Cara Menurunkan Berat Badan

Aneka makanan Penyebab Penuaan Dini

Penuaan dini adalah isu penting yang menjadi salah satu perhatian manusia modern. Bukan hanya menjadi isu sensitif bagi para perempuan, namun juga menjadi isu yang bisa membuat kep0ala pusing bagi para kaum lelaki. Menggunakan aneka macam hal; untuk mencegah penuaan dini menjadi salah satu pilihan yang paling digemari, akan tetapi kebanyakan hanya mencegah penuaan dini dengan menggunakan obat obatan dan sejenisnya. Padahal untuk mencegah penuaan dini yang paling manjur adalah dengan menggunakan metode diet makanan anti penuaan dini. Anda juga tentunya tahu makanan apa saja yang menjadi makanan yang bisa mencegah yang namanya penuaan dini, namun apakah Anda tahu ternyata makanan pun bisa menyebabkan penuaan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa mengakibatkan penuaan dini :

Makanan Mengandung Olestra atau lemak sintetis

tahukah anda jika Olestra adalah lemak sintetis yang tak menambah kandungan lemak, atau kalori, maupun menambah kandungan kolesterol pada sebuah produk pangan. Zat yang dinamakan Olestra biasanya digunakan untuk pembuatan makanan ringan tinggi lemak, misalnya adalah keripik kentang dengan label non fat dan lainnya sehingga kandungan kalorinya bisa lebih rendah. akan tetapi nyatanya label ‘non fat’ tidak menjamin makanan ini sehat.

Sayangnya, olestra membuang vitamin larut lemak seperti A, E, D, K, dan karotenoid yang bersifat antioksidan. Sehingga konsumsi olestra juga dapat menyebabkan seseorang tidak tertarik untuk makan makanan sepertí buah dan sayuran yang baik untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Jika anda ingin menghindari penuaan dini, sebaiknya mulai hati-hati mengkonsumsi aneka makanan dengan label rendah lemak.

Fast Food

Makanan yang satu ini menjadi pilihan bagi para pekerja yang memiliki waktu terbatas untuk memasak. Fast food atau Makanan cepat saji biasanya minim nutrisi dan tinggi kolesterol, juga kalori, tinggi garam, dan tentu saja tinggi kandungan  lemak. Selain itu, minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan cepat saji biasanya akan dipakai terus berulang ulang. Sesungguhnya  minyak yang dipakai secara berulang-ulang seperti ini mengandung lemak jenuh. Sementara itu minyak adalah radikal bebas dan bisa memicu kanker dan berbagai penyakit lain, dan jika kita ingin menetralkan radikal bebas perlu antioksidan. Apabila kita menggunakan antioksidan dipakaì untuk menetralisir makanan yang tidak baik, jangan heran bila akhirnya penggantian sel-sel terhambat. lnilah  mengapa fast food dikatakan makanan penyebab penuaan dini.

Daging yang Mengandung Nitrat

Tahukah anda jika Nitrat banyak ditemukan pada daging yang diawetkan seperti sosis dan bacon. Pedagang menggunakan zat ini karena fungsi nitrat sendiri adalah untuk mempertahankan warna daging agar tetap berwarna merah dan menjaga agar makanan tetap awet. Menggunakan nitrat sebenarnya tidak berbahaya akan tetapi nitrat ini dapat dikonversi menjadi nitrit ketika berada di dalam tubuh. Saat zat tersebut telah berada di dalam tubuh, nitrit akan membentuk nitrosamin dan nitrosamin adalah salah satu bahan kimia yang kuat dan dapat menyebabkan kanker. Apabila anda ingin lebih sehat, maka sebaiknya carilah daging organik atau daging yang dijual oleh peternak lokal yang tidak diberi nitrat.Akan tetapi jikalau memang terpaksa Anda harus makan makanan yang merigandung nitrat, dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. ini merupakan pencegahan terjadinya perubahan dan nitrit ke nitrosamin dalam perut.



Lemak Jenuh Produk Hewani

Lemak yang terdapat pada daging, kulit unggas dan segala jeroan yang mengandung lemak jenuh yang dapat nenyumbat pembuluh darah dan menyebabkan cardiac disease seperti jantung dan stroke. Makanan-makanan  ini juga dapat mengakibatkan obesitas dan penuaan dini. Anda harus jeli karna lemak jenuh hewan terdapat di mana-mana. Contohnya adalah daging babi dan sapi yang mengandung lemak, pada kulit ayam, pada keju, bahkan susu, dan krim merupakan beberapa produk pangan asal hewan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Karena itulah mengkonsumsi lemak jenuh beriebihan dapat memicu penyakit kardiovaskular dan kanker.

Minuman Beralkohol

Gaya hidup modern identik dengan makanan yang tak sehat dan juga minuman beralkohol. Konsumsi aikohol yang beriebihan telah terbukti dapat merusak fungsi hati dan pencernaan. Akhir-akhirnya sistem kekebalan tubuh pun tidak mampu melawan radikal bebas sehingga dapat mempercepat penuaan. Maka dari itu minum minuman beralkohol tidak akan membuat anda terlihat keren, yang ada anda malah mengalami penuaan dini.

Minuman Bersoda Minuman bersoda mengandung gula dan zat aditif yang cukup tinggi, seperti kafein, pewarna dan perasa buatannya. Minuman ringan ini dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Selain itu, minuman bersoda akan merusak sistem imun tubuh dan meningkatkan risiko penuaan dini akibat radikal bebas.

Kopi

Bagi anda yang hobi begadang, minuman yang satu ini pasti sudah tak asing. Namun perlu diketahui bahwa kafein memiliki kontribusi terbesar untuk meningkatkan hormon stres. Sementara itu hormon stress yang sangat kuat yaitu kortisol dapat menyumbang terhadap terjadinya proses penuaan dini. Selain itu kadar hormon kortisol yang tinggi akan menurunkan kinerja otot dan konsumsi Kafein yang berlebihan juga membuat kita gampang dehidrasi.

Mentega (Hydrogenated Fat)

Jenis produk olahan yang satu ini tentunya tak asing dalam kehidupan kita setiap hari. Hydrogenated fat adalah minyak sayur cair yang diubah menjadi lemak padat atau semipadat, sepertí margarin. Menggunakan margarin dapat membuat minyak tahan lebih lama dan menghasilkan tekstur yang diinginkan pada kue. Padahal jika anda tahu, lemak jenis ¡ni dapat menyebabkan penyakit jantung. Kandungan Hydrogenated fats banyak terkandung dalam snack dan kue.

Tiram Mentah dan Sushi

Memang ada beberapa jenis seafood yang bisa disantap langsung dan menyehatkan, akan tetapi seafood mentah dapat membawa bakteri mematikan penyebab penyakit serius atau kematian. Contohnya adalah tiram dan ikan, namun kedua bahan makanan ini menjadi makanan yang aman dan bernutrisi jika dimasak terlebih dahulu. Maka dari itu pastikan untuk memasak makanan laut dengan benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Makanan Beku

Makanan beku banyak dipilih karena awet dan praktis, hanya tinggal digoreng atau dipanaskan di microwave dan beres! Makanan beku seperti nugget biasanya menggunakan bahan bahan yang tidak baik bagi kesehatan. Makan beku itu sesungguhnya nutrisinya sedikit, dan tentu saja ditambahkan pengawet. Maka drai itu biasakan memakan makanan segar yang diolah dengan teknik yang menyehatkan.





loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Aneka makanan Penyebab Penuaan Dini

0 comments:

Post a Comment