Cara Menurunkan Berat Badan

Mengapa Bayi Terlambat Berjalan?

Bayi akan mengalami fase berjalan pada umurnya yang ke dua belas bulan, namun tak jarang ada anak yang mengalami sedikit keterlambatan berjalan dan baru mulai belajar untuk berjalan pada usianya yang ke 15 bulan. Ibu jangan khawatir, karena itu masih termasuk normal, karena ada anak-anak yang memiliki kemampuan berjalan ada usia 8 bulan, jadi saat ada anak yang sedikit terlambat berjalan sebelum usia lima belas bulan semuanya masih di ambang kewajaran.



Pada usia 15-18 bulan masih dalam dalam rentan waktu yang normal apabila anak anda mengalami kesulitan berjalan, namun perlu diingat apabila melebihi usia 18 bulan si kecil masih belum mampu untuk berjalan sendiri, sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk mengetahui gangguan yang dialami anak. Umumnya berhubungan dengan gangguan motorik kasar yang mengganggu keseimbangan sehingga lebih baik melakukan stimulasi semenjak dini sebelum terlambat.

Dalam tahap perkembangan motorik setiap anak berbeda-beda. Jangan memaksa anak untuk melakukan hal-hal yang belum mampu ia lakukan, selama batasnya usianya masih di bawah satu setengah tahun maka semuanya masih sangat wajar. Walaupun demikian penting bagi orang tua untuk melakukan stimulasi yang dapat membantu dalam memberikan rangsangan dasar dalam perkembangan motorik anak.

Sebagai pengetahuan bagi ibu-ibu muda, juga bagi ibu-ibu yang sudah berpengalaman memiliki buah hati namun masih kebingungan dengan masa-masa motorik anak, kemampuan anak berjalan diawali dengan beberapa tahapan diantaranya adalah diawali kemampuan pada usia 12-18 bulan yang berjalan-jalan dengan menggunakan bantuan atau kemampuan anak berjalan 5-15 menit tanpa bantuan. Sedangkan pada usia 18 hingga 24 bulan anak anda sudah dapat berjalan tanpa mengalami kesulitan.





loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengapa Bayi Terlambat Berjalan?

0 comments:

Post a Comment