Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Alami Untuk Menambah Nafsu Makan

Memiliki berat badan yang ideal adalah mimpi semua perempuan, apalagi bagi perempuan yang memiliki pekerjaan yang ada hubungannya dengan masyarakat luas. Menjaga penampilan agar terlihat selalu enak dilihat menjadi kewajiban utama jika ingin karirnya melesat tinggi dan mencapai titik sukses yang diidamkan.

Namun terkadang ada orang yang mengalami penurunan nafsu makan yang berlebih karena mengkonsumsi obat diet, salah memilih diet juga bisa menimbulkan merosotnya nafsu makan. Apabila nafsu makan merosot drastis, sudah tentu makan pun enggan dan berakibat berat badan semakin turun dengan drastis. Berat badan yang turun secara drastis tidak akan membawa pengaruh yang baik untuk tubuh kita. Karena bisa mengakibatkan kita mengalami kekurangan gizi dan bisa berakibat kematian.

Apabila anda telah kehilangan nafsu makan selama lebih dari dua minggu, sebaiknya anda mencoba untuk menambah asupan makanan yang kaya besi, mengandung magnesium dan juga kalium. Selain itu, perlu juga untuk  mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan C setiap hari. Kedua vitamin ini tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama dalam tubuh dan perlu diperbarui secara teratur.

Jika makan dalam porsi besar terasa memualkan, karena tak ada nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi lima hingga enam makanan porsi kecil. Mengapa harus porsi kecil? karena porsi kecil akan membuat Anda tidak terlalu bosan. Selain itu anda harus tetap memastikan jika makanan tersebut terdiri dari karbohidrat kompleks, contohnya mengkonsumsi  pasta, memakan roti, mengemil kentang, nasi dan juga mie. 



Pastikan Anda sarapan, seperti apapun keadaannya. Meskipun hanya sarapan smoothie atau sepotong buah seperti pisang. Sarapan dengan santapan yang kaya vitamin merupakan langkah awal yang baik dan menyediakan energi yang Anda perlukan untuk menghadapi hari.

Bolehkah memakan makanan yang kaya serat? Sekalipun makanan kaya serat merupakan bagian penting dari diet, namun ternyata makanan ini akan memicu perut kembung jika Anda sudah tidak makan secara teratur selama beberapa waktu. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan kaya serat dalam jumlah kecil hingga selera makan Anda membaik. Karena anda masih bisa mendapatkan serat yang mudah dicerna dari makanan seperti kentang dan sayuran akar atau umbi-umbian, pisang dan juga  nasi.

Hindari minumam bersoda dan bergula atau mengandung pemanis buatan, hindari terlalu sering meminum teh serta kopi. Selain itu anda juga harus menghindari makanan bergula dan makanan olahan. Karena makanan ini kurang nutrisi dan menekan selera makan.

Setelah anda memulihkan kembali nafsu makan anda yang merosot drastis anda bisa mulai memilih makanan-makanan yang bisa membantu anda untuk menaikkan berat badan. Namun anda harus tetap memastikan jika anda selalu memperhatikan kandungan gizi dan mineral  dari makanan yang akan kita santap. variasikan menu jika ingin selalu mengkonsumsi makanan dan minuman sehat tanpa rasa bosan.

Misalnya hari ini membuat sup dari sayuran, besoknya sayuran tersebut diolah menjadi makanan lain yang lebih menarik selera, Untuk hidup sehat dan memiliki berat badan yang seimbang memang tak bisa santai saja, makan makanan apa saja dan sebagainya. Ingin hidup sehat harus telaten dan harus kreatif, kreatif dalam mencari varian menu yang akan selalu meningkatkan nafsu makan anda. Apabila nafsu makan bertambah atau setidaknya stabil, maka anda bisa terhindar dari yang namanya berat badan yang menurun drastis dan akan tetap tampil bugar nan sehat.

Hal ini juga bisa diterapkan pada anak-anak yang susah makan dan akhirnya memiliki berat badan di bawah angka normal, perbanyak variasi menu dan memanipulasi bentuk sayuran agar si kecil tak ngeh jika ia tengah menyantap sayuran. Membuat sayuran menjadi biskuit, merekayasa buah-buahan menjadi cemilan segar dengan tammpilan lucu adalah cara-cara yang bisa ditempuh demi menciptakan selera makan yang baik untuk si kecil.




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Alami Untuk Menambah Nafsu Makan

0 comments:

Post a Comment