Cara Menurunkan Berat Badan

Kenapa Kulit Bersisik dan Pecah-Pecah?

Kulit pada permukaan kaki dan permukaan tangan memiliki ketebalan yang berbeda dengan kulit di bagian tubuh lainnya, akan tetapi karena perbedaan ketebalannya itu justru membuat kita harus memiliki waktu khusus untuk merawatnya. Jangan sampai kulit kita menjadi kasar dan akhirnya pecah-pecah karena kekeringan. Kulit kaki dan tangan yang kering bisa terjadi karena kurang moisturiser, biasanya terdapat pada lotion dan hand balm, akan tetapi bisa juga karena terlalu sering mandi. Apalagi jika air yang digunakan adalah air yang diberi zat-zat untuk menjernihkan air, maka kulit akan lebih kering dan konsekuensinya kulit tumit menjadi pecah-pecah dan tak nyaman dilihat. Namun pada kondisi lainnya, kondisi kulit bersisik dan tumit yang pecah-pecah ini mungkin bisa saja timbul karena ada faktor medis lainnya seperti :

Infeksi, misalnya saja seperti kusta atau HIV / AIDS
Penyakit kelenjar, contohnya terjadi pada masalah tiroid
Sarkoidosis
Penyakit Kanker
Penggunaan obat dengan jenis tertentu (asam nikotinat, cimetidine, dan clofazimine)

Lantas bagaimana caranya untuk menghilangkan kulit yang bersisik? sudah tentu anda para wanita tak suka jika kecantikan anda terganggu bukan? kulit yang bersisik adalah salah satu pengganggu kecantikan kaum wanita. Maka dari itu silahkan disimak 5 Cara Mengatasi Kulit Bersisik di bawah ini :



1. Selalu menggunakan pelembab

     Salah satu cara yang bisa mengatasi kulit bersisik adalah dengan menggunakan pelembab. Ada pelembab yang dibuat dengan zat-zat kimia dan juga aneka macam pelembab yang berbahan dasar herbal. Anda bisa saja menggunakan hand and body lotion yang berbahan kimia, mungkin efeknya akan terasa lebih cepat namun efek negatifnya mengintai anda. Bisa jadi suatu saat nanti anda malah mendapatkan kanker kulit karena produk dengan bahan kimia itu anda gunakan secara terus menerus. Berbeda halnya dengan aneka macam produk pelembab yang mengandung seratus persen herbal, efek negatifnya lebih sedikit dan sangat kecil kemungkinannya anda akan terkena efek negatifnya tersebut. Menggunakan aneka macam produk berbahan alami memang tak akan langsung cepat memberikan efek baik untuk kulit kita, akan tetapi sedikit demi sedikit dan harus telaten. Namun karena lambat laun itu perlahan struktur sel dan jaringan di bawah kulit akan ikut diperbaiki sehingga kecantikan kulit tanpa sisik dan pecah-pecah menjadi lebih sehat serta indah dilihat.

2. Selalu menjaga kelembaban kulit

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kulit bersisik terjadi karena pengaruh kulit yang kering dapat diatasi dengan menjaga kelembaban kulit. Kulit yang bersisik dan juga tumit yang pecah-pecah bisa dihindari jika anda disiplin dengan menghindari beberapa penyebab kulit kering seperti keseringan mandi terlalu lama, selalu menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia keras, terlalu sering mandi dengan air hangat dan lain sebagainya. Mandilah sewajarnya, gunakan sabun berbahan alami dan juga mengandung banyak moisturiser, atau gunakan sabun dengan bahan dasar susu. Susu dipercaya memiliki kandungan khusus dan alami yang bisa membuat kulit tetap halus nan lembut.

3. Konsultasikan pada dokter

     Kult bersisik yang persisten ataupun keseringan mengalami kulit bersisik, sebaiknya segera konsultasi ke dokter kulit karena mungkin hal ini karena pengaruh gangguan kesehatan lain yang menyertainya. Jangan sampai anda terlambat mengeahui penyakit yang anda derita karena malas mengkonsultasikan kelainan-kelainan yang terjadi pada tubuh anda sendiri.

4. Rawatlah kulit kering dan bersisik dengan bahan alami

     Percayakan perawatan kulit bersisik dan kering dengan menggunakan minyak zaitun, minyak zaitun memiliki kandungan alami yang bisa melembutkan, juga bisa menyehatkan kulit. Cara menggunakannya adalah teteskan minyak dan pijat dengan lembut dalam gerakan melingkar sehingga minyak bisa menembus kulit bagian dalam. Gunakan secara teratur, untuk perawatan awal gunakan setiap hari, setelah mulai terlihat hasilnya gunakan dua hari sekali atau sesuai kebutuhan.

5. Cukupi kebutuhan nutrisi kulit

     Seperti halnya organ dalam dan sekujur tubuh kita, kita juga mengeetahui jika kulit sangat membutuhkan beberapa nutrisi penting. Nutrisi utama untuk kesehatan kulit adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E dan beberapa unsur mineral penting lainnya. Vitamin-vitamin tersebut bisa didapatkan dari aneka macam buah, aneka sayuran segar dan juga bisa mengkonsumsi vitamin kulit berbahan alami.





loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenapa Kulit Bersisik dan Pecah-Pecah?

0 comments:

Post a Comment