Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menyusun Menu Sahur Agar Tak Bosan

Bulan puasa telah tiba, berpuasa dan menjalankan aktivitas kita sebagaimana biasanya tentunya menjadi pilihan utama. Akan tetapi berpuasa dengan asupan nutrisi yang kurang tentu akan membuat kita kekurangan energi dan membuat aktivitas harian kita terganggu. Maka dari itu kita harus mengetahui nutrisi apa saja sih yang sebenarnya kita butuhkan? silahkan disimak artikel Makanan Yang Tak Boleh Disantap Saat Puasa sebagai referensi makanan apa saja yang tak boleh anda konsumsi saat sahur dan saat berbuka. Selain itu Tips Agar Tidak Lemas Saat Puasa juga tentunya akan menjadi tips yang sangat anda butuhkan untuk puasa bukan?

Lantas bagaimana jika masalah yang kita hadapi saat puasa itu justru adalah cara menyusun menu sahur agar tidak bosan? apalagi jika misalnya kita memiliki anak kecil yang tengah belajar puasa, mereka tentunya ingin ikut berpuasa dengan segala keterbatasan mereka. Maka dari itu, kita sebagai orangtua mereka harus paham betul bagaimana caranya membuat anak-anak selalu semangat untuk makan sahur dan tetap terjaga motivasinya agar kuat puasa hingga waktu Magrib tiba. Berikut adalah tips untuk menyusun menu sahur bagi si kecil agar tak bosan, lengkapi kelompok makanannya :

Kelompok Gandum:  misalnya satu potong roti, atau setengah cangkir nasi atau pasta atau setengah gelas sereal masak yang dikombinasikan dengan sedikit sereal siap saji. Sajikan 6 kali dalam sehari untuk hari biasa dan kita bisa membaginya menjadi dua untuk porsi sahur dan porsi berbuka.
Kelompok Nabati: contohnya adalah setengah gelas sayuran potong atau satu gelas sayuran daun. Cocok untuk sahur dan berbuka.
Kelompok Buah-buahan: bisa beruoa satu jenis buah, atau ¾  gelas jus buah murni (tanpa gula), bisa juga ½ gelas buah kaleng atau ¼ gelas buah kering. Sajikan 2 kali sehari, pas sekali bukan untuk waktu buka dan juga untuk waktu sahur si kecil.
Kelompok Susu: jangan abaikan kelompok ini, sediakan satu gelas susu atau yogurt atau 2 ons keju. Akan mencukupi kebutuhan kalsiumnya disaat buka dan juga puasa.
Kelompok Daging: biasakan si kecil mengkonsumsi 2-3 ons daging lunak/unggas/ikan yang sudah dimasak, atau ½ gelas kacang kering masak. Untuk informasi, 1 ons daging bisa menggantikan 2 sdm mentega atau 1 butir telur. Selang seling untuk buka dan sahur.
Lemak, Minyak dan Gula: Kandungan lemak di dalam makanan tidak boleh lebih dari 30%. Selain itu juga harus perhatikan juga jenis lemak yang dikonsumsi. Kandungan Lemak jenuh yang terdapat pada daging, sementara itu produk susu dan kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol. Maka dari itu lebih baik gunakan lemak jenuh yang terdapat pada zaitun dan jagung. Kemudian lemak jenuh yang dikonsumsi setiap hari tidak boleh lebih dari 10%

Berikut adalah makanan yang harus anda santap saat berbuka dan saat sahur karena kandungan gizi dan vitaminnya yang sangat pas untuk tubuh anda beraktivitas :



1. Nasi Putih

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, manfaat nasi putih bagi kesehatan yang terutama adalah sumber karbohidrat yang menghasilkan energi untuk beraktivitas. Jadi tak salah jika kita akan merasa lemas jika tak menyantap nasi, maka dari itu, konsumsi nasi saat sahur dan berbuka.

2. Sayur Sup

Mudah dibuah dan sayur sop merupakan salah satu jenis hidangan yang begitu kaya akan jenis sayuran. Jenis masakan yang kaya warna, juga kaya rasa, dan pastinya juga kaya akan gizi. Sup sangat pas disajikan sebagai salah satu hidangan saat sahur dan berbuka puasa.

3. Ayam Goreng

Ayam menjadi jenis unggas yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Ayam Goreng merupakan makanan dengan bahan utama ayam yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kandungan energi dalam ayam goreng adalah sebesar 595 kilokalori, protein 30,5 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 0 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 1,5 miligram.

4. Tempe Goreng

Siapa yang tak suka tempe? Tempe adalah sumber dengan kandungan protein tinggi sekitar 18 jenis protein dan asam amino, yang sifatnya sangat gampang dicerna.

5. Buah Pisang

Buah pisang enak dan mudah ditemukan, tak kenal musim dan bisa anda konsumsi kapanpun anda inginkan. Saat sahur dan berbuka siapkan pisang karena Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang, dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali.
 
6. Teh Manis

Berbukalah dengan yang manis dan hangat, maka teh manis hangat adalah salah satu pilihan. Teh mengandung beberapa antioksidan yang baik untuk tubuh kita. Selain itu antioksidan membantu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung dan juga mengurangi kemungkinan kondisi peradangan.

7. Air Mineral

Agar tak dehidrasi saat puasa, usahakan minum 8 gela sair selama buka hingga sahur. Air yang mengandung mineral,  menjadi minuman yang paling pokok dan baik untuk dikonsumsi baik saat santap sahur.

Demikian adalah cara menyusun menu sahur agar tak bosan dan lengkap dengan jenis-jenis makanan yang harus anda konsumsi agar tetap segar dan fit selama berpuasa.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyusun Menu Sahur Agar Tak Bosan

0 comments:

Post a Comment