Cara Menurunkan Berat Badan

Penyakit Maag dan Pengobatannya

Apakah anda pernah mengalami sakit di bagian perut dan pada lambung anda? rasa sakit ini tentu sangat tak nyaman dan anda akan terganggu dengan nyeri yang menusuk di bagian lambung, terasa kembung dan sama sekali tak nyaman walaupun diisi makanan. Terkadang sakit lambung akan membawa mual yang lebih mengganggu dari sekedar rasa nyeri, gejala seperti tulah yang disebut sebagai sakit maag. Penyakit maag adalah penyakit yang dimiliki oleh semua orang di seluruh dunia, dan penyakit maag dibagi menjadi dua jenis utama, yakni :

Gastritis Akut
Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh rasa panas, juga disertai dengan bengkak, rasa nyeri, serta gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung anda, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa saja. Penyakit Maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.

Gastritits Kronis
Lambung pada penderita penyakit maag kronis ada kemungkinan mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, serta bengkak, rasa nyeri, dan juga gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, bisa menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.



Jenis penyakit maag bisa dilihat berdasarkan dengan tingkat keparahan, macam-macam penyakit maag bisa dibedakan menjadi :

Maag ringan
Maag ringan masih tergolong tahap ringan, setiap orang biasanya memiliki maag ringan. Apabila dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.

Maag sedang
Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, juga terasa sakit dan mual yang menyakitkan.

Maag kronis
Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.

Kanker lambung
Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.


Gejala sakit maag antara lain adalah :


  • Sakit saat buang air besar
  • Mual dan muntah
  • Sering merasa lapar
  • Perut kembung
  • Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada
  • Sering bersendawa

Untuk diketahui, Maag memang bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh secara sepenuhnya, karena maag adalah penyakit yang dapat dengan mudah kambuh lagi apabila si penderita tidak makan teratur, atau bahkan saat terlalu banyak makan, atau juga bisa karena sebab-sebab yang lainnya. Yang biasa dilakukan untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Namun penyakit maag dapat di cegah, caranya yaitu dengan cara makan teratur, jangan  pernah berlebihan alias makan secukupnya, jangan lupa cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Jika anda ingin mengkonsumsi obat kimia untuk membantu penyembuhan sakit maag, maka anda bisa membeli obat maag di apotek atau datang ke dokter untuk mendapatkan obat yang lebih pas dengan kondisi tubuh anda. Biasanya obat-obatan untuk sakit maagdikonsumsi dua jam sebelum makan dan juga dikonsumsi dua jam sesudah makan, akan tetapi ada juga yang hanya memerlukan waktu setengah jam saja sebelum makan. Akan tetapi. memang lebih bagus obat maag dengan jangka waktu dua jam, karena tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan adalah untuk menetralisir asam lambung, mengapa demikian? karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan tentunya di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil. Apabila terkena asam sudah pasti akan terasa perih. Maka dari itu obat yang diminum dua jam sesudah makan memiliki tujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Setelah mengkonsumsi obat tersebut dua jam setelah makan, maka asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tentunya tidak akan melukai dinding lambung.

Aneka ragam macam obat yang biasanya digunakan antara lain adalah :

Antasida memiliki fungsinya untuk menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri
Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri, zat ini memiliki funfsi untuk menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori
Agen Cytoprotektif yakni zat yang memiliki fungsi untuk melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus
Obat anti sekretorik yakni zat yang bisa menekan sekresi asam
Pankreatin zat ini mampu membantu pencernaan lemak dalam tubuh, juga karbohidrat, serta protein dan juga bisa mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut yang kembung, terasa mual, dan juga sering mengeluarkan gas
Ranitidin, zat untuk mengobati tukak lambung



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyakit Maag dan Pengobatannya

0 comments:

Post a Comment