Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Menahan lapar dan haus, tidak mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu selama berpuasa sama dengan kehiatan diet. Namun ada yang perlu anda ketahui jika ingin menurunkan berat badan anda saat bulan puasa tiba. Sekalipun pada siangnya anda tak makan dan tak minum apapun selama satu bulan penuh, namun jika pada waktu berbuka anda makan aneka macam makanan tanpa hitungan dan tanpa rem, maka percuma saja niat anda untuk diet saat puasa. Berikut di bawah ini adalah cara untuk menurunkan berat badan saat berpuasa, silahkan disimak.

1. Usahakan tubuh agar tetap terhidrasi

Mengapa harus tetap terhidrasi? karena hidrasi adalah kunci untuk menurunkan berat badan Ramadhan tahun ini. Maka dari itu minumlah cairan yang cukup sewaktu sahur atau berbuka, dengan meminum cairan yang cukup maka itu akan menjaga tubuh Anda dari dehidrasi ketika Anda bekerja di siang hari.  Dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi juga langkah terbaik untuk mengontrol gula darah. Setidaknya minum sejumlah dua liter atau delapan gelas air harus Anda konsumsi setiap hari sebelum dan sesudah menjalankan puasa.  Cara mengaturnya adalah Anda sebaiknya meminum dua gelas air putih saat berbuka puasa, setelah itu berikutnya empat gelas antara setelah berbuka puasa hingga sahur atau tidak lebih dari satu gelas per jam.  Kemudian sewaktu sahur, Anda juga harus kembali mengonsumsi dua gelas air. Untuk informasi anda minuman berkafein tinggi seperti kopi atau teh hitam tidak masuk dalam hitungan menu ini.  Jika anda ingin minum minuman yang memiiki rasa dan enak, teh herbal dapat menjadi alternatif yang bagus untuk konsumsi air demi membantu pencernaan Anda. 



2. Menu berbuka puasa yang seimbang

Saat anda berpuasa, secara otomatis metabolisme tubuh juga akan melambat dan Anda juga butuh energi ekstra. Saat berbuka puasa sebaiknya diawali dengan makanan ringan, misalnya seperti kurma karena mereka adalah sumber gula terbaik yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa. Setelah itu dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan seperti sup, atau sayur berkuah lainnya, dan usahakan untuk menghindari sup dengan krim. Setelah itu anda bisa melanjutkan dengan salad yang terdiri dari aneka sayuran dan batasi konsumsi minyak zaitun 1-2 sendok teh saja.  Anda juga diwajibkan untuk menghindari mengonsumsi makanan-makanan kaya karbohidrat sebagai makanan pembuka.

Setelah selesai dengan makanan pembuka, maka diwajibkan sekali untuk mengistirahatkan perut Anda sejenak. Mengistirahatkan perut ini bisa Anda lakukan dengan melaksanakan Maghrib kemudian melanjutkan mengaji atau berdzikir sejenak selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah shalat Maghrib, dan anda telah siap untuk makan, maka jangan lupa untuk memilih hanya satu jenis hindangan utama. Pilihlah makanan yang akan anda santap dengan bijak dan hindari gorengan. 

Selain kedua hal di atas, jika Anda mencoba mengurangi berat badan Anda, Anda juga diharuskan untuk menjaga dan juga mengontrol mood alias suasana hati Anda terlebih dahulu. Lebih baik sesuaikan suasana hati Anda dengan cara yang benar dan itu akan membuat Anda lebih mudah menurunkan berat badan Anda. Dipercaya atau tidak, suasana hati adalah salah pasalnya bisa menyebabkan Anda makan makanan yang salah. Dalam sebuah penelitian di Cornell telah menunjukkan bahwa, apabila Anda sedang dalam suasana hati yang baik maka lebih mudah makanan sehat masuk ke tubuh Anda dan membantu menurunkan berat badan Anda. 

Bagaimana caranya untuk tetap menjaga mood agar tetap baiik? caranya dalah dengan memfokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang menyenangkan, contohnya adalah membayangkan masa depan yang lebih indah, dan bukan hanya terobsesi pada kekurangan Anda pagi ini. 

Demikianlah cara menurunkan berat badan saat puasa, anda bisa menurunkan hingga lima kilogram dalam sebulan dan tampil lebih ramping saat Lebaran dengan tips diet saat puasa ini. Selamat mencoba!



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment