Cara Menurunkan Berat Badan

Apa sih penyebab sakit saat haid?

Haid adalah salah satu ciri khas kedewasaan yang hanya dimiliki oleh kaum perempuan. Siklus kewanitaan itu akan berulah setiap bulan selama usia produktif. Masa-masa pre haid atau terkenal dengan istilah PMS atau Pre Menstruation merupakan masa dimana mood seorang wanita akan menjadi sangat labil, kondisi tubuhnya bisa menjadi sangat lemah, namun pada beberapa wanita justru menjadi masa-masa dimana ia akan merasa sangat fit dan nyaman. Masalah lain yang menjadi sebuah hal lumrah pada sikus bulanan tersebut adalah nyeri haid. Bagi anda yang sering mengalami nyeri haid dan sudah menghalangi kegiatan sehari-hari anda, maka sebaiknya baca tips kesehatan ini sampai selesai.

Apa sih penyebab sakit saat haid?

Nyeri saat haid dapat kita kategorikan menjadi dua, yaitu nyeri primer dan sekunder. Nyeri haid primer yaitu nyeri Haid yang tidak berhubungan dengan kelainan patologis yang berasal dari panggul dan organ di dalamnya. Nyeri ini dapat terjadi 2-3 tahun setelah Haid pertama dan mencapai puncaknya saat wanita mencapai usia 15-25 tahun. Nyeri haid akan semakin menurun dan hilang sama sekali setelah kaun wanita mencapai usia menopouse. Nyeri haid dirasakan pada sehari sebelum haid dan berlangsung sampai dua atau tiga hari saat datang bulan. Akan tetapi ada juga yang hanya mengalami nyeri haid pada hari pertama datang bulan.

Apa sih yang menyebabkan sakit haid? Tips kesehatan ini akan membahasnya sampai tuntas. Ada beberapa teori yang menyebutkan bahwa saat menstruasi tubuh wanita mengeluarkan zat yang bernama prostaglandin, salah satu fungsinya adalah membuat rahim berkonstraksi dan membuat pembuluh darah sekitarnya menjadi terjepit. Intensitas konstraksinya berbeda pada setiap wanita, itulah yang menyebabkan sakitnya pada setiap wanita akan berbeda. Zat ini juga bekerja di seluruh tubuh, itulah yang mengakibatkan nyeri di seluruh tubuh saat haid.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sakit saat haid tiba? Salah satunya adalah dengan menghindari makanan pedas dan makanan yang berminyak. Memakan makanan pedas bisa membuat nyeri semakin menjadi dan membuat kita panas dalam. Sudah tentu tak akan nyaman rasanya bukan? Perbanyak makan sayur dan juga minum penambah darah jika perlu untuk menghindari tubuh lemas.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa sih penyebab sakit saat haid?

0 comments:

Post a Comment