Cara Menurunkan Berat Badan

Jus Belimbing Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan pembunuh yang paling utama di negeri kita. Banyak diantara kita yang bahkan tak menyadari bahwa dirinya mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi. Nah, pernahkah anda mendengar manfaat buah belimbing untuk menurunkan darah tinggi? Ternyata kandungan vitamin , mineral , serat , dan beragam antioksidan di dalam belimbing berkhasiat bagi penderita hipertensi dan kolesterol tinggi. Namun ternyata dibalik manfaatnya yang berlimpah, nyatanya buah belimbing juga menyimpan efek buruk bagi penderita penyakit ginjal.

Menurut penelitian senyawa yang terkandung dalam buah belimbing dapat bertindak sebagai racun saraf pada orang dengan ginjal yang rusak, selain itu juga dapat menyebabkan kelemahan otot, menyebabkan kebingungan mental, terjadinya kejang-kejang (sawan), serta berbagai macam masalah jantung. Jika anda merupakan penderita penyakit ginjal, sebaiknya menghindari konsumsi belimbing yang berlebihan.

Buah yang satu ini dikenal juga dengan nama star fruit, atau juga bilimbi atau carambola. Buah yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional, di supermarket atau pun penjual buah di pinggir jalan. Akan tetapi mungkin anda belum pernah mendengar manfaat jus buah belimbing untuk menurunkan hipertensi. Maka dari itu khasiat olahan belimbing ini memang masih kalah populer dibandingkan jus alpukat atau bahkan jus jeruk manis.

Namun meskipun kurang populer dan cenderung sedikit orang yang tahu, sesungguhnya khasiat jus buah belimbing sangat mengagumkan bagi kesehatan. Yuk lihat saja kandungan gizinya mulai dari provitamin A, vitamin C, B1 dan B2 sampai beragam mineral penting seperti fosfor, kalsium, zat besi, kalium, serat, dan pektin. Sungguh luar biasa bukan?

Kandungan vitamin C dalam buah belimbing rentan mengalami degradasi (penurunan) apabila terkena panas atau udara dan angin, maka dari itu selalu simpan buah yang satu ini dalam ruangan yang cukup gelap. Selain itu jangan biasakan memakan belimbing bersisa, karena nanti sisanya akan mubazir. Inilah daftar manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh :

-    Dalam 100 gram bahan buah terkandung sekitar 29 mg vitamin C, fungsinya untuk menjaga daya taha tubuh, mengatasi infeksi pada mulut maupun tenggorokan.

-   Vitamin C juga baik bagi kecantikan wanita maupun lelaki karena mampu menghambat kemampuan senyawa radikal bebas merusak DNA pada kulit.
 
-    Belimbing juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi (hipertensi) berkat kandungan serat larut dan antioksidan di dalamnya.

-    Serat larut dalam belimbing juga berguna untuk mencegah penyakit stroke, mengatasi obesitas, dan memelihara kesehatan pencernaan.

-    140 mg kalium dalam 100 gram bahan buah bermanfaat kesehatan jantung, kekuatan tulang dan kontraksi otot.

-    Jika anda mengkonsumsi belimbing dengan madu, maka ramuan belimbing bisa mengobati penyakit kencing batu secara alami.

-    Buah yang satu ini juga berperan penting untuk mencegah beragam penyakit sekaligus menjaga kesehatan kulit berkat kandungan antioksidan berlimpah dalam buah belimbing.

-    Selain itu belimbing juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan terapi hipertensi dan terapi diabetes melitus atau menurunkan kadar gula darah.


Resep jus belimbing

Maka dari itu, bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi alangkah lebih baiknya anda mulai rutin mengkonsumsi jus belimbing sebagai upaya penurunan tekanan darah. Apabila anda bosan dengan jus belimbing yang begitu-begitu saja, maka anda bisa mencoba resep jus belimbing yang lain daripada yang lain di bawah ini :

Bahan-Bahan :

    500 gram belimbing matang
    1 buah jeruk manis
    2 sdm gula pasir
    500 ml air matang
    Es batu secukupnya

Cara Membuat :

    Cuci belimbing dengan air matang. Kupas sudut-sudut rusuknya, potong-potong dan buang biji-bijinya.
    Kupas jeruk manis, peras untuk mengambil sari dan pulpnya, buang bijinya.
    Potongan-potongan belimbing, perasan sari jeruk dan gula pasir ke dalam blender.
    Blender bersama air matang secukupnya.
    Tuang ke dalam gelas jus dengan es batu.
 
Bahan-bahan :

    50 gram semangka, buang bijinya
    50 gram bengkoang, kupas
    25 gram belimbing sayur, cuci bersih
    3/4 gelas air putih matang
    2 sdm sirup gula
    1/4 gelas susu kedelai (jika suka)
    Es batu secukupnya

Cara membuat jus :

    Potong-potong semua bahan buah. Masukkan ke dalam gelas blender.
    Tambahkan susu kedelai (bisa diganti sesuai selera), air matang dan sirup gula sebagai pemanis jus.
    Proses hingga halus, sajikan dengan potongan es batu.
 



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jus Belimbing Untuk Menurunkan Darah Tinggi

0 comments:

Post a Comment