Cara Menurunkan Berat Badan

Vaksin Pencegah Radang Selaput Otak

Radang selaput otak adalah keadaan dimana meningen atau selaput yang meliputi otak dan sumsum tulang belakang mengalami pembengkakan dan menekan syaraf otak hingga akhirnya mengakibatkan sebuah kondisi yang serius, terutama bagi anak-anak di bawah usia lima tahun. Bisa mengakibatkan cacat ganda seperti lumpuh dan lemah mental. Terlebih meningitis merupakan sebuah penyakit yang mudah menular karena diakibatkan oleh bakteri dan virus, maka dari itu pencegahannya harus benar-benar dilakukan dengan baik. Hindari penggunaan barang pribadi untuk orang banyak, sekalipun untuk saudaranya sendiri. Seperti alat makan, alat minum dan alat mandi.

radang selaput otak

Kemudian selalu konsumsi vitamin dan makanan yang akan membuat sistem imun tubuh bertambah, jadi kemungkinan terinfeksi virus dan terkena bakteri akan lebih sedikit dan menjadi pencegah radang selaput otak. Selain itu, berikanlah vaksin khusus untuk mencegah meningitis, berikut beberapa vaksin yang bisa digunakan untuk mencegah meningitis.

Walaupun Si Kecil belum berusia dua tahun alias belum bisa diberi vaksin khusus meningitis, namun kita bisa memberikan vaksin Haemophilus influenza type B atau HiB dan Invasive Pneumococcal Disease atau IPD, keduanya adalah jenis vaksin yang diperuntukkan untuk bayi dan batita. Sebenarnya, kedua vaksin ini memang bukan vaksin khusus untuk mencegah penyakit meningitis, akan tetapi kandungan di dalam vaksin HiB dan IPD bisa mencegah beberapa jenis penyakit, termasuk penyakit radang selaput otak atau meningitis.

Sekalipun kedua vaksin tersebut belum dijadikan vaksin wajib oleh pemerintah. Namun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sangat menganjurkan orangtua untuk melakukan vaksinasi pada anak dengan dua jenis vaksin tersebut, terutama jika akan bepergian ke tempat-tempat yang berpotensi bisa menularkan penyakit. Misalnya ke kebun binatang, taman hiburan dan juga kolam renang atau waterpark.

Selain itu hindari juga kontak fisik dari kerabat atau keluarga atau kenalan yang baru pulang dari luar negeri, atau dari luar kota sekalipun. Dikhawatirkan jika orang dewasa tersebut telah membawa bakteri dan virus dari meningitis, namun tidak terinfeksi karena mereka memiliki imun tubuh yang cukup kuat, namun akhirnya malah menular pada si bayi. Akan tetapi dengan pencegahan vaksin yang cukup maka meningitis diharapkan tak akan menjangkiti si kecil.

Sekian informasi vaksin pencegah Radang Selaput Otak. Semoga Bermanfaat!



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Vaksin Pencegah Radang Selaput Otak

0 comments:

Post a Comment