Cara Menurunkan Berat Badan

Aneka Macam Jus Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Masa paling rentan bagi seorang perempuan adalah masa-masa kehamilan, saat ia tengah hamil, kondisi tubuhnya berada dalam kondisi paling lemah dan sangat ringkih. Perlu banyak tambahan gizi, vitamin dan juga mineral. Jika pada saat lajang si ibu hanya mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin untuk dirinya saja, saat ia hamil secara otomatis ia harus mengkosumsi banyak sekali asupan gizi untuk menyiapkan rahim yang sehat bagi tempat tinggal si jabang bayi, juga harus memakan aneka makanan sehat yang bisa membuat si anak yang tengah dikandung bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.

Ibu hamil biasanya mengalami morning sickness atau sakit pagi hari yang biasanya muntah-muntah. Pada saat ia muntah, maka secara otomatis semua makanannya akan kembali dimuntahkan dan sedikit kemungkinan ia mendapat cukup asupan makanan. Ibu yang hamil butuh makanan yang rasanya segar, tak jarang ia lebih suka untuk makan makanan yang rasanya asam dan pedas. Akan tetapi ada pilihan makanan lain yang lebih pas untuk dicicipi oleh si ibu hamil, yakni jus.

Ada aneka macam jus yang bisa dicicipi oleh ibu hamil, beraneka macam jus bisa divariasikan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan gizi dan mineral bagi si ibu hamil. Akan tetapi jangan sembarangan meracik dan membuat jus bagi ibu hamil. maka dari itu silahkan dicoba tips di bawah ini :

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat jus yang baik dan cocok untuk dinikmati oleh ibu hamil :

Jangan malas untuk mencari sayur dan buah organik, jangan mengambil resiko untuk menggnakan buah dan sayur non organik, mengapa? Karena semua bahan buah dan sayuran organik bisa mengurangi resiko paparan racun dan berbagai zat kimia buruk lainnya akibat penggunaan pestisida.

Jika anda tak suka minum jus, bagaimanapun tetaplah untuk coba meminum olahan jus secara teratur,  hal ini bertujuan agar si ibu mendapatkan cukup nutrisi terkonsentrasi tanpa kelebihan kalori yang bisa mengakibatkan diabetes.

Walaupun detoks sangat penting untuk tubuh, namun saat anda tengah hamil lebih baik menghindari membuat jus untuk detoks , hanya untuk selama masa kehamilan. Mengapa? karena pada saat proses detoksifikasi, secara alami tubuh akan melepaskan racun ke dalam aliran darah untuk membuangnya. Nah, hal ini tidak baik untuk  kesehatan si janin karena membutuhkan energi tubuh yang berlebih.

Sering muntah? Sebaiknya sertakan jahe dalam resep jus buah anda, anda juga bisa menggunakan jahe dalam jus sayuran . Jahe sangat baik untuk mengatasi muntah dan mual yang berhubungan dengan gejala morning sickness yang biasa dialami ibu hamil muda.

Sekalipun lebih praktis dan lebih mudah lebih baik anda menghindari membeli jus dalam kemasan , baik itu dalam botol maupun dalam kemasan lainnya untuk mencegah resiko, misalnya kuman yang bisa saja terkandung di dalamnya. Jangan sepelekan hal ini! Selama masa kehamilan calon ibu memiliki sistem kekebalan tubuh yang amat sangat lemah sehingga jauh lebih mudah terserang penyakit.



Setelah tahu tips yang boleh dan tak boleh dilakukan saat membuat jus bagi ibu hamil, sekarang kita beralih ke buah-buahan dan sayur yang cocok untuk dijadikan jus bagi ibu hamil :

Bayam memang identik dengan lauk makan, dan bayam tidak memiliki cita rasa manis jika diolah menjadi jus sayur, tetapi percayalah jika bahan ini kaya akan vitamin serta zat besi. Untuk info anda, selain itu asam folat pada bayam bermanfaat untuk mencegah penyakit cacat tabung saraf (spina bifida) pada calon buah hati. Selain itu  jenis sayuran lainnya yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain mentimun, kubis cina, lobak, brokoli, selada serta wortel.

Jika anda memiliki kegemaran mengkonsumsi buh jeruk karena vitaminnya, namun jus buah jeruk sebaiknya tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah besar saat anda hamil. Meskipun kaya serat dan vitamin C, anda harus tahu jika jus jeruk mengandung zat asam tinggi yang tentunya beresiko mendorong kerusakan gigi dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan.

Sementara buah delima (pomegranate) diketahui mengandung sejumlah senyawa fitokimia, senyawa ini yang sudah terbukti baik bagi jantung anda. Selain itu delima mampu mengontrol tekanan darah anda, sudah tentu hal ini sangat bermanfaat untuk menghindarkan anda para wanita pada masa akhir kehamilan dari pre-eklampsia akibat tekanan darah yang meningkat.

Jika buah di atas cukup sulit untuk dicari, anda bisa menggunakan buah-buahan lain, yang sama-sama berguna untuk memelihara kesehatan ibu hamil. Jenis buah-buahan tersebut adalah apel, kiwi, lemon,  mangga, stroberi, bit serta si buah asam manis buah sirsak.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Aneka Macam Jus Yang Baik Untuk Ibu Hamil

1 comments: