Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Sembelit adalah suatu keadaan dimana feses atau kotoran mengeras dan tak bisa dikeluarkan, hal itu membuat perut terasa kembung dan sakit. Selain itu gas yang terkumpul dalam perut juga membuat penderita sembelit makin tersiksa. Orang dewasa yang mengalami sembelit tentunya bisa menggunakan pencahar atau obat sejenis yang dianjurkan oleh dokter. Namun apabila anak-anak atau bahkan bayi yang sembelit? apa yang harus dilakukan oleh orang tua?



Memberikan obat pencahar tentu bukan suatu hal yang bijak, karena dosis paling kecil sekalipun memilki resiko yang sangat tinggi bagi si kecil. Coba bayangkan bagaimana jika akhirnya si kecil malah terlalu lancar buang air besar dan sampai kehilangan banyak cairan. Akan membahayakan jiwa anak kita lho!

Maka dari itu, daripada memberikan obat-obatan kimia yang berbahaya maka lebih baik mencoba aneka tips di bawah ini, semoga bermanfaat :

1. Campurkan susu formula bayi dengan takaran yang tepat.
Susu formula yang dicampurkan dengan konsistensi yang terlalu kental bisa menyebabkan sembelit pada bayi. Ikuti arahan yang ada dalam kemasan susu secara hati-hati karena setiap merek susu memiliki aturan campuran yang berbeda. Jangan pernah mengabaikan instruksi karena menganggap semua merek susu tidak memiliki perbedaan aturan takaran.

2. Berikan jus prune untuk menyembuhkan sembelit pada bayi
Tambahkan prune yang dihaluskan pada menu diet bayi jika si kecil sudah memasuki masa konsumsi makanan padat. Selain itu kita juga bisa memberikan jus prune yang dicampur dengan air, jus apel atau jus buah pir. Jika kita mengetahui makanan yang cenderung membuat tinja bayi menjadi keras maka sebaiknya kita mencoret makanan ini dari daftar menu bayi. Makanan- makanan yang biasanya akan cenderung membuat tinja bayi menjadi keras dan meningkatkan resiko si kecil terkena sembelit pada bayi adalah pisang, nasi dan kentang.

3. Jangan sampai si kecil kekurangan cairan.
Kita harus menjaga asupan cairan pada bayi untuk mencegah atau meringankan gejala sembelit pada bayi. Kita bisa memberikan air putih karena air putih adalah cairan yang paling menyehatkan. Jika si kecil menolak untuk minum air maka kita bisa menggantinya dengan memberikan jus apel pada air putih untuk menambahkan rasa.

4. Pijat perut bayi untuk mengurangi pelebaran usus
Sejumlah besar kotoran buang air besar pada usus bisa menyebabkan pelebaran yang akan sangat menyakitkan bagi bayi. Rasa sakit ini justru akan membuat bayi menahan buang air sehingga malah akan membuat sembelitnya semakin parah. Gunakan sedikit minyak zaitun untuk mengurangi gesekan dan pijat perut bayi dalan gerakan yang lembut dan memutar searah jarum jam untuk mengurangi sembelit pada bayi.




loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

0 comments:

Post a Comment