Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Banyak mitos beredar di masyarakat, bahwa bayi yang sehat itu adalah bayi yang lahir dengan berat badan yang besar. Padahal sesungguhnya bukan berat badan bayi saat ia masih dalam kandungan yang menjadi patokan, karena bayi yang terlalu besar di dalam perut akan mengakibatkan resiko besar bagi si ibu saat melahirkannya. Untuk diketahui, sesungguhnya yang penting dan memiliki peranan penting bagi kesehatan si kecil adalah, berapa kilogram berapa yang bisa dicapai si bayi setelah lahir, bukannya berapa berat badan si kecil saat dalam kandungan. Nah, bagi bunda yang ingin mengetahui berapa berat badan ideal bagi bayi, berikut adalah info mengenai berapa sih berat badan yang paling ideal untuk seorang bayi :

Bayi Usia 0 – 3 Bulan : Berat Badan
Bayi Usia 4-6 Bulan : Berat Badan : 6,3 – 7,4 kg ; Tinggi Badan : 62,5 – 66,0 cm
Bayi Usia 7-9 Bulan : Berat Badan : 8,0 – 8,9 kg ; Tinggi Badan : 67,5 – 70,5 cm
Bayi Usia 10-12 Bulan : Berat Badan : 9,3 – 9,9 kg ; Tinggi Badan: 72 – 74,5 cm

Selain info di atas bunda tentunya bisa menghitung sendiri berat badan ideal bayi bunda dengan menggunakan rumus yang telah disusun oleh WHO, seperti :

Untuk anak dibawah 12 bulan : BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bln) : 2 ) + 4
Untuk anak 1-10 thn : BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umur (thn)) + 8
Tapi hati-hati jika menghitung berat badan ideal bayi, seperti contoh :

Anak balita usia 2 tahun 10 bulan,berarti ditulis dengan n = 2,10 dan selanjutnya dikali dengan 2 (sebagaimana rumus 2n) jadi hasilnya adalah 4,20.



Lantas bagaimana jika putra dan putri bunda memiliki berat badan yang kurang? bunda tentu ingin buah hati memiliki berat badan yang sehat agar tumbuh kembangnya bisa terjamin bukan? maka dari itu, silahkan dibaca artikel ini sampai habis karena artikel ini akan membahas makanan apa saja yang bisa membuat bayi bunda gemuk sehat dan tumbuh dengan menggemaskan.

Makanan yang paling penting dan paling utama untuk buah hati bunda tentu saja adalah ASI atau air susu ibu. Maka dari itu, untuk menghasilkan ASI yang berkualitas tinggi bunda wajib mengkonsumsi makanan  yang menyehatkan terutama sekali makanan yang mengandung nilai protein dan nutrisi yang tinggi. Nah, tapi tidak berarti semua makanan yang sehat cocok untuk semua bunda, karena ada kalanya kondisi tubuh tak memungkinkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Konsultasikan makanan apa yang cocok untuk kondisi tubuh bunda pada dokter atau dokter anak, nanti bunda akan disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang sesuai dengan kondisi tubuh bunda saat itu.

Bagi bunda yang bekerja namun memiliki ASI berlimpah, tak ada salahnya memompa ASI dan menyimpannya dalam botol steril dalam freezer sehingga bayi bunda bisa meminumnya kapanpun mereka inginkan. Cara untuk memberikan ASI pompa itu juga sangat mudah, cukup menghangatkannya saja dan masukkan ke dalam dot bayi. Untuk memompa ASI memang cukup repot, apalagi jika harus memompa ASI di tempat kerja, tapi demi anak yang sehat kenapa tidak? Ada beberapa perlengkapan yang sangat wajib bunda persiapkan untuk memompa ASI dan mengawetkannya , yakni seperti botol penyimpanan ASI, alat pemanas atau warmer dan sterilizer, bisa juga menyiapkan ice gel, serta pompa ASI dan tentu saja Coolerbag. Sebelum dipompa yakinkan semua alat itu sudah tersedia sehingga Bunda tak perlu meninggalkan ASI yang telah dipompa terlalu lama karena mencari benda-benda tersebut.

Selain memberikan ASI eksklusif, menjemur bayi pada pagi hari juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan si kecil. Jemurlah bayi di bawah matahari pagi berkisar antara pukul 7 pagi hingga pukul 9 pagi. Selain cuaca belum begitu panas, hangat mataharinya penuh dengan vitamin yang berguna bagi buah hati kita serta  dapat meningkatkan nafsu makan buah hati . Jika nafsu makan bertambah, banyak meminum ASI berkualitas tentu saja program penaikkan berat badan dapat terlaksana dengan mudah.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

0 comments:

Post a Comment