Cara Menurunkan Berat Badan

Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

Sahur adalah salah satu sunnah nabi yang memiliki manfaat sangat besar untuk kelancaran puasa kita, bagaimana tidak? tanpa sahur maka tubuh akan kekurangan nutrisi dan akhirnya puasa yang akan dijalankan menjadi tidak sempurna. Namanya tidak mendapatkan asupan makanan dan juga nutrisi, maka secara otomatis kita juga tentunya tak akan merasa nyaman berpuasa. Kurang nutrisi berarti tak ada tenaga untuk melakukan aneka kegiatan selama bulan puasa, kurang nutrisi berarti kepala yang pusing dan bawaannya ingin tidur terus. Kalau sudah tidur terus, maka ibadahnya kapan? bekerja juga tak akan maksimal jika tubuh kita terlalu lemah dan lesu. 

Karena itulah sahur menjadi sebuah hal yang diharuskan jika ingin puasa menjadi lebih afdol. Maka dari itu, jika menginginkan puasa yang lebih sempurna, bisa tetap bekerja dengan baik dan juga tetap merasa bugar, tak ada salahnya jika anda menyimak beberapa tips agar tak pusing saat puasa, atau juga bisa menyimak aneka resep sahur untuk si kecil jika anda memiliki si kecil yang ingin ikut berpuasa.

Selain itu, berikut adalah jenis-jenis makanan yang cocok untuk sahur, dengan kandungan gizi dan vitamin yang cukup serta tentu saja berbagai kandungan nutrisi lainnya yang akan menambah manfaat baik bagi tubuh anda. Silahkan disimak dan yakinkan bahwa bahan-bahan makanan di bawah ini selalu ada di dalam lemari pendingin anda : 



1. Blewah

Buah blewah banyak mengandung vitamin A. Adanya rasa manis pada belewah mempunyai fungsi absorpsi atau melakukan penyerapan pada usus yang sering diakibatkan makan tergesa-gesa sehingga makanan tidak terkunyah dengan baik. Selain kmampuan tersebut, memakan blewah juga membantu menyerap zat-zat yang tidak diperlukan dari makan makanan yang banyak berbumbu, juga membantu menghancurkan endapan obat-obatan, bahkan juga bisa mengatasi rasa mual karena rasa stres. Hmm, buah yang satu ini ternyata manfaatnya wah sekali ya?

2. Pisang

Dengan kandungan pada buah pisang seperti vitamin A, B1, B2 dan C nyatanya bisa membantu mengurangi asam lambung. Mengapa mengkonsumsi pisang membuat asam lambung menjadi berkurang dan juga sangat cocok untuk tubuh orang yang tengah berpuasa? Itu karena bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, maka dari itu pisang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang berpuasa.

3. Pepaya

Buah yang satu ini sangatlah mudah untuk ditemukan, selain itu juga pepaya banyak mengandung vitamin C dan provitamin A yang bisa membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan , konsumsi saja buah ini akan membuat saluran pencernaan makanan tetap lancar. Maka dari itu jika anda memiliki masalah susah buang air besar, konsumsi saja buah pepaya saat sahur dan berbuka, dijamin kondisi susah buang air besar pun akan terasatasi.

4. Apel

Anak-anak sangat doyan dengan buah yang satu ini, warnanya merah ranum dan wanginya manis begitu menggoda. Buah apel banyak mengandung vitamin A, B dan C. Dengan mengkonsumsi buah apel secara teratur, maka bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar. Untuk menjaga kondis tubuh dan menyeimbangkan kebutuhan nutrisi anda yang tengah berpuasa, buah ini sangatlah cocok!

5. Stoberi

Tak hanya nikmat dimakan langsung, buah yang begitu kental kesannya sebagai perumpamaan manisnya anak perempuan ini sangat nikmat untuk menjadi penambah rasa pada susu, kue, dan juga puding. Stroberi kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, B1 dan C serta antioksidan, buah ini sangat bagus untuk melawan zat radikal bebas. Sehingga untuk daya tahan tubuh orang yang berpuasa bisa tetap terjaga dari virus.

6. Mangga

Buah mangga banyak mengandung vitamin A, E dan C yang bisa membantu membersihkan darah. Bagi seseorang yang sedang berpuasa, meminum jus buah mangga bisa mengurangi dehidrasi saat berbuka nanti.

7. Jeruk

Buah jeruk banyak mengandung vitamin A, B1, B2 dan C serta antikanker bagi tubuh. Selain itu buah jeruk juga bisa merangsang kekebalan tubuh, mampu membersihkan lendir ditenggorokan dan rongga hidung akibat influenza. Bulan puasa tak berarti kita aman dari aneka penyakit musiman, maka dari itu cegahlah penyakit-penyakit kecil yang merepotkan itu dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk saat berbuka dan juga saat menyantap makan sahur.

8. Belimbing

Si buah bintang atau Belimbing ini banyak mengandung vitamin C dan provitamin A. Rutin mengkonsumsi buah belimbing bermanfaat membantu memperlancar pencernaan makanan, selain itu bisa menurunkan tekanan darah dan juga menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Akan tetapi patut diingat bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung, baik itu memiliki penyakit maag atau anda yang mempunyai masalah lambung sensitif sebaiknya berhati-hati dalam memilih buah. Jangan asal memilih buah-buahan yang telah disebutkan di atas, hanya pilihlah buah mangga, jeruk, belimbing yang sudah matang dan manis rasanya, jangan sampai anda asal memilih dan menyantap aeka buah yang masih muda dan berasa masam. Sudah bisa dipastikan hasilnya akan sangat buruk bagi kesehata anda. Jangan sampai niat Anda untuk sehat justru menyakitkan karena masalah lambung.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Sahur

0 comments:

Post a Comment