Cara Menurunkan Berat Badan

Penyebab Penuaan Dini Pada Manusia Modern

Penuaan dini adalah isu yang tengah  marak belakangan ini, karena banyak sekali penyakit aneh yang muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya dan menjadi keriput serta tak enak dilihat. Kulit adalah salah satu harta penting untuk menunjang penampilan, apalagi bagi seorang perempuan. Namun sayangnya, karena gaya hidup yang tak sehat, penuaan dini menjadi momok menyeramkan yang menanti kaum perempuan modern.

Yuk ketahui apa saja penyebab penuaan dini!

1. Merokok

Mengapa merokok menjadi penyebab utama penuaan dini? dikarenakan rokok mengandung zat-zat di bawah ini :
 
a. Kandungan terbesar dalam rokok adalah Nikotin dan zat ini akan membuat sel-sel kulit kekurangan cairan sehingga kelembaban kulit jadi berkurang yang mengakibatkan kulit menjadi kusam, terlihat kering dan tentu saja kasar.

b. Rokok juga menurunkan kadar vitamin A pada kulit wajah yang sebenarnya berfungsi sebagai anti-oksidan, anti oksidan ini memiliki fungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.

c. Selain itu tembakau juga membuat kerusakan kolagen kulit sehingga elastisitas berkurang dan akhirnya kulit  kita menjadi lebih mudah berkerut.

d. Merokok itu mengurangi proses penyembuhan luka sehingga proses regenerasi kulit terganggu, akhirnya kulit sulit sembuh dan itu sangat mengganggu kecantikan penampilan seseorang.

g. Ketika seseorang merokok, paparan panas dari rokok yang menyala bisa merusak elastisitas kulit wajah tanpa disadari.

2. Alkohol

Apapun itu takboleh dikonsumsi atau dilakukan dengan berlebihan, begitu pula alkohol. Maka dari itu konsumsi alkohol yang berlebihan ( takarannya adalah lebih dari 1 gelas pada wanita dan lebih dari 2 gelas pada pria) bisa menyebabkan penurunan kondisi kulit. Seorang manusia dewasa yang minum alkohol berlebihan akan cenderung memiliki kebiasaan makan yang buruk sehingga akan menyebabkan buruknya asupan nutrisi kulit juga. Hasilnya? kulit kekurangan gizi dan akhirnya rusak.

 

3. Nutrisi yang buruk

Perhatikan selalu asupan nutrisi untuk tubuh, susun menu makanan yang seimbang, jangan sampai rendah serat, kekurangan vitamin- vitamin penting, rendah antioksidan dan asupan nutrisi yang tidak seimbang akan menyebabkan penurunan kondisi kulit. Setiap hari kulit memerlukan nutrisi untuk terus memperbarui sel dan melawan sinar matahari, mencegah kerusakan kulit karena polusi dan radikal bebas. Dengan adanya asupan nutrisi yang cukup, maka kulit mampu melakukan tugasnya dengan baik, tanpa nutrisi yang baik maka kulit akan tampak buruk. Karena itulah kondisi kulit seseorang banyak dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakannya setiap hari.

4. Paparan sinar matahari

Sinar matahari memang baik untuk kesehatan kulit, namun tak lebih dari jam sepuluh pagi, dan tentu saja harus di daerah yang jauh dari polusi udara. Matahari pegunungan dan daerah yang masih belum terjamah hingar bingar kota memiliki kualitas sinar matahari yang sangat baik untuk kulit. 
Namun terlalu banyak berada di bawah sinar matahari pun tak baik,  karena sekitar 80% penyebab penuaan dini pada kulit adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Untuk informasi anda, matahari mengandung sinar ultra violet dapat secara langsung menyebabkan kerusakan serat kolagen dan serat-serat elastis pada kulit. Maka dari itu biasakan mengenakan krim anti UV jika ingin beraktifitas di luar ruangan.

Selain merusak serat kolagen dalam tubuh, paparan sinar ultraviolet juga menyebabkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat merusak kolagen kulit. juga akan menyebabkan terjadinya pembentukan bercak-bercak pigmentasi pada kulit. Jangan salah, paparan sinar UV juga dapat menyebabkan menurunnya fungsi kekebalan kulit sehingga tidak dapat mengenali pertumbuhan sel-sel yang tidak normal yang dapat berkembang menjadi kanker kulit. Bahaya sekali bukan?

5. Polusi

Polusi menjadi salah satu penyebab penuaan dini yang mengkhawatirkan, karena seorang yang terbiasa berada di antara polusi kendaraan, sudah tentu kulitnya akan lebih cepat rusak.  Mengapa polusi bisa menjadi penyebab kerusakan kulit? kerna polusi yang berat dan parah  dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon bumi sehingga dapat menyebabkan peningkatan radiasi sinar ultraviolet B yang dapat menyebabkan kanker kulit. Seperti layaknya sinar UV, polusi juga mampu menyebabkan terjadinya pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kolagen kulit anda.

Jika tak ingin kulit kita terkena penuaan dini, maka lindungilah kulit dengan asupan nutrisi yang tepat untuk melawan polusi dan radikal bebas, selalu menghindari rokok dan jangan pernah meminum alkohol serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan. Selain itu kulit anda perlu dirawat dengan teliti sehingga setiap anda bisa menjalani pertambahan usia dengan anggun dan bersahaja.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Penuaan Dini Pada Manusia Modern

0 comments:

Post a Comment