Cara Menurunkan Berat Badan

Pertolongan Pertama Untuk Asma

Bisa bernapas dengan lega merupakan salah satu keberuntungan yang terkadang tak disadari oleh manusia. Mereka hanya akan menyadari kenikmatan yang Tuhan berikan itu saat ada penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Misalnya saja adalah batuk dan sesak napas.

Akan tetapi ada penyakit bawaan yang menyerang pernapasan dan membuat penderitanya mengalami sesak napas pada masa-masa tertentu. Misalnya saat udara terlalu dingin, alergi seafood, atau bahkan saat mereka tengah berada dalam kepenatan pikiran. Sesak napas yang biasa disebut asma ini juga seringnya terjadi tanpa mengenal tempat dan waktu, tak jarang jika penderita akan jauh pingsan jika tidak mendapatkan pengobatan langsung, bahkan jika terlambat mendapatkan pengobatan penderita bisa meninggal dunia.



Melihat seorang penderita asma akan membuat kita panik, karena melihatnya kejang-kejang dengan mulut terbuka dan seperti dicekik tentunya akan membuat kita berpikir yang tidak-tidak, menyangka kesurupan atau sejenis itu. Akan tetapi jika kita sudah tahu ciri-ciri mereka yang kambuh asma, maka sebaiknya segera lakukan pertolongan pertama ini :

- Carilah tempat yang nyaman dan sejuk kemudian bawa penderita ke tempat tersebut.

-Posisikan si penderita dalam keadaan setengah duduk dan sambil bersandar di tembok. Pada bagian leher, berikan bantal agar terasa lebih nyaman. Jangan sekali-kali memposisikan penderita dalam keadaan berbaring/tidur.

-Anda jangan merasa panik sehingga tidak memperburuk keadaan. Yang diperlukan hanyalah rileks dan santai.

-Berilah minuman air hangat walaupun hanya sedikit, ini akan membantu.

-Pijatlah secara perlahan bagian jempok kakinya, tepatnya 3-5 cm diatas ruas jempol, itu adalah syaraf paru-paru.

-Jika keadaan penderita asma ini tidak kunjung sembuh, kuran lebih dalam waktu 15 menit. Segeralah bawa ke dokter terdekat untuk menjalani pengobatan yang cocok.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pertolongan Pertama Untuk Asma

0 comments:

Post a Comment