Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Mengatasi Pendarahan Setelah Cabut Gigi

Pemicu terjadinya pendaran pasca cabut gigi tersebut disebabkan oleh Tekanan darah meningkat setelah pencabutan gigi yang mungkin pada mulanya dipicu oleh stres akibat akan dilakukan tindakan pencabutan gigi, atau Biasanya para dokter gigi sebelum melakukan tindakan pencabutan gigi akan menanyakan apakah ada riwayat hipertensi pada pasien/mengukur tekanan darah pasien terlebih dulu bila ada riwayat hipertensi karena obat anestesi yang akan digunakan saat mencabut gigi akan sedikit meningkatkan tekanan darah. Karenanya kondisi dan riwayat pasien akan menentukan pilihan jenis obat anestesi yang akan digunakan saat pencabutan gigi.

Cara Mengatasi Pendarahan Setelah Cabut Gigi

Penanganan untuk menghetikan pendarahan pasca cabut gigi yang biasanya dikarenakan faktor lokal, diantanya adanya trauma yang berlebihan pada saat pencabutan gigi, atau tindakan tindakan pasien seperti penekanan soket pada lidah dan kebiasaan menghisap-hisap serta kumur-kumur yang berlebihan.

Menurut salah seorang Guru besar tetap FKG UI, staf pengajar Departemen Prostodonsia FKG UI dan juga merupakan Anggota Kolegium Prostodonsia Indonesia, dan anggota Center for Ageing Studies UI, Prof Dr Lindawati S. Kusdhany, drg., Sp.Pros (K). Ungkapnya, darah yang mengalir sehabis pencabutan gigi mungkin di sebabkan pasien yang terus berkumur atau membuang ludah sehingga akan mengganggu proses pembentukan bekuan darah.

Setelah pencabutan gigi penting sekali pasien mematuhi petunjuk dari dokter giginya seperti tidak berkumur atau meludah dan menggigit kasa atau mengisap isap air liur. Hal tersebut sangat penting untuk menjaga agar terbentuk bekuan darah, sehingga pendarahan pasca cabut gigi itupun terhenti. apabila terjadi perdarahan setelah pencabutan gigi segeralah hubungi dokter gigi Anda agar dapat dilakukan penutupan daerah luka atau diberi obat penghenti pendarahan.

Ada beberapa  penyakit sistemik yang mempengaruhi terjadinya perdarahan pasca pencabutan gigi, diantaranya :

1. Penyakit kardiovaskuler
Penyakit kardiovaskuler, tekanan darah pasien naik, denyut nadi pasien meningkat, menyebabkan bekuan darah yang telah terbentuk terdorong sehingga terjadinya perdarahan.

2. Hipertensi
Pembuluh darah akan menyempit menyebabkan tekanan darah meningkat, pembuluh darah kecil akan pecah, sehingga terjadi perdarahan. Sangat penting juga ditanyakan kepada pasien apakah dia mengkonsumsi obat-obat tertentu seperti , obat-obat pengencer darah, obat antihipertensi dan obat-obatan lain karena juga bisa menyebabkan perdarahan.



loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Pendarahan Setelah Cabut Gigi

1 comments:

  1. Ooo,,,jadi gitu ya,,,dokter gigi sering menanyakan apa ada hipertensi,,,ketika akan cabut gigi,,,,

    ReplyDelete