Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mencegah dan Mengobati Keputihan

Keputihan atau Fluor Albus adalah sekresi vaginal pada wanita. Pada dasarnya keputihan digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan juga keputihan abnormal (patologis). Penjelasan lebih lengkapnya untuk keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, keputihan bulanan ini biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Sementara keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi. Dan  biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar, apalagi jika sampai digaruk oleh si penderita. Penyebab keputihan ini antara lain bakteri, bisa juga virus, melalui jamur atau juga parasit. Keputihan harus diwaspadai karena infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sudah bisa dipastikan bahwa infeksi ini akan menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

Lantas bagaimana cara untuk mencegah terjadinya infeksi pada organ intim kita? lalu bagaimana pula cara untuk mengobati keputihan? Berikut di bawah ini adalah cara untuk mencegah keputihan dan juga cara untuk mengobati keputihan.



1. Gunakan Pembalut yang tepat

Sau buan sekali tentunya kaum wanita akan mengalami siklus bulanan yang rutin, dan teman akrab bagi wanita ketika sedang menstruasi, tak lain dan tak bukan adalah pembalut wanita. Pembalut merupakan cara simple yang sering digunakan untuk wanita yang sedang menstruasi agar mampu untuk menyerap cairan menstruasi dengan aman. Akan tetapi tahukah anda jika salah memilih pembalut justru bisa membuat anda mengalami keputihan. Maka dari itu pilihlah pembalut yang menggunakan bantalan berkualitas, lebih baik yang mengandung kandungan herbal . Serta yang paling penting adalah gantilah pembalut 4 jam sekali dalam sehari, atau sebanyak yang diperlukan, apalagi jika tengah banyak-banyaknya.

2. Usahakan menjaga kelembapan Miss.V

Menurut Dr. Adhi Bhakti Ginanjar, SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan menjaga kelembapan Mis.V merupakan pencegahan awal untuk menghindari keputihan. Tahukah anda jika tingkat keasaman yang baik untuk miss.V adalah 3,5 . Maka dari itu adanya perubahan warna dan bau yang tidak sedap bisa jadi disebabkan oleh tingkat keasaaman yang tinggi, apabila dibiarkan kemungkinan terjadi nyeri pada bagian kewanitaan. Sudah tentu itu akan mengakibatkan ketidak nyamanan saat beraktifitas, untuk menjaga kelembapan Miss.V  disarankan untuk tidak membersihkan vagina dengan menggunakan douching (obat semprot air) karena  mengganggu keseimbangan ph pada organ intim. Bukannya memberi manfaat lebih, penggunaan douche justru meningkatkan resiko iritasi.

3. Bersihkan Miss.V dengan tepat

Cara anda untuk membersihkan organ intim juga menjadi salah satu cara untuk menghindari keputihan, ketika membersihkan miss V usahakan dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus) hal ini dimaskudkan untuk menghindari kuman yang menempel di anus ke vagina.

4. Membersihkan Dengan Daun Sirih

Seperti yang telah dibahas di banyak artikel, daun sirih memiliki kandungan minyak terbang (batlephenol) dan kandungan kavinol yang memiliki kegunaan mematikan kuman, serta kandungan antioksidan dan anti jamur. Nenek moyang terdahulu telah menggunakan daun sirih untuk mengatasi keputihan. Cara yang tepat untuk memanfaatkan khasiat daun sirih adalah dengan mengambil 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci, setelah itu siapkan kurang lebih 2 liter air ke dalam panci dan rebus hingga mendidih, sesudah direbus dinginkan air rebusan tadi kemudian basuhkan ke seluruh organ bagian kewanitaan.

5. Memperbanyak Konsumsi bawang putih

Bawang putih tidak saja dikenal bahan penyedap masakan, akan tetapi diketahui memiliki khasiat kesehatan. Menurut penelitian bawang putih memiliki sifat anti bakteri, juga mengandung anti kulat,  serta anti virus yang memungkinkan mereka untuk menghambat perkembangan bakteri, juga untuk menghambat kulat (jamur), dan juga virus. Melalui penelitian juga menunjukan bahwa bawang putih memiliiki kekuatan antibakteri. Maka dari itu meningkatkan konsumsi bawang putih akan membantu anda mengatasi keputihan.

6. Hindari stress , olahraga teratur dan pola makan seimbang

Selalu hindari stress dan perbanyak olahraga, setidaknya lakukan olahraga satu minggu dua kali secara teratur . Selain itu konsumsi pula makanan yang sehat seperti susu ataupun yogurt karena dalam susu terdapat bakteri baik yang menjaga keseimbangan bakteri candida.

Demikian adalah cara-cara untuk mencegah dan mengobati keputihan pada wanita, semoga hal ini  bisa bermanfaat dan tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? akan tetapi bila infeksinya sudah cukup parah maka sebaiknya hubungi dokter. Karena keputihan yang akut bisa mengakibatkan kematian.





loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mencegah dan Mengobati Keputihan

0 comments:

Post a Comment