Cara Menurunkan Berat Badan

Obat Diare Pada Bayi

Si kecil sakit panik melanda! Yang membuat repot adalah ada kalanya sakit si kecil tak jelas penyebabnya. Terlebih diare, kita tak bisa menebak-nebak apa penyebab diare pada bayi kita, jadi tak bisa sembarangan memberikan obat. Namun tak berarti kita hanya berdiam diri dan menanti keajaiban terjadi. Kita harus melakukan hal-hal di bawah ini agar buah hati kita tercinta segera sembuh dari diare.



1. Jangan sampai dehidrasi

Efek samping yang paling berbahaya dari diare adalah dehidrasi. Jangan sampai bayi anda mengalami kehausan karena akan berakibat pada kematian. Jika bayi Anda masih tergantung pada ASI, teruslah menyusui bayi secara teratur. Jika tidak, berikan banyak bayi cairan untuk menjaga tubuh mereka tetap terhidrasi.

2. Meminumkan Oralit

Bila bayi menderita diare, buatkan mereka larutan oralit, bisa didapatkan di puskesmas atau di apotek. namun bisa juga dibuat di rumah dengan bahan campuran garam, gula dan air. Berikan larutan yang disebut oralit ini untuk bayi sehingga tubuh mereka dapat mengganti garam tubuh yang hilang ketika diare.

3. Berikan makanan yang mudah dicerna oleh bayi

Berikan makanan yang mudah dicerna seperti nasi lembut, pisang atau bubur. Jangan memberikan makanan yang terbuat dari sereal atau semacamnya karena itu akan susah dicerna. Kasihan buah hati kita yang belum tumbuh gigi sempurna, ususnya pun belum cukup kuat.

4. Pijat gusi bayi

Terkadang, diare pada bayi disebabkan oleh rasa sakit ketika tumbuh gigi. Dalam hal ini, berikan bayi mainan yang aman untuk dikunyah. Anda juga dapat memijat gusi bayi dengan jari-jari Anda untuk meringankan rasa sakitnya.

5. Berikan air

Salah satu solusi yang paling umum untuk mengatasi diare pada bayi adalah dengan memberikan banyak air. Air dapat meredakan rasa sakit di perut dan juga melepaskan gas dari perut bayi.

Perlu waktu sekitar 3 hari untuk perut bayi kembali normal. Tetapi, jika bayi mengeluarkan tinja encer setiap jam atau terdapat bercak darah dalam tinja, bergegaslah ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih serius.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Obat Diare Pada Bayi

0 comments:

Post a Comment