Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menghapus Memori Buruk di Otak

Pengalaman tidak menyenangkan pasti pernah dialami oleh setiap manusia di muka bumi ini, dan bahkan sebagian besar dari pengalaman itu bersifat traumatis. Dilatar belakangi pengalam seperti itu kemudian sebuah studi baru dipublikasi dalam jurnal Nature bagaimana caranya supaya bisa “menghapus” memori buruk dalam otak sehingga bisa membantu orang tersebut untuk memperbaiki kesehatan mentalnya.

Tim peneliti kemudian menemukan, cara menghapus memori yang dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan electroconvulsive therapy (ECT). Selama ini ECT dimanfaatkan untuk mengobati gejala depresi parah. Cara kerja ECT yaitu memicu penyusutan pada otak manusia sehingga bisa meringankan gejala depresi.
Cara Menghapus Memori Buruk di Otak

Cara kerja ECT ini mungkin bagi sebagian orang direspon positif, tapi ada efek samping dari ECT ini, efek sampingnya bisa menghilangkan sebagian memori anda. Tapi, efek samping itu justru digunakan para peneliti untuk menghilangkan sebagian memori di otak yang berdampak traumatis.

Menurut Keith Ablow seorang psikiater dari Johns Hopkins University, Amerika Serikat (tapi dia tidak terlibat dalam studi tersebut), mengatakan kalau penelitian itu kedengarannya seperti science fiction, seperti dalam sebuah film ada seseorang yang kehilangan ingatannya sampai tidak saling mencinta lagi, dan orang yang kehilangan memori itu untuk memulai sebuah kehidupan yang baru.

Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Nature, penelitian itu melakukan beberapa percobaan terhadap sesorang yang menjalani prosedur ECT dengan tujuan mengobati depresi. Sebelum melakukan penelitian, pasien diceritakan kisah yang traumatis, seperti anak yang harus menjalani amputasi kaki. Lalu seminggu kemudian, sesudah menjalani ECT, pasien diminta menceritakan kembali kisah itu.

Ternyata, pasien tidak bisa menceritakan ulang. Ini artinya, kemampuan pasien untuk mengingat menurun drastis dan dipastikan ada penyusutan pada otak. Ini artinya manusia punya cara sendiri untuk menghilangkan memori buruk.

Meski demikian, seorang psikiater M Scott Peck memperingatkan supaya selalu melihat sisi negatif dari sebuah penemuan. Kalau “penghapusan” memori itu terlalu jauh dilakukan, maka dikhawatirkan bukan cuma rasa sakit yang akan “hilang”, tapi juga kemampuan merasakan hal lain, termasuk kenikmatan.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghapus Memori Buruk di Otak

0 comments:

Post a Comment