Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menyusun Menu Empat Sehat Lima Sempurna

Memiliki anak balita tentunya membuat kita harus menyiapkan makanan yang selalu seimbang vitamin dan gizinya. Tapi terkadang masihbanyak bunda yang kebingungan seperti apa makanan yang mencukupi empat sehat dan lima sempurna itu? untuk pengetahuan bunda, makanan yang baik itu adalah makanan yang telah memenuhi tri guna makanan. Penjelasannya yakni makanan sebagai sumber zat tenaga (karohidrat dan lemak), kedua sebagai zat pembangun (protein nabati dan hewani),  serta ketiga sebagai zat pengatur (vitamin dan mineral). Untuk lebih mudahnya lagimakanan yang baik adalah makanan yang beragam, bergizi, dan juga berimbang.

Untuk memenuhi kebutuhan makanan yang akan dikonsumsi seluruh keluargam harus memilih bahan makanan yang baik dan bebas zat kimia. Misalnya saja memilih sayuran organik saja yang bebas dari pestisida dan sejenisnya. Akan tetapi tentunya tidak hanya memilih makanan yang baik saja , namun juga ada hal lain juga perlu dipertimbangkan, misalnya seperti bagaimana menyusun menu seimbang. 



 Bagi bunda yang masih kebingungan untuk menyusun menu makanan seimbang, di bawah ini ada  hal-hal lain yang harus diperhatikan :


  • Menu makanan harus mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna, atau setidaknya menu makanan  harus terdiri dari makanan pokok, lalu lauk pauk, ditambah sayur mayur, lengkapi buah-buahan dan tentu saja susu sebagai penunjang.
  • Bunda juga harus menentukan bahan makanan seimbang dengan memperhatikan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan Angka Kecukupan Energi (AKE), selera, daya beli, dan keragaman pangan untuk menghindari kebosanan.
  • Setelah semua bahan siap, bunda harus memperhatikan cara pengolahan makanan. Misalnya adalah makanan jangan terlalu matang sehingga akan mengurangi bahkan menghilangkan zat gizi dari makanan tersebut. Selain itu perhatikan juga bahan-bahan pendukung lainnya seperti bahan penyedap makanan. Biasakan untuk tidak terlalu banyak menggunakannya. Selain itu sat mencuci bahan makanan (sayur dan buah-buahan) usahakan dengan cara yang benar, biasakan mencuci sebelum bahan makanan tersebut dipotong agar zat gizi yang terkandung didalamnya tidak berkurang.
  • Jika ingin menggunakan bahan makanan kalengan, maka selalu hati-hati dalam membeli dan menggunakan bahan makanan berkemasan, selalu biasakan untuk selalu memeriksa waktu kadaluarsa produk sebelum membeli atau menggunakannya.
  • Selalu perhatikan kebutuhan pangan untuk keluarga berdasarkan umur dan jenis kelamin. Karena masing-masing umur dan jenis kelamin memiliki kebutuhan pangan yang berbeda. Yang paling penting adalah  makanlah sesuai kebutuhan dan jangan berlebih-lebihan agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan. Karena  perut adalah1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, dan 1/3 lagi untuk bernafas.

Bagi bunda yang ingin melengkapi asupan makanan keluarganya tercinta, selalu sediakan madu di rumah ya! karena selain memiliki banyak sekali manfaat obat yang bisa menyembuhkan aneka macam penyakit, madu juga memiliki khasiat kecantikan praktis dan ekonomis lho! Berikut di bawah ini adalah beberapa kelebihan madu yang bisa bunda coba :

Merasa pencernaan terganggu? cobalah tuangkan 1-2 sendok teh madu ke dalam segelas air hangat, kemudian bundaminum setiap bangun tidur. Minuman hangat ini membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama untuk musim pancaroba. Disaat anggota keluarga bunda kena flu, yuk coba tuangkan air jeruk nipis ke dalam air hangat plus madu dan silahkan minum 2 kali sehari. Rasakan manfaatnya.

Untuk menghindari diabetes, maka gunakan madu asli sebagai pengganti gula untuk memaniskan teh atau jus bunda; selain bisa memberi sensasi rasa unik, rupanya madu asli bisa menambah khasiat gizi minuman bunda, misalnya sebagai penambah tenaga dan sumber antioksidan.

Indomnia? Cobalah aduk sesendok makan madu di dalam segelas susu putih hangat; resep sederhana ini adalah obat mujarab agar bisa tidur dengan mudah.

Kesal karena bibir yang kering-kering? coba campurkan 2 sendok teh madu dengan sesendok makan gula pasir atau gula coklat, jangan lupa untuk menambahkan setetes air jeruk nipis. Setelah itu campurkan sampai menjadi pasta kasar, kemudian gosokkan ke bibir untuk menghaluskan permukaan bibir dan menyingkirkan sel-sel kulit yang mati.

Bagaimana? banyak sekali bukan manfaat madu? Selain menyediakan menu empat sehat lima sempurna, selalu sediakan madu di rumah ya!



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyusun Menu Empat Sehat Lima Sempurna

0 comments:

Post a Comment