Cara Menurunkan Berat Badan

Agar Tidak Pusing Saat Puasa

Saat puasa, anda tak hanya menahan lapar dan haus saja, namun juga menahan emosi dan juga hawa nafsu. Saat berpuasa, saat itu anda juga akan mengalami kesulitan penyesuaian kondisi tubuh dengan perbedaan pola makan yang berubah, hal itu tentu akan mengakibatkan beberapa jenis penyakit yang bisa anda dapatkan. Salah satunya adalah pusing atau sakit kepala. Anda pasti tak ingin puasa anda batal karena sakit kepala bukan? maka untuk menghindari batalnya puasa karena sakit kepala saat menjalankan puasa, lebih baik kenali terlebih dahulu penyebabnya. 

Terjadinya sakit kepala saat puasa itu bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti perubahan pola tidur, adanya rasa stres atau tertekan saat menjalani puasa, atau hipoglisemia dan menghentikan konsumsi kafein, yang satu ini khusus bagi anda adalah pecandu kafein, atau kopi. Terjadinya puasa biasanya bermula pada siang hari atau sore hari setelah buka puasa dan orang-orang yang sudah sering merasa sakit kepala di luar bulan Ramadan cenderung akan lebih sering mengalami sakit kepala saat bulan Ramadan.  Berhati-hatilah bagi anda yang terbiasa tertekan di bulan-bulan luar Ramadhan, anda pasti akan mendapatkan godaan tambahan, yakni sakit kepala.

Lalu bagaimana agar tidak pusing saat puasa? atau bagaimana cara mengatasi sakit kepala saat puasa tanpa harus membatalkan puasa anda? Dr. Elliot Shevel ketua dari South African Headache Society mempunyai kabar baik untuk semua umat Muslim di seluruh dunia. Kabar baiknya itu adalah bahwa semua bisa mengatasi rasa sakit kepala yang dirasa saat puasa tanpa harus membatalkan puasa.

Perhatian bagi anda yang terbiasa mengonsumsi minuman berkafein setiap harinya, dengan berpuasa dan menghentikan konsumsi kafein seketika bisa membuat Anda merasa sakit kepala. Lantas bagaimana agar tak pusing saat puasa? tak mungin juga bukan jika anda mengkonsumsi kopi di tengah-tengah puasa? maka ada solusi yang sangat mudah untuk anda lakukan agar anda terbebas dari derita kecanduan kafein, yakni anda bisa mengatasinya dengan cara minum air putih yang cukup. Karena 75 persen lebih tubuh manusia itu mengandung air, maka dari itu di saat sahur dan buka puasa, biasakanlah untuk mencukupi kebutuhan air untuk tubuh Anda dengan cukup.

Selain kecanduan kafein, Hipoglisemia atau gula darah rendah juga bisa memicu sakit kepala di sejumlah orang. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu bukan? karena itu jagalah gula darah anda saat bulan puasa, karena peningkatan atau kekurangan gula darah bisa membuat pusing saat puasa. Bagaimana caranya agar bisa menjaga gula darah tetap stabil dan normal saat bulan puasa?

 
Caranya adalah dengan memilih menu sahur dengan kandungan gula darah yang sedikit atau rendah, cara ini bisa mencegah diri Anda terkena sakit kepala di siang hari. Kemudian apabila Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula saat sahur, maka gula darah Anda akan meningkat tajam dan langsung merosot seketika, Maka konsekuensi atau akibatnya adalah Anda bisa merasa pusing atau sakit kepala. 

Lalu apa lagi tips agar tak pusing saat puasa? Agar bisa terhindar dari pusing atau sakit kepala, maka selalu usahakan untuk menghindari faktor pemicunya. Karena pada umumnya, hal -hal yang menjadi pemicu sakit kepala itu antara lain stres, kurang tidur, dan  penahanan terus-menerus zat dalam tubuh yang secara normal seharusnya dikeluarkan (retensi cairan).

Saat bulan Ramadan atau bulan puasa, bersikaplah tenang dan lakukan semua ibadah dengan niat yang baik serta sungguh-sungguh. Tak perlu berlebih-lebihan dalam melakukan aktivitas di bulan puasa, apalagi jika niatnya hanya ingin disebut sebagai orang yang alim. Lakukan ibadah dengan niat yang ikhlas dan juga dengan sepenuh hati. Jadikan bulan puasa menjadi momen yang paling tepat untuk mengubah diri anda menjadi sosok yang lebih baik. 

Kalaupun tubuh anda kaget dengan perubahan cara makan yang berbeda jelas dari hari-hari biasa, itu sangat wajar dan anda tak perlu merasa khawatir dengan hal itu karena anda bisa berupaya untuk mensiasatinya. Begitu pula dengan sakit kepala, jika rasa sakit kepala itu sudah terasa sangat menyiksa, segera berkonsultasi dengan dokter dan dapatkan perawatan yang tepat. Jangan lupa untuk tetap menjaga asupan nutrisi dan jaga pola makan agar tak pusing saat puasa.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Agar Tidak Pusing Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment