Cara Menurunkan Berat Badan

Makanan Sehat Bagi Penderita Sakit Jantung

Zaman semakin modern dan semakin canggih, akan tetapi aneka macam penyakit yang muncul menjadi semakin komplek dan semakin sulit untuk diobati. Maka dari itu kita harus pandai-pandai menghindari berbagai macam kemungkinan yang bisa membuat kita mendapatkan aneka penyakit tersebut. Penyakit kronis yang biasa didapati dewasa ini adalah penyakit jantung, dan untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu bagi anda yang terlanjur mengidap penyakit tersebut, berikut adalah beberapa makanan untuk penyakit jantung koroner

Yang disebut dengan penyakit jantung koroner adalah penyumbatan koroner atau pembuluh darah koroner atau pembuluh besar tersumbat sementara dan biasanya menyebabkan sakit yang hebat walaupun hanya sebentar saja. Jenis penyakit yang satu ini dapat dicegah dengang melakukan pola hidup sehat, misalnya seperti berhenti merokok, berusaha untuk menghindari stress dan juga selalu memakan makanan sehat. Beberapa jenis makanan untuk penyakit jantung koroner adalah di bawah ini :

   - Makanan yang mengandung asam folat seperti sari jeruk , brokoli , kacang merah , dan juga bayam.

   - Makanan yang banyak mengandung vitamin B6 dan vitamin E seperti pisang , daging ayam tanpa lemak , alpukat , beras merah , gandum , kacang-kacangan , dan juga minyak sayur.

   - Makanan yang banyak mengandung beta karoten, lycopene dan juga kaya serat. Karena mampu mengurangi kadar kolesterol dan juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung koroner, misalnya saja seperti wortel, tomat, dan juga sayuran hijau.

   - Makanan yang banyak mengandung flavonoid yang dapat diperoleh dari buah anggur, apel, bawang dan juga teh.

  -  Makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah seperti ikan tuna, ikan sarden, ikan makarel, atau lemusu.



Apabila Anda adalah seorang penderita jantung koroner, maka selalu perhatikan makanan Anda agar memakan makanan dengan asupan lemak hanya 30 persen saja dari total kalori. Sementara itu untuk karbohidrat, selalu usahakan agar memenuhi 50 persen hinga 60 persen dari total asupan kalori.

Selain jantung koroner, ada juga penyakit jantung lainnya yakni jantung bengkak dan ragam makanan untuk penyakit jantung bengkak adalah seperti yang dijelaskan di bawah ini :

Jika ada yang masih belum paham betul mengenai penyakit yang satu ini, ada baiknya adnda membaca artikel ini hingga selesai. Pembengkakan pada jantung merupakan bagian dari penyakit jantung. Jarangnya melakukan olahraga bisa mengakibatkan pembengkakan jantung, selain itu bisa juga karena mengalami kelainan jantung sejak lahir, atau juga memiliki otot jantung yang lemah, serta karena adanya tekanan darah yang tinggi, atau bisa juga karena rusaknya katup jantung. Untuk melakukan pencegahan pada penyakit ini adalah dengan berolah raga guna melatih otot jantung dan memakan beberapa makanan untuk penyakit jantung bengkak. Jenis-jenis akanan tersebut diantaranya adalah :

-     Tomat merupakan antioksidan dalam tubuh sehingga racun dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

-   Bawang putih yang diyakini dapat meredakan nyeri jantung di awal dan juga meningkatkan kesehatan fungsi organ jantung secara keseluruhan.

-    Kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah yang berfungsi untuk sebagai alat untuk meminimalisir pembesaran pada otot jantung dan menjaga kesehatan jantung.

Jika ada makanan yang diharuskan untuk disantap maka sudah tentu ada makanan yang dipantang atau makanan yang terlarang. Makanan terlarang untuk penyakit jantung adalah seafood, aneka jenis daging berlemak, macam-macam jeroan, daging bebek dan juga menyantap yang mengandung kolesterol tinggi. Selain itu menghindari aneka macam makanan tersebut, usahakan juga untuk hidup seimbang antar bekerja, selalu berolahraga dan juga beristrahat.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan Sehat Bagi Penderita Sakit Jantung

0 comments:

Post a Comment