahraga yang bisa menghabiskan banyak tenaga, tapi percayalah walaupun olahraga yang anda lakukan adalah olahraga yang ringan-ringan, tapi manfaat yang bisa anda rasakan adalah manfaat yang sama besarnya dengan olahraga berat lainnya. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang berimbang nutrisi dan vitaminnya agar anda bisa terus beraktifitas tanpa khawatir lemas dan lesu saat puasa.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Olahraga Yang Dilakukan Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment