Cara Menurunkan Berat Badan

Pola Menu Makanan Sehat Setiap Hari

Makanan sehat adalah sebuah menu makanan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Karena menu makanan sehat tersebut merupakan pola yang akan dijadikan santapan sehari-hari pada menu kita. Sumber energi dan kebersihan pada makanan, akan menjadi menu utama pada pola makanan sehat.
Dengan itu menu makanan sehat bisa diwakili oleh empat sehat lima sempurna, diantaranya :

Makanan Sehat
  1. Karbohidrat. Karbohidrat disini terdapat pada nasi, gandum, singkong, dan lain-lain. Karbohidrat adalah sumber energi yang utama bagi tubuh, namun dalam pernggunaannya harbohidrat tidak bisa langgung digunakan, tapi melalui beberapa proses pencernaan selama kurang lebih 2 jam menjadi energi yang siap digunakan untuk beraktivitas.
  2. Protein. Selanjutnya adalah protein. Protein terdapat dalam beberapa makanan seperti tahu, tempe, telur, daging, dan masih banyak lagi.  Protein sendiri bisa dijadikan energi instan atau langsung bisa digunakan oleh tubuh. Dengan kata lain proses pencernaannya sangat cepat.
  3. Mineral. Sayur-sayuran merupakan menu makanan sehat yang banyak mengandung mineral didalamnya. Karena itu sayuran sering menjadi pilihan makanan bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet
  4. Vitamin. Vitamin banyak terdapat di buah-buahan. Segala jenis buah-buahan mempunyai kandungan vitamin yang berbeda-beda. Karena itu buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari.
  5. Susu. Disini susu merupakan pelengkap dari keempat makanan diatas agar bisa menjadi makanan sehat yang sempurna. Namun susu juga penting karena mengandung calsium yang bisa membantu pertumbuhan tulang.
6. Buah pisang dan selai kacang
Bosan dengan roti dan selai? Coba ganti roti dengan buah pisang. Makanan dengan sumber protein dan serat ini pun menjadi salah satu pilihan menu sarapan cepat dan sehat yang mampu menahan perut kenyang sampai siang hari tiba.
7. Yogurt Yunani dan kacang
Yogurt Yunani memiliki kandungan protein dua kali lipat dibandingkan dengan yogurt biasa. Ditambah dengan kacang, tubuh pun akan mendapatkan asupan lemak sehat tak jenuh ketika sarapan.
8. Beberapa butir telur rebus
Para ahli setuju bahwa telur merupakan sumber protein yang paling sempurna karena semua nutrisinya diserap oleh tubuh dengan baik. Jadi tidak salah jika beberapa butir telur rebus menjadi salah satu menu sarapan cepat dan sehat.
9. Sereal dan susu
Butuh berapa menit untuk menyiapkan sereal? Lima menit pun bisa! Cukup tuangkan sereal ke dalam mangkuk kemudian beri susu di atasnya. Sereal siap dinikmati sebagai menu sarapan cepat dan sehat di pagi hari.
10.Salad sayuran
Pilih beberapa sayuran yang mengenyangkan dan berprotein, seperti wortel, seledri, dan kembang kol. Semua bisa dicampur jadi satu untuk dinikmati sebagai salad. Cara lainnya, cocol sayuran ke dalam yogurt atau selai kacang sebagai menu sarapan cepat dan sehat.
11.Biji-bijian, kacang, dan buah kering
Saat berbelanja, jangan lupa membeli makanan yang sudah disebutkan. Campur semuanya dan nikmati sebagai menu sarapan. Bukan cuma super cepat, menu tersebut juga termasuk menyehatkan bagi tubuh.

Makanan empat sehat lima sempurna tersebut agar bisa diserap maksimal oleh tubuh, maka harus menggunakan pola makan yang sehat juga. Dalam makan sehari-hari keteraturan dan ketepatan dalam mengkonsumsi makanan dapat diibaratkan diet alami. Jadi tidak perlu repot-repot menjalani program diet yang bisa mengurangi nafsu makan anda. Dan ada baiknya kita memperhatikan dalam pemilihan makanan yang akan kita makan tersebut, karena akhir-akhir ini banyak terjadi kecurangan dari pedagang dalam rangka mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Menu makanan sehat, semuga bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.






loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pola Menu Makanan Sehat Setiap Hari

0 comments:

Post a Comment