Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat Pada Bayi

Musim pancaroba berarti musimnya sakit pilek dan flu. Jangan sampai buah hati kita merasakan susahnya bernapas karena hidung mereka tersumbat. Bagi orang dewasa dengan hidung yang tersumbat bisa dengan mudah menghirup inhealler dan menghilangkan ingus yang menyumbat dengan mudah. Akan tetapi bagi para balita kita? mereka tak akan mau jika diminta menghirup inhealer yang panas dan baunya menyengat.

Maka kita selaku orang tua harus berusaha keras mencari jalan lain yang bisa membantu putra dan putri kita agar terbebas dari hidung yang tersumbat. Silahkan mencoba berbagai tips dan trik mudah di bawah ini, dijamin buah hati kita tak akan rewel karena hidung tersumbat lagi.



1. Larutan Garam

Siapa yang menyangka jika air garam bukan hanya cocok untuk mengobati sakit gigi dan menyedapkan masakan? Air garam sejak dulu dipercaya dapat mencairkan ingus, memperlancar sumbatan pada hidung dan mengembalikan kelembapan alami selaput bagian dalam hidung. Caranya larutkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat. Masukan larutan tersebut ke dalam botol semprotan hidung atau kamu bisa gunakan pipet bayi. Teteskan sebanyak dua kali pada kedua hidung bayi. Lakukan minimal 3 kali sehari. Lendir ingus yang encer lebih mudah untuk dikeluarkan.

2. Penguapan Alami

Tak perlu repot-repot membeli alat uap yang mahal, karena kita bisa melakukan penguapan alami dengan cara yang sangat mudah. Alat dan bahannya pun sudah tentu sangat mudah untuk didapat karena semua ada di rumah. Caranya mudah saja, anda bisa meletakkan ember kecil berisi air panas  yang sudah ditetesi minyak telon di pojok kamar. Biarkan bayi menghirup uap air panas tersebut karena dapat membantu untuk melegakan hidung tersembut. Ibu juga bisa menggendong bayi dengan posisi telengkup diatas kedua tanganmu dan posisikan wajah bayi berada di atas ember untuk membantu bayi menghirup uap hangat.

3. Hangatkan Tubuh Bayi

Memberikan rasa hangat saat hidung tersumbat akan melegakan pernapasan bayi dan memberikan rasa nyaman. Ibu bisa memandikan bayi dengan air hangat dan menjemur bayi saat matahari pagi. Dengan begitu bayi akan merasa hangat  dan membantu melegakan sumbatan pada hidungnya. Saat tidur juga harus dijaga kehangatannya, jangan sampai bayi kedinginan karena suhu AC yang terlalu rendah atau terlalu dekat dengan kipas angin.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat Pada Bayi

0 comments:

Post a Comment