Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Jitu Untuk Menambah Berat Badan

Tubuh yang ideal adalah tubuh yang antara proporsi tubuh dengan berat badan itu ideal, proporsional dan tak berlebihan gemuknya, maupun kurusnya. Sekalipun banyak orang yang inginkan tubuh yang kurus, akan tetapi kurus kering kerontang sama sekali tidak menarik. Nah, bagaimana bila anda tak memiliki tubuh yang ideal? anda terlalu kurus? segera naikkan berat badan anda dengan aneka macam cara di bawah ini, dijamin anda bisa menaikkan berat badan dengan aman.

- Tingkatkan interval makan dalam satu hari

Orang yang tubuhnya kurus  perlu makan dengan interval lebih sering dalam satu hari untuk meningkatkan berat badannya. Percayalah bahwa cara ini akan membantu Anda yang kesulitan menambah porsi makan. Tentu saja anda juga harus menetapkan juga jadwal dan interval makan yang paling cocok karena kondisi fisik setiap orang berbeda. Jika anda sudah menemukannya, maka jalani secara disiplin dan teratur sehingga anda bisa mendapatkan berat badan idaman anda. Jangan pernah upa untuk menyiapkan juga cemilan sehat berkalori tinggi seperti kacang-kacangan, atau bisa juga selai kacang, aneka buah-buahan kering, boleh juga keju, dan juga mengemil alpukat. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan susu rendah lemak atau jus. Setelah itu jangan lupa memberi jeda untuk minum 30 menit sebelum atau sesudah makan, karena jika anda minum saat makan justru akan membuat Anda cepat kenyang.

- Perbanyak asupan lemak sehat
Untuk memiliki berat badan yang cukup maka anda itu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, namun jika ingin memiliki tubuh lebih berisi bukan berarti Anda bebas makan makanan berlemak begitu saja. Karena nantinya bukan hanya lemak yang Anda timbun, akan tetapi akan ada penyakit yang menyertainya. Maka dari itu pilihlah lemak sehat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Contoh lemak semacam ini terkandung dalam makanan seperti kacang-kacangan, terkandung juga dalam minyak zaitun, dan si lembut alpukat. Selalu ingat untuk menjauhi lemak jenuh atau jahat yang ada dalam makanan olahan seperti gorengan, konsumsi terlalu banyak es krim, dan juga makanan siap saji.

- Perbanyak konsumsi protein
 
Selain lemak, kandungan protein juga diperlukan untuk meningkatkan massa otot sehingga berat badan bertambah. Selain itu protein juga merupakan salah satu zat pembentuk sel-sel otot, membantu pertumbuhan tulang, juga kulit, serta rambut, dan juga tentu saja darah. Kemudian cobalah untuk menambah konsumsi protein dalam diet Anda dengan mengonsumsi makanan seperti daging, konsumsi keju, meminum susu, mengkonsumsi ikan, dan juga telur. Lantas bagaimana jika anda adalah vegetarian? Bagi Anda yang vegetarian, jangan khawatir karena protein juga dapat ditemukan dalam produk kedelai seperti tahu dan tempe, dan juga aneka macam polong-polongan.

 
- Pilih makanan berkarbohidrat kompleks

Selain lemak dan protein, jangan lupakan karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat diperlukan untuk membentuk otot dan menunjang fungsi penting organ-organ tubuh. Maka dari itu pilihlah karbohidrat kompleks yang bisa didapatkan dari gandum utuh, beras merah, ubi, dan oat. Namun kurangi sumber karbohidrat sederhana seperti nasi putih, aneka kue, konsumsi gula pasir berlebihan, dan juga mengemil aneka permen karena kemungkinan besar akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak jahat. Apabila mengkonsumsi berlebihan, maka risiko terkena diabetes bahkan bisa meningkat.

- Makan di malam hari
 
Apabila bagi mereka yang tengah menurunkan berat badan mengemil itu adalah larangan keras, maka seperti yang dikatakan oleh salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang makan cemilan setelah pukul 8 malam akan memiliki indeks massa tubuh yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak. Padahal sesungguhnya total kalori harian yang mereka konsumsi tidak jauh berbeda. Tak ada faktor pasti yang diketahui mempengaruhi hal ini akan tetapi waktu diduga menjadi salah satu variabel yang paling relevan. Sekalipun seperti itu Anda tidak disarankan untuk langsung tidur setelah makan karena lemak jahat akan lebih mudah tertimbun dan tidur setelah makan juga dapat meningkatkan kadar asam lambung, juga bisa menimbulkan rasa panas di dada dan tenggorokan, hal terburuk yang bisa datang adalah meningkatkan risiko terkena stroke.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Jitu Untuk Menambah Berat Badan

0 comments:

Post a Comment