Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Tepat Mengatasi Mata Kelilipan

Saat beraktifitas diluar ruangan yang banyak angin dan berdebu tentunya akan membuat mata kita kelilipan, bukan hanya debu yang bisa mengganggu kinerja dan kenyamanan mata kita, namun terkadang pasir yang tajam dan bisa mengakibatkan luka pada bola mata bisa saja masuk ke dalam kelopak mata.

Mengatasi mata kelilipan ternyata tak boleh sembarangan, karena bisa mengakibatkan bola mata iritai, merah, berair dan juga bahkan bisa sampai mengakibatkan kebutaan! jangan sampai itu terjadi. Maka dari itu, saat kelilipan gunakanlah berbagai cara dibawah ini, agar kotoran yang masuk ke dalam mata bisa segera keluar tanpa membahayakan mata.



1. Jangan disentuh atau digosok

Saat mata kelilipan, minta korban untuk tidak menyentuh atau menggosok matanya. Hal ini untuk mencegah jaringan mata rusak karena gesekan benda asing. Minta korban untuk duduk menghadap ke sumber cahaya. Tarik kelopak mata atas atau bawah dengan lembut dan amati baik-baik benda apa yang masuk ke matanya.

2. Gunakan air bersih

Jika benda asing itu mengambang di permukaan mata, Anda bisa mengeluarkannya dengan cara membilasnya dengan air bersih. Anda juga bisa memakai cawan pembersih mata berisikan air bersih.

3. Cotton bad atau tisu

Jika benda tersebut tidak keluar juga, Anda bisa mengangkatnya dengan bantuan korek kuping (cotton bad) yang sudah dibasahi secara perlahan. Benda lain yang bisa digunakan adalah tisu dan kain bersih yang sudah dibasahi. Tapi jangan lakukan jika benda asing itu tertanam pada mata.

4. Menarik kelopak mata

Jika benda asing itu berada di bawah kelopak mata atas, mintalah korban untuk menarik kelopak mata atas sampai melewati kelopan bawah. Cara ini biasanya berhasil untuk membuat benda asing itu terlepas.

5. Gunakan obat tetes mata

Cara aman, terutama untuk mengatasi mata kelilipan pada anak dan bayi adalah dengan meneteskan obat tetes mata. Lakukan sesuai petunjuk dan dosis, cara ini biasanya ampuh  sehingga butiran debu/kotoran yang masuk ke dalam mata keluar dengan alami.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Tepat Mengatasi Mata Kelilipan

0 comments:

Post a Comment