Cara Menurunkan Berat Badan

Sebelum Diet Kenali Tipe Darah Anda!

Sebelum membahas masalah diet untuk menurunkan berat badan, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tipe atau golongan darah manusia. Setiap manusia memiliki tipe darah yang berbeda-beda, dan tipe darah tersebut merupakan kunci yang membuka pintu ke misteri kesehatan, aneka anti penyakit, rahasia umur panjang, kekuatan vitalitas fisik, dan juga kekuatan emosional. Menurut penelitian medis golongan darah manusia menentukan tingkat kerentanan seseorang terhadap  penyakit, jenis makanan apa yang harus Anda makan, dan juga tentu saja bagaimana Anda harus  berolahraga.
 
Dikutip dari buku hasil buah pikiran Peter J. D’Adamo dalam bukunya tentang diet golongan darah yang terkenal dan sangat populer, “Eat Right for Your Type” , bahwasanya manusia adalah satu-satunya spesies di planet ini yang harus makan sesuai dengan golongan darahnya. Serta  Peter J.D inilah yang memperkenalkan diet berdasarkan golongan darah.

Adamo seorang ahli naturapatis dari Amerika Serikat pada tahun 1996. Apakah ahli naturapatis? ahli ini memang kurang familiar di telinga masyarakat awam, karena ahli naturapatis tidak umum digunakan, padahal jenis pengobatannya sudah familiar. Ahli naturapatis adalah seorang ahli yang bergerak dalam bidang pengobatan atau terapi yang menggunakan bahan alami, yang digunakan untuk pengobatannya adalah ekstrak dari bahan-bahan alami atau pengobatan secara herbal. Di zaman modern ini, menjadi rahasia umum jika makin banyak orang yang tidak peduli terhadap kesehatan tubuhnya. Kebanyakan orang saat ini terlalu banyak makan makanan  fast food dan juga makanan serba instan inilah yang menjadi biang masalah penyakit.

Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan gaya hidup yang kurang sehat, akhirnya banyak masyarakat modern yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Karena sudah merasakan susahnya tubuh berbobot di atas rata-rata akhirnya memutuskan juga untuk berolahraga, dan banyak orang yang jika sudah merasa kelebihan berat badan mencoba untuk melakukan diet. Akan tetapi, mengingat dengan jenis-jenis tipe darah yang berbeda serta aneka pantangan makanannya, anda harus berhati-hati memilih aneka makanan untuk berdiet. Berkaitan dengan hal ini, sebelum melakukan diet apakah semua orang yang mencoba melakukan diet sesungguhnya benar-benar mengerti pola diet yang benar dan sesuai dengan tubuh manusia? 



Hal inilah yang menjadi  sebabnya mengapa  pola diet yang diterapkan oleh seseorang ternyata belum tentu berhasil jika diterapkan pada orang lain. Ternyata, makanan yang anda makan sehari-hari  belum tentu semuanya cocok dengan golongan darah anda, jangan heran juga jika anda yang memiliki golongan darah sama dan tak mengetahui pantangan makanan apa yang tak boleh dikonsumsi, maka akan mengidap penyakit yang tak jauh berbeda. Namun apabila anda mengetahui makanan apa saja yang menjadi pantangan bagi type darah yang anda miliki, maka aneka macam penyakit bisa dihalau alias dicegah.

Pertama diet untuk golongan darah O. Anda wajib untuk mengkonsumsi banyak sayuran hijau,  juga makanan dengan kadar protein hewani yang tinggi, dan juga seafood adalah beberapa jenis makanan yang termasuk kategori sangat baik untuk dikonsumsi. Akan tetapi hindarilah sayuran seperti misalnya terong, juga kentang, jenis-jenis jamur, dan juga tauge atau jenis sayuran yang mengandung banyak lektin.

Bagi anda dengan golongan darah B, Konsumsilah aneka ikan laut, silahkan konsumsi olahan susu seperti keju dan yoghurt, perbanyak brokoli, juga wortel, dan terong karena akan sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Akan tetapi  hindari terlalu sering mengkonsumsi olahan daging ayam, atau daging bebek, jangan terlalu banyak kacang tanah, jangan terlalu sering menyantap olahan gandum, atau alpukat, bahkan jagung serta belimbing, buah pir dan air soda karena dapat memperbesar risiko penggumpalan darah dan serangan jantung.

Anda yang memiliki golongan darah A, lebih cocok untuk menjadi vegetarian. Namun  golongan darah A masih diperbolehkan mengkonsumsi ikan tuna, boleh mengkonsumi telur dan roti gandum, menyantap kurma dan juga daging ayam karena sifatnya yang netral atau cenderung tidak punya pengaruh signifikan terhadap tubuh.

Orang dengan golongan darah AB dapat menyesuaikan diri dengan berbagai makanan. Anda yang memiliki golongan darah AB jauh lebih mudah daripada orang dengan golongan darah lain. Mengkonsumsi daging dan sayuran yang berimbang akan berdampak sangat baik bagi golongan darah AB ini. Jika ingin meningkatkan kekebalan tubuh, dianjurkan untuk perbanyak konsumsi susu kambing, ikan tuna, krim asam rendah kalori, dan buah anggur merah.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebelum Diet Kenali Tipe Darah Anda!

0 comments:

Post a Comment