Cara Menurunkan Berat Badan

Cegah Penuaan Dini! Kenali Kulit Anda!

Untuk menghindari penuaan dini, maka anda diwajibkan untuk mengetahui jenis-jenis kulit pada manusia. Baik itu laki-laki maupun perempuan, semuanya memiliki ketakutan yang sama dengan adanya penuaan dini. Selalu terlihat muda dan penuh semangat sudah tentu menjadi mimpi semua orang. Maka dari itu, untuk memberikan perawatan yang tepat untuk kulit anda dan menghindari penuaan dini.

 Jenis-jenis kulit dijelaskan seperti di bawah ini :

    Kulit Tipe Normal

    Seperti apakah kulit tipe normal itu? kulit yang normal memiliki karakteristik tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. sementara itu cirinya antara lain adalah :

·         Pori-pori tidak terlihat besar.

·         Termasuk kulit yang tidak sensitif

·         Kulit yang normal terlihat halus dan bebas minyak

Bagi anda yang memiliki kulit normal, tentunya harus mengetahui cara yang tepat untuk merawat kulit jenis normal, salah satunya adalah gunakan pembersih muka yang lembut. Setelah bersih, dinginkan kulit dengan memberikan toner yang menyegarkan. Terakhir dari jajaran perawatan kulit normal adalah oleskan pelembab dan pijat dengan jemari.

    Kulit Tipe Kombinasi

    Yang satu ini adalah jenis kulit yang biasa dimiliki oleh banyak orang, karena kulit dengan tipe kombinasi memiliki karakteristik kering atau normal di area tertentu namun sekaligus berminyak di area lainnya seperti area T (hidung, area kening, dan area pipi). Beberapa ciri dari orang yang memiliki tipikal kulit yang kombinasi ini adalah :

·         Pori-pori yang melebar

·         Komedo, baik itu komedi dengan kepala hitam ataupun putih

·         Kulit mengkilat karena minyak pada T area

Bila Anda memiliki tipe kulit kombinasi maka biasakan cuciwajah pada pagi hari dengan pembersih muka khusus. Karena itu carilah sabun cuci muka yang diperuntukkan khusus membersihkan kulit dan mencegah komedo. Kemudian waktu malam, biasakan untuk oleskan krim pembersih pada area yang kering untuk menyeimbangkan kelebihan minyak.

    Kulit Tipe Kering

Kulit kering bisa dikatakan jenis kulit yang membuat penampilan kurang menarik, karena mengering dan agak keriput serta mirip penuaan dini. Penyebab kulit tipe ini adalah beberapa faktor seperti genetik, hormon, bisa juga karena pengaruh sinar UV, terapi pengobatan juga bisa menyebabkan kulit yang kering dan juga lain-lainnya. Lantas seperti apa kulit kering tersebut? kulit yang kering bisa terlihat dari kulit yang pecah-pecah, kulit yang mengelupas, terasa gatal, atau juga terjadi inflamasi. Ciri-cirinya antara lain adalah :

·         Pori-pori kulit tidak terlihat karena kulit yang terlalu kering

·         Kulit kemerahan karena kurang cairan atau minyak dari lemak wajah

·         Tidak elastis

·         Garis kulit terlihat sangat jelas

Lantas bagaimana jika anda memiliki kulit yang kering? tenang saja karena kulit kering bisa diatasi dengan beberapa langkah; salah satunya adalah dengan mandi jangan terlalu lama dan jangan terlalu sering, selain itu gunakan sabun yang lembut di kulit, anda juga jangan menggosok kulit terlalu keras, dan jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan pelembut selesai mandi

    Kulit Tipe Berminyak

Tipe kulit yang satu ini membuat tak pede pemiliknya karena terlihat seperti seseorang yang tak rajin merawat kulit. Padahal secara umum, terjadinya kulit berminyak bisa disebabkan oleh usia puber, atau karena pengaruh hormon yang tidak seimbang, bisa juga diakibatkan oleh stress atau sering terpapar sinar matahari dan terlalu lembab. Ciri-cirinya yang biasa ditemukan antara lain adalah :

·         Pori-pori kulit yang membesar

·         Kulit mengkilat karena kelebihan minyak

·         Banyak komedo dan jerawat karena minyak membuat kotoran menempel di kulit muka

Merawat kulit yang berminyak itu mudah, caranya antara lain adalah jangan terlalu sering membersihkan wajah, juga jangan menggosok wajah jangan terlalu keras, selain itu juga  jangan memencet atau memecahkan jerawat karena bisa mengakibatkan infeksi.


    Kulit Tipe Sensitif

Kulit sensitif adalah kulit yang sangat rentan, karena kulit sensitif bisa alergi saat salah memilih sabun, atau bahkan karena hal-hal sepele lainnya. Ada beberapa alasan mengapa terjadi kulit sensitif, namun umumnya adalah akibat penggunaan produk kulit yang tidak cocok yang menyebabkan keringnya kulit, atau muncul ruam sehingga memudahkan munculnya gatal-gatal. Beberapa ciri untuk kulit sensitif adalah :

·         Kulit yang berwarna kemerahan karena iritasi

·         Gatal-gatal

·         Sensasi terbakar karena kulit yang mengelupas

·         Kering dan pecah

Sangat sulit mencari sabun pencuci muka yang benar-benar cocok untuk kulit sensitif, karena itu jangan mencuci wajah dengan sabun bila Anda memiliki kulit sensitif. Lebih baik jika anda menggunakan lotion pembersih ringan dengan kandungan hipoalergenik. Setelah itu jangan lupa aplikasikan pelembab untuk menguatkan kulit dan mencegah iritasi.

Kenali lebih dulu jenis kulit yang anda miliki, sehingga anda bisa mencari nutrisi yang paling tepat untuk mencegah terjadinya penuaan dini.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cegah Penuaan Dini! Kenali Kulit Anda!

0 comments:

Post a Comment