Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Agar Tidak Cepat Lapar Saat Puasa

Puasa itu menyenangkan, sayangnya timbul rasa lapar dan haus sering membuat kita merasa malas untuk melakukan aneka macam aktivitas penting kita sehari-hari. Maka dari itu tak ada salahnya jika kita mencari aneka cara agar tidak cepat lapar saat puasa. Berikut adalah kumpulan tips agar tak cepat lapar saat puasa yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Waktu Sahur

Ubah pola makan terburu-buru saat sahur. Biasakan makan sahur yang pelan dan santai serta berkualitas. Makan yang terlalu cepat atau terburu-buru bisa membuat perut menjadi lebih cepar lapar di pagi hari.

2. Makan Dengan Perlahan

Masih ada hubungannya dengan tips agar tak cepat lapar poin pertama, kita harus membiasakan diri untuk makan dengan perlahan, sehingga akan membuat makanan dicerna lebih optimal. Jika makanan dicerna dengan optimal, nutrisi makanan untuk tubuh bisa bertahan hingga saat berbuka puasa.

3. Konsumsi Air Putih

Selain makan pelan-pelan, mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan pada saat sahur dan berbuka. Mengapa? Karena hal ini untuk memberikan tubuh cairan yang cukup dari imsak hingga maghrib. Selain itu mengkonsumsi air putih juga bisa menghindari kita dari dehidrasi sehingga kulit akan tetap lembab.

4. Konsumsi Buah

Dengan mengkonsumsi 7 biji kurma bisa menghindari rasa lapar pada saat berpuasa. Kurma mengandung gula dan air yang sangat baik. Saat tiba waktu untuk berbuka, lambung kita butuh makanan yang mudah dicerna dan mengandung gula dan air, mengkonsumsi kurma bisa mencukupi kebutuhan nutrisi anda.

5. Beraktifitas

Saat berpuasa bukan berarti kita harus bermalas-malasan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Apalagi setelah makan sahur, jangan dibiasakan langsung tidur. Jika kita tidur maka bangun akan dengan rasa lapar dan lemas. Lebih baik lakukan aktivitas yang bermanfaat agar tidak mengantuk.



Selain tips di atas, ada juga beberapa tips lainnya yang bisa kita lakukan agar tak cepat lapar saat puasa : 

Makan sahur saat mendekati waktu imsak, misalnya seperempat atau setengah jam sebelum imsak, dan ingat! jangan sampai tergesa-gesa makannya agar tidak cepat lapar lagi di pagi hari.

Selain bisa mensiasati kekenyangan perut, makan sahur saat mendekati waktu imsak ini juga menjadi salah satu sunnah dalam berpuasa.

Cukupi nutrisi, selalu gunakan menu sahur yang lengkap, yaitu nasi, lauk, dan sayur. Jika membutuhkan tenaga tambahan, terutama bila aktifitas Anda sangat padat boleh-boleh saja mengonsumsi suplemen asal tidak berlebihan.

Jangan lupa untuk melengkapi menu sahur sekeluarga dengan segelas susu atau teh manis. Akan tetapi, khusus untuk teh manis, kita harus membatasi jumlahnya. Karena terlalu banyak teh manis akan membuat anda lebih sering buang air kecil. Selain itu jangan lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup saat sahur.

Jangan lupa juga untuk memilih makanan-makanan yang bertahan lama dilambung agar asupan energi selama berpuasa bisa terpenuhi. Maka dari itu, selalu perbanyaklah sayuran dan makanan-makanan kaya karbohidrat seprti kacang-kacangan yang bisa mengikat air yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Nafsu makan akan meningkat jika makanannya masih hangat, untuk menambah nafsu makan, hangatkan hidangan sebelum disantap atau bila sempat, atau biasakan hidangkan makanan yang baru dimasak.

Sekalipun makanan yang dimakan pada saat sahur merupakan sumber energi saat berpuasa, namun itu tidak berarti porsinya harus banyak. Asalkan  jumlahnya cukup, Anda tidak akan kelaparan selama berpuasa.

Anda juga harus menghindari makanan yang berbumbu terlalu menyengat atau pedas.

Saat berbuka

Kemudian segeralah berbuka agar gula darah yang berkurang selama berpuasa bisa segera tergantikan. Namun , hindari porsi makan yang berlebihan dan tidak perlu berupa makanan berat yang lengkap.

Kemudian lapar mata dengan langsung menyantap semua hidangan yang ada di meja. Cukup sesuai sunnah rasul, dengan tiga butir kurma ditambah segelas air putih sudah cukup untuk mengakhiri puasa anda. Maka, pencernaan anda tidak akan kaget karena langsung dipaksa bekerja keras setelah beristirahat selama beberapa belas jam.

Anda juga harus menghindari langsung memakan makanan pembuka yang terlalu manis dan berlemak, misalnya seperti tape uli, yang bisa membuat perut anda “kaget”

Selain itu pula langsung meminum minuman dingin saat berbuka agar anda tidak mudah terserang radang tenggorokan. Jauh lebih baik awali saja dengan meminum minuman hangat sebelum makan makanan berat.

Demikian adalah tips agar tak cepat lapar saat puasa, silahkan disimak dan dijalankan agar anda bisa semakin semangat untuk berpuasa, dan juga bisa semakin bersemangat untuk melakukan berbagai ibadah khas di bulan puasa.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Agar Tidak Cepat Lapar Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment