Cara Menurunkan Berat Badan

Lengkapi gizi balita dengan kacang-kacangan

Memiliki buah hati merupakan impian semua pasangan yang telah berumah tangga. Tak lengkap rasanya hunian sepasang suami istri tanpa ada tangisan bayi kecil yang meramaikan suasana. Menikmati masa-masa menjadi orang tua baru sangat menyenangkan, termasuk mengkhawatirkan. Khawatir karena takut bayi kita tak mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Lengkapi gizi balita dengan kacang-kacangan

Mencukupi gizinya sesuai dengan tips kesehatan yang banyak ditemukan di berbagai macam media sosial pastinya tak semudah yang dikira. Karena tak semudah itu memasukkan aneka macam jenis sayur, buah dan daging-dagingan ke dalam menu si kecil. Bahkan kalaupun orang tua bisa memasak semua jenis vitamin yang dibutuhkan si anak dalam satu menu, masalahnya adalah apakah si kecil mau menyantapnya? Banyak anak-anak terutama balita yang pilih-pilih makanan lho!

Nah, sebelum putar otak untuk mencari cara agar si kecil mau menyantap semua makanan sehat yang disajikan, ada baiknya mengetahui aneka macam bahan makanan yang mampu mencukupi gizi balita kita dengan sesuai kebutuhannya.

Cobalah kacang-kacangan, baik itu kacang hijau, kacang merah, kacang almond maupun kacang kedelai. Kacang itu memiliki rasa gurih dan nikmat, sekaligus mengenyangkan. Tak salah jika menjadikan kacang sebagai cemilan si kecil. Cemilan yang sehat dan bermanfaat tentunya.  Biji kering aneka macam kacang memiliki protein antara 8-17% lho, sementara itu nilai gizi penting lainnya, yakni zat besi (1-5 mg/100 g) dan kalsium (14-102 mg/100 g).

Kacang terbagi menjadi dua, yaitu nuts dan beans. Beans biasa disajikan menjadi sup dan bubur, contoh kacang hijau, kacang merah dan kacang polong. Sementara nuts adalah kacang yang dijadikan snack. Dari kelompok beans, yang sangat menonjol dari segi manfaat dan nilai gizinya adalah kacang kedelai. Kandungan gizi kacang kedelai memang yang tertinggi, yakni protein (17%), besi (5 mg/100 g), serta kalsium (102 mg/100 g). Tidak hanya itu. Kacang kedelai juga merupakan sumber antioksidan yang baik, sehingga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat reaksi radikal bebas.

Sajikan aneka nuts dan beans ini dengan car ayang bervarasi agar si kecil tidak bosan ya!



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lengkapi gizi balita dengan kacang-kacangan

0 comments:

Post a Comment