Cara Menurunkan Berat Badan

Aneka Resep Minuman Dari Kurma

Kurma adalah buah nabi, buah yang memakannya saat berbuka puasa menjadi pahala bagi kaum muslimin. Kurma juga memiliki banyak sekali manfaat selain rasanya yang manis-manis legit, ada juga beberapa manfaat lainnya yang tentu bisa membuat tubuh tetap sehat. Selain sangat nikmat untuk dijadikan santapan langsung atau untuk cemilan, rupanya kurma juga sangat cocok untuk dijadikan bahan tambahan berbagai kudapan sedap. Misalnya adalah kue lumpur, aneka kukis atau kue kering, puding dan bahkan bolu. Namun cara menikmati kurma yang lebih cepat dan leih menyenangkan adalah dengan menjadikan kurma sebagai minuman alias dibuat jus. 

Jangan salah, ada banyak sekali manfaat luar biasa yang bisa anda dapatkan dengan rutin mereguk jus ini. Manfaat minum olahan jus kurma bagi kesehatan adalah :

    Dapat mengatasi masalah insomnia atau susah tidur.
    Mengobati batuk secara alami.
    Menghilangkan gatal-gatal di kerongkongan.
    Mengurangi pengeluaran sel darah putih.
    Mengatasi lemah otot, pegal-pegal dan lesu.
    Mengobati sakit usus besar.
    Merangsang selera makan seseorang.
    Mencerdaskan otak dengan memperkuat daya ingat.
    Menambah tenaga seksual orang dewasa.
    Mempercepat pertumbuhan anak.
    Melancarkan peredaran darah dalam tubuh.
    Membantu mengurangi pendarahan saat melahirkan.
Banyak sekali bukan manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi minuman olahan kurma? nah, apabila anda tertarik untuk membuat sendiri minuman yang menyegarkan ini, terutama untuk buka puasa, berikut adalah beberapa resep jus kurma yang bisa dicoba, silahkan disimak :

1. Jus Kurma Madu

Bahan :

7 butir kurma
susu UHT secukupnya
air mineral satu gelas

Cara membuat :

Rendam kurma yang sudah dibuang bijinya di dalam air mineral selama kurang lebih semalaman, usahakan permukaan air menutupi seluruh kurma. 
Blender kurma bersama susu UHT. Boleh juga dicampur es batu jika suka dan siap disajikan.

2. Jus kurma mangga

Bahan :

    2 buah mangga ukuran sedang
    5 buah kurma
    2 sdm kismis
    4 sdm yoghurt
    300 ml air es
    Es batu secukupnya

Cara membuat :

    Kupas mangga, kemudian potong-potong bentuk dadu atau ukuran yang lebih kecil agar mudah hancur lalu masukkan ke dalam blender bersama kurma.
    Tambahkan kismis, serta yoghurt dan air es. Kemudian proses menggunakan blender hingga halus.
    Tuang ke dalam gelas saji, jika anda suka tambahkan es batu di atasnya.
    Sajikan selagi dingin. (Bisa untuk 4 gelas)

2. Jus kurma cokelat
 
Bahan :

jus buah kurma mix coklat

    10 butir kurma
    10 butir kacang almond
    3 cangkir susu cair
    2 sdt coklat
    4 sdm gula pasir
    2 sdm es krim vanilla


Cara mengolah :

    Buang biji buah kurma kemudian masukkan ke dalam gelas blender.
    Tambahkan almond bersama susu cair, serta coklat dan juga gula pasir. Lantas proses hingga hingga halus tercampur rata.
    Tuang ke dalam gelas saji, setelah itu tambahkan es krim rasa vanilla di atasnya.
    Sajikan segera. (Cukup untuk 3 gelas)



Kurma adalah buah yang sangat cocok bagi anda kaum muslimin muslimat yang tengah menjalankan puasa, karena kandungan alaminya yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh untuk seharian berpuasa. Berikut adalah beberapa kandungan alami buah kurma :

- Sumber energi

Dengan kandungan gula yang tinggi menjadikan buah ini merupakan sumber energi instan untuk mengembalikan energi yang hilang pada saat berpuasa dan menormalkan kadar gula darah. Itulah  mengapa kurma dianggap sebagai buah yang ideal untuk hidangan berbuka atau sahur. Segelas air yang mengandung glukosa, akan diserap tubuh dalam 20-30 menit. Akan tetapi gula yang terkandung dalam kurma habis terserap dalam tempo 40-45 menit. Hal ini disebabkan karena adanya serat yang terkandung di dalamnya. Makanya setiap orang yang makan kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar lebih lama.

- Sumber serat

Buah kurma adalah sumber serat pangan yang baik. Lembaga sosial The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengonsumsi 20-30 gram per hari. Jenis serat pangan terdiri dari dua jenis yaitu serat pangan larut dan serat pangan tak larut. Untuk serat pangan tak larut berfungsi meningkatkan volume feses sehingga menurunkan waktu transit di usus dan lebih mudah dikeluarkan. Kemudian penurunan waktu transit feses akan menurunkan waktu kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat-zat karsinogen dari feses. Sementara itu serat pangan larut dapat membantu mengontrol diabetes dengan menurunkan peningkatan kadar gula darah. Ternyata serat pangan larut juga berperan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aneka Resep Minuman Dari Kurma

0 comments:

Post a Comment