Cara Menurunkan Berat Badan

Sakit Menstruasi dan Penanggulangannya

Setiap wanita yang sudah memasuki masa puber, tentunya akan mengalami masa-masa menstruasi. Menstruasi atau haid atau biasa dikenal juga sebagai datang bulan adalah sebuah perubahan fisiologis  di dalam tubuh seorang wanita, hal ini akan terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh adanya hormon reproduksi baik itu FSH-Estrogen ataupun LH-Progesteron. Periode menstruasi ini penting dalam hal reproduksi wanita. Pada manusia umumnya, hal ini selalu rutin terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai tiba menopause. Namun selain pada manusia, periode ini juga terjadi pada primata-primata besar, misalnya gorila. Sementara itu binatang-binatang menyusui lainnya hanya mengalami siklus estrus.

Siklus menstruasi pada wanita normal rata-rata terjadi sekitar 28 hari, Sekalipun hal ini berlaku untuk wanita pada umumnya, akan tetapi tidak semua wanita bisa memiliki siklus menstruasi yang sama karena terkadang siklus bisa terjadi setiap 21 hari sampai dengan 30 hari. Pada umumnya, menstruasi rata-rata terjadi kurang lebih 5 hari hingga satu minggu, akan tetapi kadang-kadang menstruasi juga bisa saja terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Apabila darah keluar lebih dari dua minggu atau kurang lebih 15 hari maka itu sudah termasuk darah penyakit dan harus diperiksakan ke dokter. Pada umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah sekitar 10mL hingga 80mL per harinya, akan tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per hari.



Saat mengalami siklus menstruasi, seorang wanita harus mengenakan pembalut yang tepat yang bisa menyerap semua cairan dengan baik. Berikut adalah cara-cara atau tips untuk memilih pembalut yang tepat :


  • Pilihlah pembalut yang sesuai dengan kebutuhan. Saat menstruasi tengah banyak-banyaknya, pilihlah pembalut yang tebal dan juga memiliki panjang yang lebih dari ukuran normal. Hal ini dimaksudkan untuk mennghindari kebocoran saat tubuh berbaring. Selain itu beberapa merk juga menyediakan pembalut yang bersayap perekat pada kanan dan kirinya, kedua sayap berperekat ini membantu pembalut melekat lebih sempurna pada celana dalam dan juga mencegah rembesan yang bisa menodai celana dalam. Namun saat cairan sudah sedikit, pilihlah pembalut yang lebih tipis dengan ukuran panjang yang normal.


  • Jika anda adalah seorang yang aktif dan banyak bergerak pilihlah pembalut yang nyaman saat dipakai dan juga tidak mudah mengerut. Lalu seperti apa pembalut yang nyaman untuk digunakan? yakni pembalut yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Apabila pembalut yang dipakai mudah mengerut saat digunakan, sudah tentu kebocoran akan rentan terjadi. Jika sudah tembus, maka anda tentu akan risih bukan?
  • Pilihlah pembalut yang memiliki daya serap tinggi. Tetapi pastikan bahwa pembalut yang berdaya serap tinggi itu permukaanya kering, pilih pembalut yang memiliki kelebihan permukaan yang kering. Karena kondisi permukaan pembalut yang kering memperkecil risiko terjadinya kelembapan dan juga iritasi.

Saat menstruasi, ada yang dinamakan sakit menstruasi. Apakah sakit menstruasi itu? Berikut ini adalah gejala-gejala yang bisa terjadi pada saat masa menstruasi :

Perut akan terasa sangat mulas, dan juga terasa sangat panas.
Terasa ingin buang air kecil terus tapi terasa nyeri saat buang air kecil.
Tubuh terasa tidak fit.
Demam.
Sakit kepala serta pusing.
Keputihan (normal).
Radang pada vagina atau sedikit bengkak kemerahan.
Gatal-gatal pada kulit.
Emosi yang meningkat.
Nyeri dan bengkak pada payudara.
Bau badan juga tidak sedap.
Suara sedikit berubah menjadi kurang menarik.
Muncul Jerawat-jerawat di wajah.

Lantas bagaimana cara menanggulangi sakit khas menstruasi ini?  Salah satu cara yang palign mudah untuk meredakan nyeri haid adalah dengan mengompres perut dengan air hangat. Kemudian saat menstruasi, normal jika rasa nyeri akibat kram menstruasi seringkali datang. Sakit menstruasi atau kram perut ini bisa hanya samar-samar atau bisa juga sangat nyeri. Kondisi yang dalam istilah medisnya disebut dysmenorrhea ini biasanya terjadi di perut bagian bawah dan untuk mengurangi nyeri saat haid, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan :

Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan membuat nyerinya semakin terasa. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.

Membuat ramuan jahe sendiri dan meminumnya saat masih hangat

Tempatkan handuk hangat di sekitar perut bagian bawah. sekalipun agak tak nyaman karena lembab, ini bisa membuat anda merasa lebih nyaman.

Meminum minuman yang mengandung kafein saat haid karena bisa memicu iritasi pada usus halus.

Minumlah teh beraroma mint dan lebih baik jika diminum saat masih hangat

Jangan anggap sepele berolahraga, lakukan peregangan setiap pagi. Karena berolahraga ringan bisa membuat tubuh lebih segar dan perut tak lagi sakit



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sakit Menstruasi dan Penanggulangannya

0 comments:

Post a Comment