Cara Menurunkan Berat Badan

Agar Tak Mengantuk Saat Puasa



Tak terasa hanya tinggal hitungan hari saja kita semua akan bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan. Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nanti oleh kaum Muslim di seluruh dunia, karena pada bulan tersebut setiap kebaikan yang kita lakukan akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda. Maka dari itu semua muslim di bulan puasa akan berlomba-lomba untuk banyak berbuat baik dan berharap Allah akan membalas perbuatan baik mereka dengan pahala yang berlipat ganda, dengan tabungan pahala yang berlipat ganda, kaum Muslim tentu akan merasa hidup menjadi lebih tenang dan bahagia.

Menjadi seseorang yang selalu bersemangat saat beribadah tentu menjadi impian semua muslim, maka saat kondisi badan yang tak fit saat berpuasa, maka kita pasti akan merasa ada yang kurang, karena tak bisa total berpuasa dan melakukan berbagai macam ibadah rutin khas bulan puasa. Shalat tarawih pun tak akan terasa nikmat jika kondisi tubuh kita tak fit. Belum lagi jika tadarusan atau membaca kitab suci Al-Qur’an di siang hari pasti tak akan terasa afdol saat kita malah mengantuk.




Itulah, berpuasa identik dengan mengantuk dan kondisi tubuh yang letih dan lesu. Bagaimana caranya agar tidak lemas saat puasa? Atau bagaimana caranya agar tidak mengantuk saat puasa? Ada banyak hal yang mengakibatkan kita merasa mengantuk saat puasa, maka dari itu sekarang di dalam artikel ini akan dibahas bagaimana caranya agar tidak mengantuk saat puasa. Berikut adalah trik agar tidak mengantuk saat puasa.

Cukupi nutrisi tubuh saat kita berpuasa. Makan makanan yang mengandung banyak vitamin C dan aneka vitamin lainnya. Makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah aneka buah yang berair, misalnya jeruk, buah lemon, dan juga pepaya. Jika tak suka buah-buahan tersebut, kita juga bisa memilih buah-buahan lainnya seperti buah semangka dan buah mangga atau buah musiman lainnya. Yang penting dalam satu hari kita bisa mengkonsumsi cukup buah untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C. Sekalipun kita bisa mengkonsumsi vitamin C instan, seperti vitamin C pabrikan atau sejenis itu, namun tetap saja hasilnya tak akan semaksimal vitamin C yang kita dapatkan dari bahan alami. Selain itu dengan mengkonsumsi buah-buahan langsung maka kita bisa melatih gigi dan rahang kita untuk tetap terjaga kemampuannya.

Jangan sepelekan tidur di malam hari. Memperbanyak ibadah dan shalat sunat saat bulan puasa memang sangat baik dan sangat dianjukan, akan tetapi tak berarti menyepelekan istirahat malam. Jangan sampai waktu untuk beristirahat malam menjadi terganggu karena kita terlalu banyak begadang. Masih mending jika begadangnya untuk beribadah, bagaimana jika hanya untuk sekedar jalan-jalan atau untuk nonton TV? Sebaiknya dihindari saja. Apabila sudah selesai shalat tarawih, lebih baik tidur saja karena kita harus bangun pada dini hari untuk sahur. Belum lagi jika di siangnya tak ada waktu untuk tidur siang, maka istirahat malam benar-benar harus dijaga.

Jangan terlalu banyak makan. Memang untuk bekal berpuasa di siang hari kita diwajibkan untuk makan banyak makanan, namun tak berarti berlebihan juga. Karena kita bisa menyiasati makanan yang kita santap dengan mengkombinasikan nutrisi dan gizinya, makanan dengan kandungan serat diperbanyak agar kenyangnya jauh lebih lama, jangan terlalu banyak makan makanan yang manis atau mengandung terlalu banyak gula, karena akan membuat tubuh terlalu cepat mengolah gula menjadi tenaga sehingga membuat tubuh menjadi lekas lelah. Lekas lelah berarti menjadi mengantuk dan lemas, akhirnya berpuasa jadi tak full semangatnya jika mengantuk terus.

Demikian adalah beberapa tips agar tak mengantuk saat puasa. Menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita, memperbanyak makan makanan yang seratnya tinggi dan tidak terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula. Hindari aktifitas yang terlalu membuang tenaga, jika anda adalah seseorang yang memiliki banyak aktifitas, sebaiknya anda menambah asupan nutrisi bagi tubuh dengan mengkonsumsi multivitamin. Bagi anda yang suka berolahraga, sebaiknya hindari juga olahraga berat, cukup lakukan olahraga-olahraga ringan sekedar untuk melemaskan otot saja. Semoga semua tips agar tak mengantuk saat puasa di atas bisa membantu anda untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Agar Tak Mengantuk Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment