Cara Menurunkan Berat Badan

Menu Makanan Sehat Untuk Bayi 16 Bulan

Memiliki buah hati adalah penyempurna kehidupan, menyempurnakan seorang perempuan dan juga menyempurnakan hidup. Mengamati tumbuh kembang di kecil menjadi pengalaman tak terlupakan yang akan diingat sepanjang masa. Selain itu masa-masa pemberian makanan pendamping asi pertamanya juga menjadi salah satu hal serius yang harus mendapatkan perhatian khusus bagi anda. Nutrisi yang dibutuhkan oleh anak usia 16 bulan diantaranya adalah dengan pemberian makanan padat yang mengandung gizi yang seimbang. Apalagi pada umur 16 bulan, seorang anak sudah dapat bisa menunjukan keinginan atau cita rasa sesuai dengan kesukaannya. Anda sebagai ibu harus sigap dan mengingat makanan apa saja yang disukai oleh si kecil agar bisa rajin-rajin menyajikannya untuk membuat si kecil doyan makan.

Jika anda amati nafsu makan anak pada usia 16 bulan, perhatikanlah pertumbuhan dan perkembangannya. Apakah nafsu makannya cukup berimbang dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya? Tak apa jika anak anda susah makan, cara untuk mensiasatinya adalah dengan memberikan porsi kecil tapi lebih sering, contohnya adalah memberikan makan besar sehari tiga kali yang dikombinasikan dengan memberikan snack dua hingga tiga kali pada menjelang siang dan juga saat menjelang makan malam. Berikan susu tinggi lemak, karena pada usia-usianya membutuhkan begitu banyak nutrisi untuk mendukung perkembangannya. Jangan berikan minuman bersoda karena bisa merusak lambungnya.

Sedangkan untuk makanan , tak perlu mewaspadai jenis-jenis makanan tertentu hanya saja setiap annggota keluarga memiliki riwayat alergi yang berbeda. Anda tetap saja harus melihat setiap reaksi yang muncul setiap kali anda memberikan jenis-jenis makanan dengan resiko alergi. Terlebih saat ada anggota keluarga yang memiliki alergi khusus, ada kemungkinan buah hati anda juga ikut memiliki kemungkinan alergi, sehingga membutuhkan perhatian khusus untuk beberapa jenis makanan tertentu untuk menghindari bahaya lanjutan dari alergi tersebut.

Seperti apakah menu-menu untuk bayi di usia 16 bulan? sudah tentu anda akan sedikit dibuat kebingungan, karena bagi bayi umur 16 bulan, belum terlalu banyak jenis bahan makanan yang bisa disantap. Anda sebagai ibu harus benar-benar cerdas memilih dan memilah bahan makanan mana yang cocok untuk si kecil.

Berikut di bawah ini ada dua menu masakan yang bisa anda coba, terbagi menjadi dua jenis. Yakni hidangan utama, omelette bayam dan snacknya atau makanan cemilannya adalah puding pisang. Cara membuatnya juga sangatlah mudah, tak perlu menghabiskan banyak waktu di dapur karena menu di bawah sangat mudah, cepat dan praktis.



Hidangan Utama :

Omelette Bayam

Anda bisa mencoba omelette bayam dapat menjadi hidangan utama bagi si kecil yang tengah beljar makan, memilih omelette bayam sangat tepat karena kandungan protein dari telur dan serat yang terkandung di dalam baycepatam yang akan melengkapi kebutuhan gizi anak anda. Yuk disimak resepnya di bawah ini :

Bahan-bahan untuk membuat omellette bayam :
1 butir telur ayam
2 lembar keju cheddar, kemudian iris tipis
1 genggam bayam yang sudah dicuci bersih, iris kasar
50 ml susu cair
1 sendok makan mentega

Cara Membuat

1.Langkah untuk membuatnya sangat mudah, hanya tinggal campurkan semua bahan dan juga kocok hingga rata betul.
2. Lelehkan margarin dalam wajan datar, tuang adonan omelette dengan menggunakan api sedang. Masak hingga matang kemudian sajikan.

Menu makanan ini dapat menjadi alternatif untuk ibu yang akan memberikan menu tambahan  dengan bahan sayuran. Dengan adanya bayam sebagai bahan utama dari menu ini, maka anda bisa membuat si kecil menyantap sayuran tanpa perlu dipaksa. Selain menu di atas, anda juga bisa mengkreasikan bayam dengan resep lain, atau sayuran lainnya. Anda harus mengkreasikan aneka sayuran dan daging untuk membuat si kecil doyan mengkonsumsi makanan sehat buatan anda.

Snack :

Memberikan snack atau cemilan untuk si kecil bisa menjadi pilihan yang cukup membingungkan, terlebih apabila kita tak tahu penganan apa saja yang boleh diberikan pada si kecil. Jika anda masih kebingungan, resep puding di bawah ini bisa anda coba sajikan untuk si buah hati. Berbahan pisang ambon yang kaya manfaat, dijamin si kecil lahap saat menyantapnya.

Bahan-Bahan :

3 buah pisang ambon yang dikeruk halus

1 bungkus agar-agar pilih yang berwarna putih
750 ml susu cair
250 ml krim kental
2 butir telur ayam kemudian kocok lepas

Cara Membuatnya :
1. Langkah pertama untuk membuat puding ini adalah dengan mencampur semua bahan, kecuali telur. Didihkan, jangan sampai pecah.
2. Setelah mendidih, angkat larutan puding dan tuangkan ke dalam kocokan telur ayam , lantas aduk hingga rata.
3. Tuangkan kembali ke dalam cetakan, lalu biarkan membeku dan mengeras. Setelah beku dan cukup keras untuk dikeluarkan dari dalam cetakan, siapkan piring saji dan tuangkan susu cair di atas puding. Siap disajikan.




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menu Makanan Sehat Untuk Bayi 16 Bulan

0 comments:

Post a Comment