Cara Menurunkan Berat Badan

Inilah penyebab ibu ngidam

Wanita memang makhluk Tuhan yang paling istimewa, juga unik. Kenapa? Karena manusia yang seorang ciptaan Tuhan mampu dititipi seorang manusia lagi di dalam rahimnya. Menjaganya sejak masih segumpal darah, menikmati perubahan dan pertumbuhan sang jabang bayi di dalam rahimnya hingga akhirnya melahirkan.


Apa yang paling unik dari ibu yang tengah mengandung? Terutama kaum ibu yang baru mengalami kehamilan pertama dan di bulan-bulan pertama. Ngidam! Iya ngidam. Ngidam adalah sbeuah kondisi dimana seorang ibu hamil merasa sangat tak nyaman dengan aneka hal yang sebenarnya biasa mereka temui. Misalnya saja sang bunda merasa tak nyaman dengan wangi parfum yang biasanya menjadi paforit mereka, atau mungkin juga tiba-tiba saja menjadi sangat benci pada sesuatu. Misalnya membenci nasi, sehingga mereka tak bisa makan nasi karena tiba-tiba saja rasa benci itu muncul dan mengacaukan segalanya.

Ngidam memang bisa dijelaskan secara ilmiah dan banyak tips kesehatan untuk menghilangkan ngidam yang berlebihan. Akan tetapi ngidam tak akan bisa hilang sepenuhnya, karena itu sudah menjadi sebuah ciri khas yang selalu ada di setiap ibu hamil, terutama di trimester pertama. Hal ini sangat wajar, karena tubuh tengah berusaha membangun vitamin dalam darah untuk menjaga bayi tetap aman dalam rahim.

Akan tetapi rupanya ada beberapa penyebab ngidam yang berlebihan, dan bisa kita antisipasi agar tidak kerepotan nantinya. Misalnya saja adalah perubahan hormon, karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh seorang ibu akan membuat mereka melakukan atau memakan apapun yang tak biasanya mereka santap di hari biasa. Kemudian kurang gizi pun bisa menjadi salah satu penyebab ngidam hal-hal yang aneh, atau biasa disebut Pica. Pica merupakan ngidam yang membuat para ibu ingin menyantap benda non makanan seperti kaca dan deterjen. Jelas sangat berbahaya bukan?

Mengidamkan makanan paforit ketika para ibu yang tengah ngidam masih kecil mungkin jenis ngidam yang paling aman. Karena makanan kesukaan saat kecil tak akan jauh dari coklat, permen dan buah-buahan yang unik. Tak masalah, karena justru akan membuat mood kaum ibu menjadi lebih baik.

Tips kesehatan untuk wanita yang tengah ngidam adalah lengkapi kebutuhan gizi dan mineral, pastikan mengkonsumsi susu khusus wanita hamil yang tengah mengidam untuk mengurangi efek mualnya.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah penyebab ibu ngidam

0 comments:

Post a Comment