Cara Menurunkan Berat Badan

Aneka Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Bisa hamil dan melahirkan adalah ujian kesempurnaan sebagai seorang wanita, serang wanita akan merasa bahwa mereka berhasil menjadi sosok perempuan seutuhnya saat mereka diberi kepercayaan untuk hamil. Untuk hamil bukan sebuah hal yang mudah, terlebih kondisi tubuh setiap orang itu berbeda sehingga tiap ibu hamil harus benar-benar menjaga makanan mereka. Berikut adalah aneka macam makanan sehat untuk ibu yang tengah hamil muda.

Makanan Bersereal

Makanan sehat pertama dan utama untuk ibu hamil muda ini adalah makanan yang mengandung sereal atau yang memang sudah di olah khusus menjadi makanan bersereal, saat mengkonsumsi makanan sereal akan menghilangkan rasa mual anda ketika ingin makan, selain itu juga meningkatkan nafsu makan anda. Makanan dalam bentuk Sereal mengandung aneka mineral, misalnya vit B, menngandung karbohidrat, dan juga tentu saja mengandung kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bagi janin dalam kandungan anda.


Daging Tanpa Lemak

Ibu yang tengah hamil muda diharuskan untuk mengkonsumsi daging tanpa lemak, karena daging tanpa lemak menjadi sumber protein yang tinggi bagi anda serta tentu saja bagi janin anda, akan tetapi jangan mengkonsumsi daging yang di panaskan dengan menggunakan uap saja, serta saat anda membeli daging usahakan daging masih segar dan pastikan daging tersebut di pisahkan dari lemaknya. Selain daging sapi, anda bisa memilih daging ikan salmon karena  mengandung Omega -3 dan kandungan protein yang tinggi. Namun tetap saja anda harus membatasi konsumsinya hanya 12 ons saja dalam seminggu. Hal ini demi menghindari gejala merkury pada janin anda.

Mengkonsumsi Susu

Kandungan didalam susu bisa mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi, juga mampu memperbaiki jaringan yang rusak serta tentu saja membantu dalam pembentukan otot juga transportasi oksigen ke janin dalam kandungan, maka dari itu ibu hamil baik itu hamil muda maupun yang sudah mendekati masa kelahiran pun harus meminum susu. Sementara itu susu yang baik untuk ibu hamil adalah susu kedelai, mengapa harus susu kedelai? karena bisa mencukupi kebutuhan akan Vitamin D yang baik untuk ibu hamil muda serta mengurangi resiko alergi laktosa.

Kacang Kacangan

Mengapa ibu yang tengah hamil muda diharuskan untuk mengkonsumsi kacang? karena kacang sangat diperlukan untuk membangun system saraf pada bayi. Selain itu di dalam kacang mengandung asal folat dan vitain B yang baik untuk menjaga kesehtan wanita hamil muda. Jenis kacang yang disarankan untuk ibu hamil muda adalah berupa kacang hijau dan sejenisnya.

Makanan berupa Ubi jalar

Kebanyakan perempuan tak begitu suka dengan ubi manis, atau ubi jalar. Karena setelah mengkonsumsi ubi jalar biasanya gas di perut akan bertambah dan mau tak mau buang gas menjadi salah satu cara yang paling tepat. Akan tetapi ubi jalar tak akan mengganggu jika justru malah begitu berguna karena warna oranye dalam ubi jalar  terdiri dari karotenoid, yakni pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh manusia. Selain itu di dalam Ubi jalar sumber kandungan vitamin C, folat, dan serat. Ubi jalar dan juga kacang hijau memiliki kesamaan derajat dalam memperbaiki sel dalam tubuh dan juga tentunya sangat baik untuk menjadi menu makanan sehat untuk kaum  ibu hamil muda, tapi ingat jika yang berlebigan tak akan bagus hasilnya

Mengkonsumsi Telur

Seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward menganjurkan para ibu hamil untuk mengkonsumsi telur, dia pernah berkata “ bahwa telur adalah hal yang menakjubkan, dimana Anda mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dan itu hanya sekitar 90 kalori” Patut diketahui jika kandungan di dalam telur itu selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, nyatanya telur mengandung banyak protein kualitas yang rupanya sangat penting untuk kehamilan. “Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial, dan setiap sel terbuat dari protein,” jelas Ward lebih lanjut. “Plus, sebagai wanita hamil, Anda memiliki kebutuhan protein sendiri.” Maka telur merupakan makanan sehat untuk wanita hamil muda. Selain itu di dalam Telur juga terdapat kaya akan kolin, zat yang berfungsi untuk mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, selain itu telur juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Di dalam telur juga mengandung omega-3, yang berperan penting bagi otak dan pengembangan penglihatan.

Buah – Buahan

Mengkonsumsi buah buahan segar juga merupakan daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda. Buah yang mengandung Vitamin C seperti jeruk segar untuk membantu memerangi infeksi pada janin dan Rahim dan kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi Air dan Vitamin

Untuk menghilangkan rasa mual yang sering datang melanda, ibu hamil dianjurkan untuk meminum air mineral atau juga aneka sari buah yang segar. Selain itu mengkonsumsi vitamin juga penting untuk membantu kesehatan dimasa hamil muda, sebelumnya anda wajib meminta saran vitamin yang cocok untuk masa kehamilan anda pada dokter kandungan.


Mengkonsumsi Biji-bijian

Jangan anggap remeh aneka macam biji-bijian, karena beragam jenis biji-bijian mengandung serat dan nutrisi yang tinggi, termasuk vitamin E, selenium, dan fitonutrien – tanaman senyawa yang melindungi sel-sel anda selama hamil, contohnya adalah gandum. Anda juga boleh mengkonsumsi popcorn.

Mengkonsumsi sayur sayuran hijau

Apabila tadinya anda tak menyukai sayuran, maka saat anda hamil anda wajib untuk mengkonsumsinya. Karena aneka sayuran hijau mengandung zat besi yang mampu mencegah anemia serta meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Selain itu dalam sayuran hijau juga mengandung vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting untuk untuk kesehatan tubuh. Selain itu semua mengkonsumsi sayuran hijau segar juga dapat meningkatkan kesehatan penglihatan mata anda.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aneka Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

0 comments:

Post a Comment