Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mencegah Nafsu Makan Untuk Diet



Berdiet tak hanya sekedar ucapan di mulut saja, karena berdiet itu perlu niat yang kuat dan tindakan nyata. Tindakan nyata dalam berdiet tak hanya mengurangi porsi makan dan memperbanyak makan serat, namun juga tentu saja berolahraga dan mengatur pola hidup sehat. Mengkonsumsi aneka macam makanan yang sehat barangkali bisa menjadi hal yang mudah bagi para pelaku diet, karena sangat mudah untuk mengatur pola makan yang sehat. Hanya tinggal menyediakan pasokan sayur dan buah untuk setidaknya tiga hari dan setiap tiga hari sekali berbelanja pasokan sayuran dan buah lagi untuk jadwal makan sehat tiga hari ke depan, begitu seterusnya. Namun yang sulit dari berdiet adalah olahraga dan juga mengatur pola hidup yang sehat.

Berolahraga harus memiliki semangat yang tinggi, jangan kalah dengan perasaan malas dan jangan merasa tenang untuk melewatkan program olahraga sekali dua kali, karena jika kita sekali saja melewatkan olahraga rutin kita, maka di lain kesempatan kita juga akan merasa sangat malas dan akhirnya kita melupakan kewajiban olahraga rutin kita. Rencana diet pun gagal sudah dan tubuh ideal langsing nan ramping tak bisa kita dapatkan. Jika sudah begitu siapa juga yang merasa sedih? Kita sendiri bukan? Maka dari itu jangan sampai kita membiarkan rencana penurunan berat badan kacau balau karena rasa malas yang mendera.



Bukan hanya rasa malas yang bisa membuat rencana penurunan berat badan kita kacau, namun juga karena ada nafsu makan yang tak bisa dikontrol. Nafsu makan yang tak terkontrol menjadi penghalang lain yang tak bisa kita tahan. Memangnya siapa yang bisa menahan rasa lapar? Rasa lapar bisa membuat kita hilang mood dan akhirnya membuat kita tak produktif lagi. Maka dari itu kita harus tahu bagaimana cara yang paling jitu untuk mencegah nafsu makan yang berlebihan.

Untuk menahan nafsu makan yang berlebihan diharuskan untuk mengetahui jam-jam lapar, usahakan sebelum jam tersebut tiba kita tidak memakan apapun selain cemilan sehat yang rendah kalori. Akan tetapi jauh lebih baik jika kita hanya minum air putih saja untuk memanipulasi rasa lapar. Saat waktu makan tiba, jangan makan banyak makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, boleh saja, asal seimbang dan kalau bisa perbanyak seratnya. Tak masalah juga jika kita lebih memilih untuk memakan aneka sayur kukus dan buah segar untuk mengganjal perut di masa masa waktu makan. Yang penting nutrisi kita terpenuhi dan akhirnya tubuh tetap sehat nan segar tapi berat badan terjaga dengan baik.

Apabila masih dikhawatirkan dengan nafsu makan yang belum bisa ditahan, kita bisa menggunakan metode pengalih perhatian. Carilah hobi atau kebiasaan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, sehingga mau tak mau konsentrasi kita akan terpusat pada hobi baru tersebut dan melupakan aneka macam makanan yang berseliweran di sekitar kita. Akan tetapi jangan sampai benar-benar melupakan makan ya? Karena bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan asupan makanan.

Lantas bagaimana jika ingin menggunakan aneka macam pil diet yang bisa membantu menahan nafsu makan? Apabila memang dirasa sangat perlu, maka kita boleh mengkonsumsinya dengan catatan disesuaikan dengan kondisi tubuh kita, jangan sampai berlebihan karena bisa mengakibatkan rasa malas makan dan akhirnya sama sekali tak berminat untuk makan, bisa mengakibatkan malnutrisi dan akhirnya berujung pada kematian. Namun apabila masih bisa diakali, jauh lebih baik jika kita mengkonsumsi makanan dengan serat yang tinggi sehingga rasa lapar bisa ditahan lebih lama. Kita juga bisa mencari aneka macam buah dan makanan lain yang bisa membuat nafsu makan kita berkurang. Yang paling penting di atas semuanya adalah kita mengetahui apakah tubuh kita memungkinkan untuk dibawa berdiet? Maka dari itu jauh lebih baik jika mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter, bisakah kita menjalankan diet untuk menurunkan berat badan? Dan tentu saja kita bisa menanyakan jenis diet apa yang cocok dengan kondisi kita saat ini.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mencegah Nafsu Makan Untuk Diet

0 comments:

Post a Comment