Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengenali Dan Mengatasi Infeksi Telinga Pada Bayi

Infeksi telinga pada bayi diartikan sebagai kondisi yang terjadi pada bayi yang mengalami infeksi adalah ketika cairan yang menumpuk di bagian belakang gendang telinga dan terinfeksi.
Umumnya cairan yang masuk ke telinga bayi melalui tuba eustachius yang dapat menghubungkan telinga pada bagian tengah dengan telinga hidung dan tenggorokan. Sementara itu jika kondisi anak yang mengalami pilek, infeksi sinus maka tabung euxtachius akan diblokir. Pada cairan yang terjebak di telinga bayi inilah yang menyebabkan kuman bisa tumbuh dan berkembang biak dengan sangat sempurna. Bahkan apabila semakin infeksi maka akan membuat semakin memburuk dan peradangan yang terjadi di belakang telinga semakin memburuk sehingga menyebabkan infeksi pada bagian telinga yang membuat kondisi bayi kesakitan.



Karena infeksi pada bagian telinga seringkali disertai dengan demam, maka selalu sediakan pula obat penurun panas yang dosisnya aman untuk si kecil, lebih baik pilih obat penurun panas dengan dosis yang sangat rendah untuk menghindari ketergantungan dan juga menghindari efek-efek buruknya. Demam disebabkan karena antibodi menyerang infeksi yang terjadi di dalam tubuh bayi. Pada kondisi yang semakin buruk akan menyebabkan telinga menjadi mengalami peradangan, gendang telinga memerah, demam atau ototitis media akut.

Bagi anda yang masih kebingungan membedakan ciri-ciri dan gejala infeksi pada telinga bayi, berikut adalah gejala umumnya :


  • Apabila bayi sering menarik narik telinga. Menandakan bahwa terjadi ketidaknyaman pada bagian telinga sehingga anda dapat melakukan pemeriksaan dini apakah telinganya bermasalah atau tidak.
  • Bayi anda cenderung mengalami gangguan kesehatan diantaranya muntah, diare. Penyebabnya dikarenakan adanya infeksi bakteri dan virus yang mempengaruhi sistem pencernaan bayi.
  • Bayi anda yang sudah mendapatkan makanan pendamping ASI seringkali menolak makanan. Nafsu makan anak anda berkurang dan mengakibatkan gangguan pencernaan. Infeksi pada telinga dapat membuat bayi tersakiti sehingga menggangu proses makan seperti menelan dan mengunyah. Bahkan pada bayi yang belum mendapatkan MPASI seringkali menarik diri ketika sedang menyusu.
  • Seringkali pada telinga bayi mengeluarkan cairan kuning atau warna putih yang mengalir di telinga bayi. Kondisi ini menyatakan bahwa anak anda mengalami infeksi. Penyebabnya karena lubang kecil yang muncul di gendang telinga akan tetapi anda tidak perlu khawatir segera bawa ke dokter untuk memberikan penanganan.





loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengenali Dan Mengatasi Infeksi Telinga Pada Bayi

0 comments:

Post a Comment