Cara Menurunkan Berat Badan

5 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa

Apa yang paling dinanti dari berpuasa? saatnya berbuka! Setelah seharian penuh menguatkan niat untuk tidak tergoda akan rayuan makanan dan minuman di sekitar kita, akhirnya tiba waktu dimana kita boleh mengkonsumsi makanan apapun, apalagi makanan yang sejak tadi siang sudah menggoda iman kita. Akan tetapi tahukah? ada banyak jenis makanan yang sebenarnya tak boleh dikonsumsi saat berbuka puasa, setidaknya berilah jeda untuk lambung agar bisa menyesuaikan diri dan tak membuat tubuh kita kaget hingga mengakibatkan masalah.

Berikut adalah jenis-jenis makanan yang harus anda hindari saat berbuka, silahkan disimak : 

1. Makanan Besar

Biasakanlah untuk berbuka dengan makanan ringan terlebih dahulu, hal ini dikarenakan lambung kita butuh adaptasi untuk menyesuaikan kondisi lambung yang seharian kosong. Jangan sampai kita  langsung makan makanan berat karena itu bisa membuat pencernaan kita kaget, lambung bisa kaget karena harus langsung bekerja mencerna makanan setelah sebelumnya beristirahat bekerja sepanjang kita berpuasa. Jangan lupa juga untuk membiasakan untuk mengunyah makanan dengan baik karena bisa membantu meringankan kerja pencernaan.
 

 
2. Makanan Berlemak

Makanan berlemak memang menggiurkan dan rasanya sangat gurih, salah satu jenis makanan berlemak adalah makanan yang digoreng untuk memasaknya. Makanan dengan jenis ini sebaiknya kita hindari saat sahur ataupun saat kita berbuka puasa. Karena makanan berlemak bisa menyebabkan kegemukan dan gangguan pencernaan serta nyeri di ulu hati. Masalah lain yang dapat ditimbulkan selain itu adalah, jenis makanan yang banyak mengandung lemak juga membuat perut kita cepat kenyang sehingga makanan lain yang lebih bernutrisi tidak termakan.

3. Makanan Bersantan

Ada banyak efek buruk yang akan muncul jika kita tak mengontrol makanan yang kita santap saat berbuka, asupan makanan yang tidak terkontrol saat buka puasa bisa membuat kadar kolesterol meningkat, juga bisa mengakibatkan tekanan darah naik, serta kadar gula darah melambung, atau juga aneka penyakit lain yang sudah bersarang kambuh kembali. Sangat merepotkan bukan?

Maka dari itu kita harus benar-benar mengatur asupan makanan. Makanan bersantan merupakan salah satu jenis makanan yang punya andil cukup besar dalam masalah tersebut. Dalam kadar tertentu , dengan mengonsumsi santan yang berlebihan bisa memicu penyakit pembuluh darah seperti stroke, penyakit jantung, serta menyebabkan naiknya kadar asam urat, dan juga lain sebagainya.

4. Minuman Dingin

Setelah kepanasan dan kehausan sepanjang hari, minum minuman yang dingin ketika tiba waktu buka memang terasa sangat menyegarkan. Namun ternyata kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa adalah kebiasaan yang sangat tidak sehat. Mengapa? karena bisa menyebabkan konstraksi pada lambung. Selain mengakibatkan lambung yang berkonstraksi, meminum minuman dingin juga bisa memberikan efek kenyang berlebih, sehingga tubuh pun jadi malas untuk makan makanan yang bergizi. Apabila tubuh kekurangan gizi, maka sudah bisa dipastikan keesokan hari tubuh kita tak fit untuk puasa.

5. Minuman Bersoda

Selain minum minuman dingin, minuman bersoda juga sangat menggoda saat berbuka, akan tetapi minuman bersoda bisa menyebabkan ganguan pada perut. Gangguan pada perut itu bisa berakibat pada terganggunya sistem pencernaan tubuh. Hal itu dikarenakan air soda sangat mudah menyerap air, itulah mengapa meskipun kita banyak minuman bersoda, tubuh kita tidak akan merasa kenyang dan juga tidak akan meredakan rasa haus. Dengan meminum minuman bersoda yang ada justru kita akan menjadi lebih mudah merasakan haus.

Demikianlah jenis-jenis makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat berbuka puasa. Lebih baik kita memperbanyak makan buah dan juga sayur segar. Aneka buah-buahan segar bisa kita konsumsi langsung dengan hanya dipotong-potong saja sebagai menu buka puasa yang nikmat. Bisa juga membuat salad buah dan sayuran segar untuk menu makan kita. Selain rasanya segar, kaya serat dan aman kolesterol. Selain dijadikanbuah potong dan untuk salad, kita bisa mengeksplor kreatifitas kita dalam mengolah aneka resep dan masakan dengan berbekal bahan-bahan segar tersebut.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa

0 comments:

Post a Comment