Cara Menurunkan Berat Badan

Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Diet Sehat

Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Diet Sehat

Diet Sehat - Selama satu bulan penuh seluruh muslim dan muslimah di seluruh dunia akan berpuasa wajib, menahan rasa haus dan rasa lapar, menahan nafsu dan amarah serta benar-benar menjaga perilaku baik agar senantiasa menjadi sosok muslim yang baik tingkah dan perilakunya.

diet sehat bulan ramadhan

Berpuasa selain untuk melaksakan perintah dari Alloh SWT, namun juga rupanya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Dari mulai menyehatkan organ pencernaan kita, membuat merabolisme tubuh menjadi lancar serta manfaat plus yang lainnya adalah melangsingkan tubuh serta menghilangkan perut buncit.
Berikut adalah beberapa variasi makanan yang bisa disantap saat sahur dan berbuka puasa, dengan konsumsi yang seimbang dan sesuai kandungan gizinya, maka selain menunaikan perintah Tuhan, berpuasa juga bisa mendukung program diet menurunkan berat badan yang baik dan sehat.

1.  Anda dapat mengatur jadwal makan anda selama bulan Ramadhan. Waktu makan anda dapat dibagi menjadi tiga kali makan. Jadwalkan seperti hari anda di luar bulan ramadhan. Anda dapat mengibaratkan bahwa sahur adalah makan pagi ketika puasa dimulai, buka puasa adalah snack malam dan selepas menjalankan sholat magrib adalah makan malam. Hal ini dapat membantu pencernaan anda sehingga tidak kaget dengan asupan makanan, terburu-buru makan pada saat berbuka akan menggagu kesehatan pencernaan anda.

2.  Sertakan makanan karbohidrat kompleks yang kaya serat, seperti yang ditemukan dalam biji-bijian misalnya, roti gandum, beras merah, kacang, buah-buahan dan sayuran. Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah selain dicerna secara lama juga kandungan seratnya sangat tepat jika ada dalam menu sahur anda. Dengan serat makanan yang terkandung di dalam karbohidrat kompleks membantumeningkatkan kadar glukosa darah yang baik dan membantu menjaga kestabilannya. Puasa di siang hari juga bisa meningkatkan kadar asam lambung dan menyebabkan perasaan sakit atau tidak nyaman. Makanan dengan tinggi serat selama makan malam dapat membantu menetralkan asam ini dan mengurangi rasa sakit.

3.  Selama Ramadhan berbuka puasa dengan mengkonsumsi yang manis seperti kolak merupakan tradisi yang melekat di masyarakat indonesia. Pilih makanan yang manis alami seperti yang terkandung di dalam buah-buahan seperti kurma atau jus buah lainnya dengan tambahan gula sedikit saja. Snack dengan rasa yang manis berlebih ketika berbuka membuat selera makan anda hilang atau bahkan menundanya padahal proses metabolisme di dalam tubuh membutuhkan beberapa nutrisi lain yang bisa anda dapatkan pada menu makan malam.

Sekian informasi tentang Diet Sehat, Semoga bermanfaat bagi Anda.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Diet Sehat

0 comments:

Post a Comment