Cara Menurunkan Berat Badan

Menu Berbuka Puasa Untuk Diet Ibu Menyusui

Menjadi seorang ibu adalah sebuah anugrah pelengkap kesempurnaan menjadi seorang wanita. Akan tetapi banyak sekali hal unik yang mengikuti proses kita menjadi seorang ibu. Diantaranya adalah kesulitan untuk melaksanakan ibadah yang biasanya rutin kita lakukan sebelum menjadi seorang ibu. Banyak yang mengatakan jika hamil atau menyusui, jangan berpuasa karena akan berpengaruh pada kandungan, atau pada air susu yang akan diberikan  pada bayi kita nanti. Itu adalah anggapan yang salah, ibu hamil dan ibu menyusui tetap bisa berpuasa dan beraktifitas normal seperti biasanya tanpa perlu mengkhawatirkan kesehatan janin atau kualitas air susu yang dimiliki.

makanan sehat ibu menyusui

Dengan menggunakan diet makanan khusus bagi ibu hamil dan menyusui, maka asupan energi, gizi dan vitamin akan tetap terjaga dan tak perlu khawatir dengan pola pikir lama tentang efek berpuasa. Justru dengan melakukan puasa maka tubuh akan terasa lebih segar, makanan akan terserap dengan lebih sempurna dan kandungan mineralnya bisa terserap seratus persen tanpa ada yang terbuang sia-sia.

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung energi ekstra untuk anda yang menyusui, jadi jangan khawatir asupan manfaat dalam ASI untuk si buah hati menjadi berkurang, serta tubuh anda pun tetap akan segar bugar.

1.  Ikan Salmon
Salmon menjadi pilihan tepat untuk membangkitkan energi dan juga kandungan nutrisi yang sesuai untuk bayi anda. Salmon, seperti ikan berlemak lainnya, mengandung jenis lemak yang disebut DHA. DHA sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Semua ASI mengandung DHA, akan tetapi tingkat nutrisi dapat anda peroleh lebih tinggi dari konsumsi salmon.

2.  Produk Susus Rendah Lemak
Apakah Anda lebih suka yoghurt, susu, atau keju? Sebenarnya produk susu adalah bagian penting  untuk mendapatkan kualitas ASI terbaik. Selain menyediakan protein, vitamin B, dan vitamin D, produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Jika anda menyusui, ASI yang mengandung kalsium dapat membantu pembentukan tulang bayi dengan maksimal. Anda dapat mengkonsumsi susu tiga gelas dalam satu hari, untuk menambah energi dan kualitas ASI terbaik.

3.  Daging Sapi Tanpa Lemak
Meningkatkan energi sebagai ibu baru dengan makanan kaya zat besi seperti daging sapi tanpa lemak. Kekurangan zat besi dapat menguras energi anda, sehingga membuat anda sulit beradaptasi dengan kebiasaan anda memberikan ASI ekslutif bagi bayi anda. Ibu menyusui perlu makan protein tambahan dan vitamin B-12. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk kedua nutrisi tersebut.

4.  Jeruk
Jeruk adalah makanan yang berasal dari jenis buah-buahan terbaik untuk meningkatkan energi untuk ibu anda yang sedang menyusui. Buah jeruk  adalah makanan untuk menyusui yang sangat baik karena ibu menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan wanita hamil. Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama ketika anda mengkonsumsi minuman olahan jeruk yang mengandung tambahan nutrisi dari sumber buah lainnya.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menu Berbuka Puasa Untuk Diet Ibu Menyusui

0 comments:

Post a Comment