Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menyusun Menu Sehat Untuk Bayi dan Anak

Memiliki buah hati adalah anugrah yang amat sangat tak terkira, anda bisa merasakan bangganya menjadi seorang ibu dna juga menyempurnakan diri anda sebagai seorang perempuan. Anda bisa menikmati momen demi momen dimana anda dan suami bersama membesarkan si buah hati dengan penuh cinta. Anda juga pasti akan dibuat bingung dengan cara menyusun menu sehat untuk bayi dan anak yang memang gampang-gampang susah. Akan tetapi hal itu dapat anda lakukan dengan mudah asalkan anda tahu prinsip-prinsip penting yang harus diterapkan dalam menyusun daftar makanan tersebut. Sebelum menyusun menu yang tepat, perlu anda ketahui batasan bayi dan anak adalah usia 1 tahun. Buah hati yang masih dalam usia 0 hingga 12 bulan masih digolongkan kedalam kelompok bayi, sementara itu setelah usia itu digolongkan ke dalam kelompok anak buah hati dalam usia anak sudah mampu mengkonsumsi makanan yang sama dengan orang dewasa ( tentu saja sebatas makanan yang hambar atau tidak terlalu banyak bumbu karena akan berbahaya bagi si kecil) yang di negara barat lebih popular dengan istilah “Table Food”.

Menyusun table food bagi buah hati tak hanya sebatas memilih milih aneka makanan saja, namun juga harus memperhitungkan asupan gizinya. Hal yang satu ini merupakan faktor kunci perkembangan sel-sel otak bayi. Anda sebagai ibu harus memastikan makanan yang anda masukkan ke dalam menu sehat adalah yang mengandung banyak kalsium untuk membantu menjaga kekebalan tubuh serta mencegah berkurangnya daya ingat serta gangguan jantung. Selain makanan yang mengandung kalsium. anda juga harus memasukkan pula makanan yang kaya akan zat besi agar terhindar dari anemia dan juga terhambatnya perkembangan otak.Susah-susah gampang ya? tapi emi si buah hati, apa sih yang tak bisa dilakukan? selama itu memberikian hasil yang baik tentunya para bunda akan melakukan hal tersebut, seperti repot-repot menyusun tabel makanan contohnya. Nah, perkembangan motorik dan kecerdasan yang optimal juga harus didukung bunda, caranya adalah dengan tercukupinya asupan protein, maka dari itu jangan sampai menghapus makanan berprotein dari daftar makanan sehat untuk bayi anda.

Saat anda tengah menyusun menu sehat untuk bayi dan anak, yakinkan dan pastikan bahwa anda selalu menyertakan variasi penyajian masakan, karena hal ini akan sangat membantu agar buah hati anda tidak bosan dan akhirnya makan dengan lahap. Sekalipun buah hati belum bisa berkomunikasi dengan bahasa selayaknya manusia pada umumnya, namun bayi sebenarnya tahu dan mereka bisa merasakan kebosanan terhadap makanan, begitu pula halnya pada makanan yang ia sukai dan tidak. Biasanya para bayi akan menunjukkan ketidak sukaannya dengan memuntahkan makanan, malas makan, menangis, atau bahkan mebalikkan mangkok berisi makanan yang telah anda sajikan untuknya. Anda tak perlu emosi dengan tingkah si kecil ini, namun anda harus peka, berarti ada hal yang tak si kecil sukai dari masakan yang anda berikan.

 

Lantas makanan sehat yang cocok untuk bayi itu apa saja? Secara garis besar, penyusunan menu sehat untuk bayi terdiri dari kelompok gandum, lalu kelompok nabati, kelompok buah-buahan, kelompok susu, kelompok daging serta kelompok lemak, minyak dan gula. Prinsip dasarnya yang paling penting adalah memilih makanan yang kaya serat serta rendah lemak dan kalori.

Setelah bayi anda melewati fase bayi dan mulai menginjak usia anak-anak, tak berarti kerepotan dan konsentrasi anda dalam menyajikan santapan untuk si kecil menjadi lebih enteng, karena dalam menyusun menu sehat untuk anak, anda harus sedikit bekerja keras. Berbeda dengan bayi yang pada umumnya masih mau memakan makanan yang anda berikan kendati mereka sudah bosan, pemberian makanan pada anak usia balita cukup sulit karena terkadang menolak jenis makanan tertentu dan bahkan tidak mau memakannya sama sekali dengan alasan kurang lezat, atau kurang manis dan juga kurang gurih.

Sekali lagi, anda tak boleh mengeluh dan tak boleh memaksa si kecil untuk menghabiskan makanan yang tak ia sukai, karena bisa bisa malah menimbulkan trauma psikis pada si kecil yang akhirnya hingga dewasa ia tak menyukai santapan tersebut. Cara mengakalinya sangat mudah, semua itu tergantung pada kecerdikan serta kreatifitas anda dalam membuat makanan. Anda bisa mengatasinya dengan membuat camilan yang bergizi, baik gurih maupun manis. Perbanyak referensi resep makanan untuk buah hati melalui internet dan aneka buku resep. Ini bisa diawali dengan mencampurkan potongan brokoli dan paprika ke dalam adonan menggoreng tempe selain itu anda juga bisa melakukan hal yang sama saat menggoreng ayam atau ikan.  Dengan memanfaatkan kreatifitas dan kemauan untuk mencukupi kebutuhan sayur si kecil, memiliki banyak manfaat, selain bermanfaat untuk membiasakan mereka makan sayur, nyatanya langkah ini juga bisa membuat mereka merasa senang dan tidak cepat bosan dengan menu sehat anda.

Ji8ka si kecil sudah mulai menginjak usia sekolah, maka anda bisa mencurahkan kreatifitas anda dengan membuatkan aneka jenis varias bento yang lucu dan menarik minat si kecil untuk menyantapnya. Anda bisa terus mencari aneka macam desain bento baru yang lucu dan imut untuk menghilangkan kejenuhan.. Asyik sekali bukan bisa mempersembahkan penganan spesial edngan gizi yang seimbang bagi si kecil kesayangan? Selamat berkreasi bunda!



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menyusun Menu Sehat Untuk Bayi dan Anak

0 comments:

Post a Comment