Cara Menurunkan Berat Badan

Menu Sehat Untuk Sahur

Bulan puasa sudah di depan mata, tak ada salahnya jika sejak sekarang anda sudah mempersiapkan berbagai macam tektek bengek yang berhubungan dengan puasa. Tak hanya menyiapkan niat untuk berpuasa, namun anda juga tentunya harus menyiapkan tubuh dan kondisi psikis anda dalam berpuasa. Namanya berpuasa, tak hanya menahan lapar dan haus saja, karena menahan lapar dan haus bisa dengan mudah kita lakukan, akan tetapi menahan emosi dan menahan kebiasaan makan yang berubah, itu yang paling sulit. Jika menahan emosi bisa diatasi dengan niat, maka menahan kebiasaan makan yang berubah bisa disiasati dengan mengkonsumsi aneka santapan sehat saat sahur, misalnya adalah di bawah ini :

1. Semua berawal dari sahur, maka mulailah sahur dengan meminum segelas air putih karena selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan.

2. Selain mempercayakan cairan tubuh pada air mineral, aneka buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Karena aneka macam buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas. 


 

3. Saat anda berpuasa seharian, zat besi dalam tubuh akan menurun karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Maka dari itu akibatnya tubuh akan lebih lemas, bisa juga mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal.  Makan dari itu usahakanlah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, mengkonsumsi jus tanpa gula adalah salah satu caranya.

4. Karbohidrat kompleks seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau juga roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian, selain itu juga bijaklah mengonsumsi makanan yang manis dari gula pasir karena makanan yang manis akan membuat Anda cepat lapar. Selain itu makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat, sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru. Maka dari itu Anda akan cepat merasa lapar. Namun jika ingin mengkonsumi makanan manis, pilihlah manis alami, misalnya seperti gula aren atau madu.

5. Sementara untuk lauk Anda bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, misalnya seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan. Jika khawatir bosan, maka Anda bisa berimprovisasi dengan menu sahur untuk menggugah selera. Contohnya adalah roti gandum dengan telur rebus dan daging asap, bisa juga pasta dengan keju, ingin sayuran cobalah brokoli rebus dan ikan tuna. Masih khawatir tak doyan atau bosan? Coba juga kentang panggang dengan brokoli, keju, dan daging asap yang ditambah dengan sup hangat.

6. Jangan makan makanan yang digoreng saat sahur, karena makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Inilah yang dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari.

7. Mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium akan menyempurnakan menu sahur anda, semua itu bisa Anda temukan pada buah pisang, jeruk, dan kacang almon. Zat Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Bagaimana? sudah mendapatkan gambaran menu sehat sahur anda? Selamat berkreasi!



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menu Sehat Untuk Sahur

0 comments:

Post a Comment